7 Manfaat Punya Hobi Memasak Selain Bisa Hemat Pengeluaran. Ssst, Berkaitan Sama Psikologis!

manfaat psikologis hobi memasak

Menurut sains, memasak bisa meningkatkan mood ketika hari sedang buruk lho! Bahkan telah dijadikan sebagai terapi untuk membantu orang dengan gangguan mood dan masalah psikologis lainnya. Menurut Nicole Lambert dari Movement Counseling Services, memasak dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental karena kamu jadi bisa menyalurkan energi, menjadikannya sebagai hiburan, menguasai keterampilan baru, juga mengekspresikan emosi melalui cara yang positif.

Terus kalau nggak bisa masak gimana dong? Jangan bingung! Mulai saja dengan resep-resep sederhana di dapurmu sendiri, dengan peralatan yang kamu punya. Masih penasaran apa saja manfaat memasak untuk kesehatan mental? Ini dia 7 alasannya!

Advertisement

1. Hasil masakanmu adalah hadiah yang kamu buat sendiri dan untuk dirimu sendiri

Photo by Martin Lopez from Pexels

Photo by Martin Lopez from Pexels via http://pexels.com

Dengan memasak, ada dua aspek kesehatan mental yang dirasakan: aktivitas memasak itu sendiri dan hasil masakannya. Seorang psikolog menyebutkan selama proses memasak, seseorang melewati sebuah proses sehingga menghasilkan makanan yang lezat. Inilah hadiah terbaik dan nyata.

2. Kamu bisa mengasah kreativitasmu ketika memasak dan mencoba hal-hal baru yang belum pernah kamu coba

Photo by Joe from Pexels

Photo by Joe from Pexels via http://pexels.com

Mencoba resep yang sederhana berdampak untuk kesehatan mental lho! Menurut sebuah studi, hal itu bisa meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan. Karena melakukan hal-hal sederhana dan bermakna, seperti memasak bisa membuat mood jadi lebih baik.

Advertisement

3. Manfaat hobi memasak yang kamu miliki ternyata merupakan bentuk self-care lho

Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Photo by Jason Briscoe on Unsplash via http://unsplash.com

Membuat makanan yang sehat untuk diri sendiri akan membuatmu merasa baik. Cuma kamu orang yang tahu persis apa yang diinginkan tubuhmu pada waktu tertentu.

Dan memasaknya sendiri membantumu terhubung dengan diri sendiri pada tingkat yang lebih dalam. Jangan khawatir kalau masakanmu tidak sesuai ekspektasi, banyak latihan ya!

4. Nah ini dia! Salah satu manfaat memasak adalah memperkuat bonding dengan pasanganmu. Seru kan kalau masak bareng pasanganmu?

Advertisement
Photo by Becca Tapert on Unsplash

Photo by Becca Tapert on Unsplash via http://unsplash.com

Kalau kamu masak untuk seseorang, bahkan kalau mereka tidak ikut masak bersamamu, itu bisa membangun kedekatan kalian lho. Karena masakanmu bisa mengekspresikan cinta dan kepedulianmu kepada seseorang.

Apalagi kalau masak bersama, dijamin koneksi antara kalian akan semakin kuat.

5. Kamu mungkin belum tahu, tapi kamu bisa berlatih mindfulness sembari memasak lho

Photo by Brandless on Unsplash

Photo by Brandless on Unsplash via http://unsplash.com

Mungkin kamu sudah banyak mendengar tentang keajaiban mindfulness dalam hidup. Tapi apakah kamu tahu kalau kamu bisa melatihnya sembari memasak?

Memasak dengan mindful, bisa jadi terapi karena “memaksamu” untuk fokus pada apa yang kamu kerjakan. Bayangin aja, kalau kamu meninggalkan masakanmu lama-lama nanti gosong kan?

Selain itu, ketika memasak semua inderamu saling terkoneksi. Bahkan kamu bisa menarik kembali ingatan akan masakan nenekmu hanya dengan aroma masakan.

6. Kamu akan merasa sangat berdaya ketika berada di dapur. Coba bayangkan deh!

Photo by Brandless on Unsplash

Photo by Brandless on Unsplash via http://unsplash.com

Membuat makananmu sendiri akan memberimu rasa percaya diri, berdaya, dan kontrol atas apa yang kamu pilih untuk kamu makan. Kamu mau memanggang salmon dengan wajan?

Itu terserah kamu, yang penting enak dan matang. Kamu memegang penuh kendali atas apa yang ingin kamu lakukan untuk menyelesaikan setiap detail masakanmu.

7. Memasak makananmu sendiri membantu otak agar tetap sehat

Photo by Max Delsid on Unsplash

Photo by Max Delsid on Unsplash via http://unsplash.com

Banyak organisasi kesehatan mental menekankan bahwa nutrisi yang tepat adalah bagian mendasar dari menjaga kesehatan otak. Karena nutrisi yang tepat adalah komponen utama perawatan kesehatan mental.

Dan memasak untuk diri sendiri memungkinkan kamu untuk lebih menyadari apa yang kamu masukkan ke dalam tubuhmu.

Nah itu dia 7 manfaat hobi memasak yang ternyata baik untuk kesehatan mental. Selain untuk kesehatan mental, akan lebih sehat kan kalau memasak makananmu sendiri? Yuk masak sendiri mulai sekarang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE