Di penghujung tahun 2018 ini, ada begitu banyak pertanyaan yang hinggap di dalam kepala saya. “Apa saja yang telah saya capai di tahun ini?” Menjadi sebuah pertanyaan terbesar yang akhir-akhir ini selalu muncul begitu saja tanpa basa-basi. Bagi saya, tahun ini merupakan tahun yang cukup unik dan menarik dalam hidup saya. 

Mengapa demikian? Karena saya merasa tahun ini dipenuhi dengan hal-hal yang tak terduga mulai dari rasa malas yang berlebih sampai saya nggak mau keluar rumah hampir sebulan sampai resolusi wajib dan prioritas yang harus gagal total dan nggak terwujudkan di tahun ini. Wisuda! 

Dari sekian banyaknya resolusi yang nggak terwujudkan, ternyata masih ada beberapa resolusi yang tak disangka-sangka akan lebih dahulu saya wujudkan ketimbang mewujudkan prioritas utama saya sebagai mahasiswa yang hampir saja dapat surat cinta penuh makna dari kampusnya.

Beberapa hal yang patut saya syukuri dan nikmati dengan terwujudkan resolusi dan harapan di tahun 2018.

1. Menyelesaikan Seminar Proposal di Awal Tahun

Persentasi

Persentasi via http://www.pixels.com

Salah satu resolusi paling awal yang saya wujudkan adalah menyelesaikan seminar proposal skripsi di bulan Januari yang saya tuntaskan dengan cukup mengesankan.

Advertisement

Walaupun setelah itu saya dihinggapi rasa malas untuk mengerjakan skripsi, tapi tetap harus mensyukuri satu langkah awal menuju wisuda!

2. Membeli Handphone Baru Hasil Uang Sendiri

Memainkan handphone

Memainkan handphone via http://www.pexels.com

Membeli barang dengan hasil jerih payah sendiri merupakan sesuatu yang sangat berharga dan membuat saya bahagia bukan kepalang ketimbang membeli barang menggunakan duit dari orang tua.

Sebagai seorang mahasiswa, membeli barang dengan duit sendiri akan terasa wah dan bermakna. Setidaknya saya sudah satu langkah menuju mandiri!

3. Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

Home Library

Home Library via http://www.pexels.com

Advertisement

Ternyata kebiasaan membaca telah membuat saya secara tak sengaja menciptakan perpustakaan mini sendiri di rumah. Secara tak langsung, kebiasaan saya yang seminggu sekali selalu mampir dan membeli beberapa buku telah membuat lemari saya penuh dan membludak!. Alhasil terciptalah perpustakaan mini di rumah.

4. Menemukan Passion Menulis

Kebiasaan membaca ternyata telah membawa saya kepada sebuah passion yang sangat saya nikmati sekarang ini, menulis!. Ketika menulis, saya merasakan sesuatu yang beda, dan nggak tahu kenapa rasanya damai aja gitu.

Alhasil, dengan kebiasaan menulis ini beberapa artikel yang pernah saya kirim ke beberapa media diterbitkan secara online. Sebagai pemula, rasanya senang banget ketika tulisan kita itu publish dan diterbitkan oleh media yang terkenal. It's something!

5. Membuat Blog Pribadi yang Profesional

Setelah hampir setahun lebih mencoba dan memahami tentang dunia blogging, akhirnya di bulan November kemarin saya memutuskan untuk memasuki dunia blogging dengan membuat sebuah blog pribadi dengan hosting profesional (nggak subdomain). hehehe

Untuk ke depannya, saya berharap dengan membuat blog yang profesional saya bisa mewujudkan impian saya menjadi seorang travel blogger profesional. Asek!

6. Melihat Gajah Sumatera di Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas via http://www.google.com

Nggak disangka! Ternyata impian yang berawal dari melihat salah satu iklan rokok di TV ini bisa saya wujudkan dan saya coret.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya