Saat ini, kemampuan time management sangatlah dibutuhkan bagi tiap individu. Skill ini harus banget kamu miliki karena berdasarkan pengalaman atau tips menjadi orang sukses itu sendiri salah satunya adalah kemampuan memanajemen waktu yang tepat. Dengan mempunyai kemampuan memanajemen waktu, pastinya dalam mengatur kegiatanmu pun akan semudah membalikkan telapak tangan!

Namun, bagi yang masih bingung bagaimana cara mengatur jadwal, tenang aja!
Ini dia 7 tips untuk mahir dalam mengatur jadwal sekolah, kuliah, atau kegiatan yang banyak banget sampai kamu sendiri istilahnya keteteran dalam mengerjakannya. Langsung saja,yuk! 

1. Atur Skala Prioritas

Tentukan skala prioritasmu!

Tentukan skala prioritasmu! via https://www.google.co.id

Ini pentingnya pake banget! Waktumu sehari hanya 24 jam, guys!
Enggak mungkin dong kamu milih ngerjain tugas yang deadline-nya masih sebulan lagi dan malah ninggalin tugas yg deadline-nya besok. Ya itu cikal bakal keruwetan waktu yang bakal kamu temuin kalau nggak mengatur skala prioritas.

Cara mengatur skala prioritas adalah pandai memilah tugas, seperti:

Advertisement
  • Kerjakan dahulu tugas yang deadline waktunya mepet banget. Walaupun kamu sudah punya planning mengerjakan tugas lain, tapi kalau kebutuhan tugas yang baru diberikan itu lebih penting, maka kamu harus lakukan saat itu juga. Jadi juga harus bisa pandai mengubah jadwal menurut kondisi, ya!
  • Kerjakan tugas yang membutuhkan banyak riset atau bahan. Ini biasanya seperti tugas kelompok, tugas penelitian, atau tugas yang mengharuskan kita mencari sumbernya dari luar. Ya kalau kamu ngerjainnya dekat dengan deadline, pasti bakal keteteran dan nggak maksimal, dong! Manfaat mencari bahan tugas di awal juga antisipasi jika nanti ada tugas mendadak seperti poin pertama dimana kamu sebenarnya sudah ada rencana mencari bahan namun tiba-tiba ada tugas yang baru datang dan dikumpulkan besok.

Gimana? Berguna kan mencari bahan awal awal?

2. Buat Kalender Planner

Contoh calender planner

Contoh calender planner via https://www.google.co.id

Ini mungkin sesuatu hal baru bagi kamu yang saja mulai memanajemen waktu. Meskipun terkesan sulit dan ribet, tapi cara ini patut banget kamu coba. Caranya adalah kamu bisa membuat calendar planner kegiatanmu selama sebulan yang kamu gambar di buku catatan atau kertas kosong.

Advertisement

Atau kamu bisa menambah sesuai kreativitasmu sendiri yang akan membuat menarik jadwalmu. Bisa melihat contohnya di Youtube, kok! Kegunaan dari adanya pembuatan calendar planner ini adalah kamu bisa dengan mudah mengorganisasikan kegiatan atau apa yang akan kamu lakukan hari itu. Jadi, harimu akan lebih terarah.

3. Maksimalkan Waktu yang Ada

Time is Sword

Time is Sword via https://www.google.co.id

SAY NO TO MALAS.

Ini adalah kebiasaan yang kalau diterapkan secara terus menerus akan menjadi sesuatu yang nggak baik banget buat kamu yang ingin sukses. Mulai sekarang hilangkan sifat malas itu dalam diri kamu. Kalau kata pepatah islam waktu adalah pedang. Artinya, kita nggak bakal bisa mengulang waktu yang sudah terjadi.

Jadi intinya, ketika kalian sudah punya rencana, bahkan sudah kalian tulis dalam calendar planner. Sebisa mungkin patuhilah rencana yang sudah kalian tulis. Jangan karena keasyikkan main handphone, games, nonton tv, atau bahkan terjebak dalam zona nyaman pulau kapuk.

Kalian jadi mempunyai pikiran "Ah ntaran aja,deh. Besok aja. Toh tugasnya cuma gitu doang, besok juga selesai"
PLEASE DON'T DO THIS. Percaya deh, nggak memungkiri besok kalian juga bisa mengerjakan, kan?
Pokoknya, selagi ada waktu dan sudah terencana, jangan pernah membuang-buang waktu atau kesempatan.
Ingat, ya!

4. Profesionalitas

Hidup harus profesional, ya!

Hidup harus profesional, ya! via https://www.google.co.id

Intinya, kalian harus berusaha melakukan semua hal yang sudah kalian sepakati atau rencanakan baik itu pada diri kalian sendiri atau pada teman-teman kalian. Kalau kalian mengingkari pada diri kalian sendiri, mungkin yang terjadi cuma keteteran seperti penjelasan di poin sebelumnya.

Namun, bayangkan jika kalian sudah mempunyai rencana dengan teman kalian namun kalian tidak profesional dalam melaksanakannya. Seperti ngaret lah, tidak mengerjakan jobdesk dengan benar, dan lain sebagainya. Pasti teman kalian akan mengira kalian tidak bisa diandalkan atau tidak profesional.

Efeknya, jika ada kegiatan apapun, kalian tidak akan menjadi rekomendasi teman-teman untuk merekrut kalian menjadi anggota kelompok mereka. Sayang banget dong kalau ada event besar yang itu juga merupakan passion kalian namun kalian nggak punya atau kesusahan mencari teman kelompok karena track record kalian yang buruk?

5. Ketahui Kemampuan Diri

Jangan melebihi batas ya!

Jangan melebihi batas ya! via https://www.google.co.id

Ikut banyak kegiatan sih sah-sah aja. Apalagi itu sesuai minat dan bakat kalian dan juga berguna untuk orang lain. Namun, jangan samakan dengan mengikuti semua kegiatan sampai-sampai kalian malah melupakan tugas wajib kalian. Ikutilah kegiatan yang memang passion kalian namun sesuaikan pula dengan kondisi diri.

Kalau misal mengikuti 2 kegiatan di luar sekolah/kampus saja kalian sudah merasa keberatan mengatur jadwalnya, maka ya jangan ditambah lagi. Lalu kalau semisal emang ingin ikut semua, gimana?

Ya sekali lagi. Kalau mampu membagi 24 jam waktu kalian dalam sehari itu dengan segudang kegiatan ya terserah.
Asal jangan sampai frustasi sendiri ya nanti ketika suatu saat kalian kebingungan jika waktu antara beberapa kegiatan itu bertabrakan.

6. Belajar Bareng Teman

Kerja kelompok itu perlu!

Kerja kelompok itu perlu! via https://www.google.co.id

Manusia itu makhluk sosial. Maka dari itu, sebisa mungkin bertanyalah atau belajar bareng dengan teman kalian untuk beberapa situasi dan kondisi tugas. Banyak manfaat dengan kalian sering berdiskusi dengan teman. Akhirnya, dengan melakukan itu kalian bisa menghemat waktu.

Misalnya, jika seharusnya kalian mencari bahan-bahan untuk praktikum atau narasumber untuk tugas wawancara, nah jika kebetulan teman kalian mempunyai alat praktikum atau kenalan untuk diwawancarai dan informasi lebih mengenai tugas kalian, akhirnya kalian juga bisa terbantu, kan?

Tak perlu susah-susah mencari lagi dan akhirnya waktu kalian pun akan semakin longgar. Bisa dibuat mengerjakan hal lain, deh! Hal yang perlu diperhatikan dalan belajar bersama teman ini adalah kembali lagi kalian harus profesional.

Jangan ada istilah kalau kerja kelompok, satu orang yang ngerjain dan lainnya hanya numpang nama. Ya nggak gitu, dong.
Pandai-pandailah bersahabat dengan lingkungan yang mengkondisikan kalian dan juga bisa menjadi tempat tolong menolong jika ada sesuatu yang dibutuhkan.

7. Jaga Kesehatan

Sakit itu mahal. Mending buat jalan jalan uangnya:)

Sakit itu mahal. Mending buat jalan jalan uangnya:) via https://www.google.co.id

Tips terakhir pastinya kalian jangan lupa jaga kesehatan, ya!
Sebanyak apapun tugas ataupun kewajiban kalian, kesehatan tetaplah harus diutamakan.
Kalian nggak mau dong dissaat tugas kalian menumpuk, namun malah nggak bisa mengerjakan karena alasan sakit?

Sebisa mungkin mulailah dari makan yang teratur, olahraga, dan jangan terlalu stress. Tancapkan dalam pikiran kalian bahwa sesuatu yang diniati dengan baik pasti hasilnya akan baik pula walau rintangannya berat.

Jadi, jangan patah semangat, berusaha, dan tetap sehat ya, teman-teman!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya