Biar Tidurmu Makin Nyenyak dan Berkualitas, Coba deh Lakukan 5 Hal Ini Dulu Sebelum Terlelap

tidur makin nyenyak berkualitas

Sejatinya manusia itu membutuhkan waktu untuk beristirahat. Setelah seharian menghadapi dunia yang sebegitu rumitnya, alangkah baiknya ketika sudah memasuki waktu malam ia harus memberi jeda pada dirinya untuk beristirahat. Dalam sehari terdapat dua puluh empat jam, sedangkan tubuh hanya membutuhkan waktu tidur yang normal sekitar tujuh hingga delapan jam saja. Selebihnya mereka akan bereksplorasi dengan apa yang mereka inginkan.

Bertemu banyak orang dan melakukan terlalu banyak aktivitas membuat manusia menemui beragam perasaan, dari mulai merasa bahagia, sedih, kecewa, tertawa. Alangkah baiknya sebelum hari berganti diri kita sendiri diberi kesempatan untuk memperbaiki semuanya esok hari. Bukankah hari ini tidak akan terulang kembali? Sedang esok hari adalah masa depan yang masih sangat bisa kita kendalikan, sedang kemarin adalah masa lalu yang tidak pernah kembali.

Jadi, tidak ada salahnya apabila kita harus melakukan beberapa tips ini agar esok hari menjadi lebih berkualitas

Advertisement

1. Jangan sesali apa yang terjadi hari ini, buatlah pelajaran. Rancang hari esok lebih baik lagi

Jangan gampang menyesali suatu hal

Jangan gampang menyesali suatu hal via https://www.google.com

Pernahkah kalian mendengar bahwa kesuksesan itu bermula dari hal-hal yang kecil? Ya, mulailah belajar dari sekarang, usahakan sebelum menjelang tidur rancang kembali apa yang telah membuatmu gagal pada hari ini.

Ingat kesalahan apa yang perlu diperbaiki lagi esok. Usaha apa yang perlu ditambah, dan sikap mana yang harus dirubah. Tuliskan segala sesuatu yang menjadi prioritasmu, dan kesampingkan sesuatu yang kurang penting untuk dilakukan.

Advertisement

Petiklah segala nilai positif yang terjadi hari ini, kemudian ulangi lagi esok hari. Pikirkan matang-matang serta yakinkan diri sendiri bahwa hari esok akan lebih baik dari hari ini dan kemarin. Belajar memberi semangat pada diri sendiri bahwa kamu mampu.

Bukankah akan selalu ada kesempatan untuk merubah yang telah gagal?

2. Tidak ada salahnya melakukan yoga sebelum tidur, bisa membuat tidur semakin nyenyak lho

Advertisement
Yoga sebelum tidur

Yoga sebelum tidur via https://www.google.com

Olah raga satu ini terlihat ringan namun besar manfaatnya. Yoga yang dimaksud yaitu melakukan gerakan-gerakan ringan yang mampu menambah kadar kenyenyakan seseorang. Untuk hal yang satu ini belum banyak yang mengetahuinya, namun sudah ada beberapa yang memang menjadikan yoga salah satu kegiatan rutinnya sebelum tidur.

Jika kamu yang masih bingung dengan bagaimana yoga sebelum tidur, kamu bisa mulai berselancar di social media atau googling deh. Tidak perlu terlalu lama, yang penting istiqomah. Jadi, mungkin kamu yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolah raga, sesekali cobalah tips ini secara rutin dan rasakan manfaatnya.

3. Plis jauhkan gadgetmu dan mulailah untuk menciptakan ketenangan dalam tidur malammu

Jauhi gadget

Jauhi gadget via https://www.google.com

Sudah menjadi kebutuhan akan kehadiran gadget dimanapun dan kapapun. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Namun, akan berbeda pengaruhnya jika benda tersebut digunakan dalam waktu yang sangat lama.

Setelah seharian tubuhmu bekerja, kini saatnya tubuhmu butuh untuk beristirahat. Untuk sementara waktu, jauhkan gadget dan mulailah untuk meditasi.

Sebab tubuh juga membutuhkan ketenangan, guna memperolehnya lakukan meditasi ringan sebelum tidur. Cara melakukannya cukup mudah, yakni dilakukan dengan cara duduk bersila dan menaruh kedua tangan pada atas paha kaki sembari memejamkan mata dalam waktu lima hingga sepuluh menit.

Beri instruksi pada alam bawah sadar dengan berbagai hal yang positif dikemudian hari. Kegiatan semacam ini akan baik dilakukan apabila kamar tidurmu diberi aromaterapi. Dijamin deh menambah ketenangan dalam tidurmu.

4. Jangan bebani pikiranmu atas kesalahan-kesalahan yang tidak patut. maafkan hari ini dan buka lembaran baru

Stay relax

Stay relax via https://www.google.com

Setelah fisikmu merasa tenang, batinmu juga perlu diberi cara untuk menenangkannya. Yaitu dengan memaafkan kesalahan, baik kesalahan atas kekuranganmu maupun kesalahan orang lain. 

Memaafkan memang bukan hal yang mudah bagi sebagian orang, namun bukan berarti mereka tidak bisa. Anggap saja hari ini adalah rencana terbaik dari Tuhan untukmu. Terima dan ikhlaskan. Tidak baik terlalu lama memikirkan berbagai kesalahan, yang harus dipikirkan adalah kesembuhan hati dan kewarasan pikiranmu.

Jangan menyimpan beban terlalu dalam sebab kealpaan, percayalah bahwa manusia itu memang rumah salah dan khilaf akan tetapi Tuhan selalu meyiapkan kejutan yang indah bagi mereka yang mampu memaafkan. Bukankah kita akan lega ketika mampu memaafkan sebuah kesalahan? 

Kamu berharga, jadi jangan memikirkan hal yang sia-sia terlalu lama

5. Ingatlah Tuhan dan jadikan ia sebaik-baik tempat kembali. Serahkan pada-Nya dan syukuri nikmat-Nya

Ingatlah kepada-Nya

Ingatlah kepada-Nya via https://www.google.com

Allah berfirman “Barang siapa yang bersyukur maka akan Aku tambah nikmatKu

Bersyukur adalah salah satu cara berterimakasih manusia terhadap Tuhannya untuk setiap detik nikmat yang diberikan. Termasuk telah diberi kelancaran beribadah, menu makanan yang berbeda, teman yang selalu ada, bahkan pasangan yang selalu setia. Semua itu bentuk hadiah terbaik dari Tuhan.

Jangan dikira bahwa kelancaran presentasimu hari ini adalah murni usaha mu sendiri. big no! Itu adalah kehendak Tuhan. Bahkan sekalipun kau berada di titik terendah dalam hidupmu, lekas lakukan hal ini, ingat Tuhan dan lihatlah keajaibannya.

Tuhan selalu memasangkan sedih dan bahagia dalam satu paket. Jangan Pernah mengutuk Tuhan atas masalahmu hari ini. Bersyukur dan berdoalah sebelum memejamkan mata, niscaya Tuhan akan mengubah segalanya! 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat Kajian Ustad Hanan Attaki

Editor

une femme libre

CLOSE