Universitas Negeri Yogyakarta atau sering disebut UNY pasti udah sering kalian dengar. Kampus yang dikenal sebagai kampus pendidikan yang terletak di Yogyakarta. Walaupun disebut sebagai kampus pendidikan ternyata UNY memiliki jurusan-jurusan non-pendidikan salah satunya adalah jurusan Ilmu Komunikasi.

Walaupun usianya masih muda, jurusan ini sudah menjadi salah satu jurusan terfavorit di UNY lho. Ilmu komunikasi UNY memiliki dua konsentrasi yang bisa dipilih saat memasuki semester lima yakni konsentrasi media dan strategis. Terus apa aja sih tugas-tugas yang pernah dialami anak komunikasi UNY? Penasaran? Langsung aja dilihat kelanjutan artikel ini. Kalian anak ilmu komunikasi UNY pasti ngerti.

1. Membuat kegiatan literasi media

Tugas ini bakal kamu alami di semester empat, kegiatan mengedukasi masyarakat agar masyarakat dapat menggunakan media secara cerdas dan bijak. Seperti menunjukkan tontonan sehat bagi anak, diet gadget, kesetaraan gender, dan lain-lain. Seru pastinya karena kita bisa berbagi pengetahuan yang sudah kita dapatkan ke masyarakat.

2. Re-branding suatu produk

re-branding kemasan suatu produk

re-branding kemasan suatu produk via https://www.cmsadvertising.co.uk

Advertisement

Di semester empat juga ada mata kuliah marketing communication, kita diberi tugas UASuntuk melakukan re-branding yakni kegiatan untuk mengubah atau memperbaharui suatu produk.

3. Membuat majalah

kerja kelompok

kerja kelompok via http://generasimudaid.com

Memasuki semester enam yang yang memilih konsentarsi media, bertemu dengan mata kuliah produksi media cetak. Kita diberi tugas uas membuat majalah, seru kan kita bisa membuat majalah yang kita inginkan. Mulai dari konten sampai layout kita yang nentuin sendiri.

4. Membuat film dokumenter

membuat film

membuat film via http://www.insto.co.id

Masih di kosentrasi media dengan mata kuliah produksi non-berita, tugas akhirnya membuat film dokumenter. Banyak pengalaman baru pastinya ketika membuat film dokumenter, seperi bertemu orang baru dan tahu mengenai cerita hidupnya. Capek sih pasti tapi seru.

5. Menjadi team EO

resik pantai

resik pantai via https://www.tripsona.com

Advertisement

Dari kosentrasi strategis, di semester lima ada mata kuliah event organizer. Salah satu acara yang pernah dilakukan yaitu resik pantai atau bersih-bersih pantai. Acara ini diadakan di pantai Goa Cemara, Bantul. Seru kan bisa berpartisipasi bersama dalam menjaga lingkungan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya