Saat ini banyak orang yang belum menyadari pentingnya kemampuan menguasai bahasa lain termasuk bahasa Inggris. Bahas Inggris adalah jenis bahasa yang paling umum dikuasi orang Indonesia, meski pun begitu bagi orang yang fasih menguasainya tentu akan membuat mereka memiliki suatu kelebihan. Dengan modal bahasa Inggris mereka bisa memiliki peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, sebab saat ini banyak perusahaan yang memasukan kemampuan berbahasa Inggris ke dalam kualifikasinya.

Tidak hanya dalam hal peluang kerja, fasih berbahasa Inggris juga bisa Anda jadikan modal usaha. Anda bisa menjadi seorang translater bahasa, menulis artikel atau menjadi penulis lepas dan yang paling umum adalah menjadi guru privat bahasa Inggris. Beberapa contoh usaha ini hanya membutuhkan niat dan kemampuan yang Anda miliki, namun bisa menghasilkan uang yang cukup banyak apabila kamu pandai mengatur waktu.

Apa kamu semakin tertarik dengan bahasa Inggris? Kalau iya, beberapa tips di bawah ini bisa kamu lakukan untuk dapat berbahasa Inggris dengan lancar.

1. Ikut kursus bahasa Inggris

Langkah paling efektif, ikut kursus via http://freeenglishcourse.info

Ya, kursus bahasa Inggris adalah hal pertama yang terlintas di pikiran setiap orang yang ingin menguasai bahasa Inggris. Cara ini terbilang efektif karena Anda akan dibimbing langsung oleh orang-orang yang kompeten di bidang bahasa Inggris. Saat ini sudah banyak tempat kursus yang menyediakan berbagai paket belajar bahasa Inggris sesuai kemampuan dan waktu yang kamu miliki, kamu tinggal mencari yang pas di kantong kamu.

2. Suka nonton film? Ubah subtitle menjadi bahasa Inggris atau tanpa subtitle

Sesekali gunakan subtitle bahasa Inggris via https://stackoverflow.com

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa film menjadi salah satu hiburan yang digandrungi banyak orang. Nah, biasanya film-film produksi hollywood menjadi pilihan utama. Karena berbahasa Inggris, coba sesekali mengganti subtitle Indonesia menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Meskipun ucapan tokoh pemeran film juga berbahasa Inggris, paling tidak dengan subtitle kamu bisa mengerti apa maksud tokoh.

Advertisement

Atau jika kamu sudah cukup paham, kamu bisa menonton film tanpa subtitle sama sekali. Sedikit demi sedikit coba terka apa perkataan tokoh tersebut, jika kesulitan memahaminya kamu bisa menebak gestur tubuh tokoh untuk mengerti apa yang di maksud. Ini juga merupakan latihan berbahasa Inggris yang cukup baik.

3. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Musik bisa jadi jalur alternatif untuk bisa berbahasa Inggris via https://stackoverflow.com

Untuk kamu yang suka musik, alternatif yang bisa kamu coba untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris kamu tentu saja dengan mendengarkan lagu asing. Pilih musik sesuai dengan jenis yang kamu suka dalam bahasa Inggris, coba dengarkan dan perhatikan liriknya. Kamu bisa mencoba mencatat atau menghafal liriknya, baru kemudian lihat lirik aslinya di internet. Lihat sejauh mana kemampuan listening dan writing kamu dalam bahasa Inggris dengan membandingkan catatan kamu dengan lirik aslinya.

4. Latih percakapan dengan teman

Berbicara dalam bahas Inggris bareng temen via https://communify.org.au

Ingin menguasai bahasa Inggris memang tidak bisa ditempuh dengan cara belajar saja, namun harus praktek. Dengan begini kamu bisa berlatih untuk percaya diri dalam mengucapkan kata atau kalimat berbahasa Inggris kepada lawan bicaramu. Kamu bisa melatihnya dengan bercakap-cakap dengan temanmu, atau dengan teman yang sama-sama sedang kursus bahasa Inggris.

5. Follow akun media sosial yang bermanfaat

Youtube bisa jadi sumber pembelajaran bahasa Inggris yang baik via https://youtube.com

Remaja zaman sekarang memang sangat erat kaitannya dengan media sosial. Nah, daripada sekedar scroll-scroll tidak jelas atau menonton video vlog setiap hari, lebih baik kamu membuka akun media sosial yang mengajarkan bahasa Inggris. Baik di Instagram, Facebook maupun Youtube banyak bertebaran akun-akun media sosial yang menyediakan pembelajaran bahasa Inggris gratis. Khusus untuk Instagram, kamu juga bisa mem-follow akun quotes atau kutipan berbahasa Inggris yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana latihan.