Membaca adalah cara bagaimana orang-orang besar dibentuk, sejarah saja mengatakan bahwa orang-orang yang senang membaca bisa menjadi pribadi yang lebih baik serta tentunya berwawasan luas. Sebut saja Presiden pertama kita Soekarno, beliau mendapatkan inspirasi untuk bentuk menjadikan indonesia negara berbentuk 'republik' setelah membaca buku berjudul _Naar de Republik Indonesia_ karya Tan Malaka.

Namun sangat disayangkan bahwa di Indonesia sendiri minta baca masih tergolong sangat rendah. padahal bila dipikirkan lagi 'membaca' memiliki sejuta manfaat. Kita coba bahas satu persatu keuntungan dari banyak membaca.

1. Menambah Wawasan Baru

okezone.com

okezone.com via https://www.google.co.id

Tentunya buku yang kita baca akan menambah wawasan baru, karna buku dibuat oleh penulis yang tentu ahli dibidangnya masing-masing. Sehingga Hal-hal baru serta ilmu pengetahuan akan kita temukan pada sebuah buku.

2. Merubah Sudut Pandang Akan Suatu Hal

Advertisement

Dengan banyaknya hal baru yang kita temui pada sebuah buku tentunya ini akan berdampak pada cara pandang kita terhadap dunia. Makin bijak jadinya ! karna tidak semua hal kita dapatkan di meja sekolah. Artinya buku adalah guru yang juga baik untuk didengar.

3. Wisata Pikiran

Membacacepat.com

Membacacepat.com via https://www.google.co.id

Setelah didera banyak aktivitas entah bekerja, sekolah atau apapun aktivitas yang menyita banyak tenaga dan pikiran, membaca buku tentunya adalah sebuah petualangan baru. Tujuan dari berpetualang adalah menemukan hal-hal baru, bukan begitu?. Membaca juga mampu menenangkan pikiran artinya membaca baik juga untuk kesehatan.

4. Mencerdaskan Dengan Tetap Rendah Hati

http://sehatkancantik.blogspot.co.id

http://sehatkancantik.blogspot.co.id via https://www.google.co.id

Membaca penting karena dapat mencerdaskan intelektual, spiritual, emosional, dan kepercayaan diri yang berpadu dengan kerendahan hati. Membaca akan membuka peluang Anda untuk menyerap sebanyak mungkin ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan. Membaca akan menumbuhkan kemampuan Anda untuk berpikir kreatif, kritis, analitis dan imajinatif. Melalui membaca Anda akan membentuk kemampuan berpikir lewat proses: menangkap gagasan/informasi, memahami, mengimajinasikan, menerapkan dan mengekspresikan.

5. Jadi ? Bacalah

Bung Karno Membaca

Bung Karno Membaca via https://www.google.co.id

Advertisement

Sukses dimulai dari sebuah keputusan yang anda ambil dalam hidup ini, lalu kenapa buku mempengaruhi kesuksesan? karna sebuah keputusan dipengaruhi oleh banyak sedikitnya pengalaman serta tentunya sebuah pengetahuan. Lantas buku adalah salah satunya tempat tumpukan pengetahuan dituangkan.

Jadi tunggu apa lagi? Bacalah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya