5 Manfaat Mandi dengan Air Dingin yang Perlu Kamu Ketahui. Hayo, Jangan Malas Mandi Lagi!

manfaat mandi air dingin

Mandi adalah salah satu bentuk ritual wajib manusia untuk menyingkirkan debu-debu dan keringat yang menempel di tubuh. Pada saat sekolah, mungkin kamu diajarkan untuk mandi sebanyak dua kali sehari, yaitu pada saat pagi dan sore. Namun semakin dewasa, mungkin kamu jadi makin sibuk hingga hanya akan mandi sekali dalam sehari. Akan tetapi, satu hal yang harus diperhatikan, jangan sampai melewatkan mandi di pagi hari dengan air dingin karena di balik itu ada beragam manfaat yang mungkin tak kamu duga sebelumnya. Nah, kalau kamu penasaran, simak uraian manfaat mandi air dingin berikut ini!

Advertisement

1. Secara tidak langsung bisa meningkatkan kesuburan kaum adam

Bayi dan Ayah

Bayi dan Ayah via https://pixabay.com

Untuk kamu para lelaki yang sudah berkeluarga dan sedang mendambakan kehadiran buah hati, mungkin akan melakukan apa saja agar keinginan itu segera terwujud.

Mulai dari memakan tumbuhan yang katanya bisa menyuburkan, membeli berbagai jenis obat, hingga bolak-balik konsultasi ke dokter kandungan.

Advertisement

Namun, tahukah kamu, ternyata ada hal sepele yang bisa meningkatkan kesuburanmu, lho. Yap, mandi pagi dengan air dingin. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, dibuktikan bahwa sperma laki-laki dapat meningkat secara signifikan setelah mandi pagi menggunakan air dingin selama sepekan. Tak hanya itu, hal ini juga bisa mendorong produksi testosteron.

Namun, meski udara sedang dingin, jangan coba-coba mandi pagi dengan air hangat karena justru akan memberikan dampak yang sebaliknya.

2. Membuat suasana hati jadi lebih baik

Menangis Sedih

Menangis Sedih via https://www.pexels.com

Semua orang yang ada di dunia ini pasti pernah memiliki masalah. Saat sedang ditimpa problema kehidupan, tak jarang orang menjadi loyo dan tak bersemangat. Hari-hari dihabiskan dengan bersedih dan melamun.

Masih mending kalau ada sahabat yang bisa diajak curhat, kalau tidak, bisa lebih bahaya lagi. Bagi yang sudah benar-benar putus asa, mungkin saja akan mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Padahal, sebenarnya ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki mood, lho. Menurut para peneliti dari Department of Radiation Oncology at Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi pagi menggunakan air dingin dapat menstimulasi titik biru di otak.

Titik biru ini merupakan sumber utama noradrenalin yang bisa membantu mengurangi depresi secara kimiawi. Sederhananya, otak akan menciptakan efek seperti anti depresan yang bisa memperbaiki mood kamu. Keren, kan?

3. Mandi dengan air dingin juga bisa sekaligus merawat kulit dan rambut
Rambut Panjang - Photo by XUNO. on Unsplash

Rambut Panjang – Photo by XUNO. on Unsplash via https://unsplash.com

Ingin mendapatkan kulit yang indah, tapi malas perawatan? Atau ingin perawatan, tapi tidak bisa sering-sering karena biayanya yang mahal. Tenang… kami punya tips merawat kulit yang bisa kamu lakukan setiap hari dengan biaya yang sangat-sangat terjangkau.

Caranya, yaitu dengan mandi pagi menggunakan air dingin setiap hari. Dengan demikian, kulitmu akan mengencang dan pori-porimu akan menyempit sehingga mencegah debu masuk ke dalam kulit.

Tak hanya baik untuk kulit, mandi pagi dengan air dingin juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Mengguyur kepala dengan air dingin dapat menguatkan akar rambut dan melindungi kutikula rambut kamu. 

Namun, jangan coba-coba mengguyur rambut dengan air hangat yang cenderung panas karena rambutmu justru akan menjadi rusak, mudah rontok, dan tampak kusam.

4. Melancarkan sirkulasi darah
Pembuluh Darah

Pembuluh Darah via https://pixabay.com

Ada banyak penyakit yang bisa disebabkan sirkulasi darah yang tidak lancar, contohnya saja menurunnya sistem imun tubuh, sakit kepala, hingga serangan jantung.

Oleh sebab itu, banyak orang yang kemudian berusaha keras menjaga agar sirkulasi darahnya tetap lancar. Dari sekian banyak upaya, yang sering dilakukan orang adalah olahraga teratur, menghindari kebiasaan merokok, dan mengonsumsi makanan pelancar sirkulasi darah.

Nah, selain ketiga hal tersebut, ada cara mudah yang juga bisa melancarkan sirkulasi darah, yaitu dengan mandi pagi menggunakan air dingin. ketika air dingin menyentuh kulit, arteri akan merespon dengan menyalurkan darah dengan lancar ke seluruh tubuh.

5. Secara tidak langsung juga bisa untuk mengurangi berat badan

Perut Gendut

Perut Gendut via https://pixabay.com

Kelebihan berat badan adalah salah satu masalah yang dialami banyak orang. Memiliki berat badan yang melebihi batas normal tak hanya berakibat buruk bagi kesehatan fisik, tapi juga mental.

Banyaknya orang yang mengolok-olok dengan sebutan gendut menjadikan orang-orang yang kelebihan berat badan jadi stress. Akibatnya, mereka akan berusaha diet mati-matian agar berat badannya sama dengan orang-orang di sekelilingnya.

Jika kamu juga mengalami hal demikian, jangan sampai program dietmu malah membahayakan diri sendiri. Cobalah untuk mandi di pagi hari dengan air dingin secara rutin.

Perlu kamu ketahui, tubuh kita memiliki dua jaringan lemak, yaitu yang berwarna putih dan coklat. Lemak putih adalah lemak yang muncul saat kamu makan berlebihan, sedangkan lemak coklat adalah lemak baik yang menciptakan panas tubuh.

Lemak coklat akan menjadi aktif saat kamu kedinginan, jadi mandi pagi dengan air dingin sangat efektif untuk membakar jenis lemak yang satu ini. Namun, kamu juga harus mengontrol diri dari mengonsumsi makanan berlebih agar lemak putih tak menumpuk dalam tubuhmu.

Gimana, jadi nggak takut lagi kan mandi pakai air dingin di pagi hari? Soalnya manfaat mandi air dingin ini banyak sekali!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aku suka menyendiri untuk membaca dan menulis, namun aku juga suka berkumpul bersama teman-teman untuk bercanda, tertawa dan menikmati kebersamaan.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE