5 Pilihan Makanan yang Ampuh Meredam Stres. Jangan Lupa Nyetok di Kulkasmu ya~

makanan meredam stres

Pekerjaan, kuliah, berbagai tugas dan deadline kadang membuat kita merasa stress. Sepertinya banyak sekali yang harus dikerjakan. Satu selesai, muncul lagi lainnya. Tapi tahukah kamu, stress dapat diredam dengan mengonsumsi makanan tertentu? 

Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantumu memerangi stres.

Advertisement

1. Dark chocolate

Image by Kaboompics on Pexels

Image by Kaboompics on Pexels via https://www.pexels.com

Pernahkah kamu merasa ingin sekali makan cokelat? Craving cokelat itu tidak salah, jika kamu ingin makan cokelat, maka makanlah cokelat. Namun, pilihlah tipe cokelat yang paling sehat: dark chocolate.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang makan 1,4 ons (setara dengan sebatang kecil cokelat) dark chocolate setiap hari selama dua pekan memiliki kadar kortisol lebih rendah. Kortisol adalah hormon stress, yang ternyata dapat ditekan dengan makan dark chocolate.

Advertisement

2. Minum teh

Image by Ahmed Aqtai on Pexels

Image by Ahmed Aqtai on Pexels via https://www.pexels.com

Sebuah studi di University College London menemukan bahwa orang yang sering minum teh bisa menekan rasa stress dan level kortisolnya lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi minuman placebo penghilang stress. 

Jenis teh yang paling baik menurunkan stress adalah teh herbal dan teh yang tidak mengandung kafein. Teh herbal seperti chamomile dan jahe melegakan pencernaan dan menenangkan syaraf-syaraf. 

3. Bayam

Advertisement
Image by  Rodolfo Quirós on Pexels

Image by Rodolfo Quirós on Pexels via https://www.pexels.com

Bayam adalah sayur daun hijau yang kaya akan magnesium. Magnesium dapat membantu meredakan stess. Orang yang kurang magnesium cenderung mengalami peningkatan protein C-reaktif (CRP). Semakin tinggi level CRP, semakin mudah seseorang menjadi stress dan depresi.

Magnesium dalam bayam membantu mengatur kadar kortisol dan tekanan darah. Ketika merasa stress, pastikan mendapat asupan magnesium yang cukup. 

4. Ngemil kacang-kacangan

Image by Martha Branco on Pexels

Image by Martha Branco on Pexels via https://www.pexels.com

Stress menguras simpanan vitamin B dalam tubuh kita. Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin B. Konsumsi kacang-kacangan bisa menjaga simpanan vitamin B yang terkuras karena stress. 

Vitamin B dalam kacang-kacangan dapat menjaga neurotransmitter agar tetap dalam happy place-nya, serta membantu respon fight-or-flight kita. Selain itu, kacang pistachio yang kaya akan potasium dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi stress. 

5. Yogurt

Image by Oleg Magni on Pexels

Image by Oleg Magni on Pexels via https://www.pexels.com

Tahukah kamu, bakteri dalam lambung dapat berkontribusi pada stress? Riset menunjukkan bahwa otak mengirim sinyal pada lambung, sehingga sinyal stress dari otak dapat menyebabkan gejala-gejala lambung. Proses ini juga bisa terjadi sebaliknya, dari lambung ke otak. 

Sebuah studi di UCLA pada tahun 2013 membuktikan bahwa konsumsi yogurt mampu mengurangi aktivitas otak yang mengendalikan emosi, termasuk stress. Selain itu, yogurt juga mengandung kalsium dan protein yang baik untuk tubuh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

une femme libre

CLOSE