Netizen terkenal dengan opini yang begitu bebas dan terkadang diluar batas, keberadaan netizen sebagai sumber informasi turut menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, namun ada kalanya kita bertemu dengan beberapa Warganet yang bisa bikin meringis, the cringe generation, kamu nggak mau kan jadi bagian dari mereka? Hindari melakukan 5 hal ini sebelum kamu mengetuk tombol post.

1. Nyolong "Content" dari Internet

Hari gini? Netizen masak Copy paste

Hari gini? Netizen masak Copy paste via http://www.healthcareitnews.com

Jadi bagian dari warganet bisa menjadi sebuah tanggung jawab besar, terutama kalo kamu menjadi sorotan warganet lainnya. Atau mungkin kamu adalah seseorang yang sedang berusaha menggeluti industri kreatif.

Penggunaan Stock foto dari situs – situs seperti Flickr, atau shutterstock, merupakan hal yang sangat sering kita temui, namun yang perlu disadari ketika kamu berusaha untuk membangun sebuah Brand Image, entah itu diri kamu sendiri atau sebuah Produk, maka menggunakan stock photo adalah kesalahan fatal. Kamu bisa membuat mereka yang sudah berkecimpung di dunia digital, menanggap kamu kurang niat, atau membuat kamu terlihat malas!

Advertisement

Manfaatin Kamera 13 mega pixel hape kamu! Belajar buat bikin konten sendiri sesimple apapun itu, tutorial di youtube banyak kok!

2. Jangan Kebanyakan Hashtag di Kolom Caption

Hashtag kok di obral

Hashtag kok di obral via http://www.inexxus.com

Menggunakan #hashtag merupakan salah satu cara untuk memberikan penekanan terhadap karya-karya kamu, yang tentunya bisa ngebuat karya yang kamu upload di social media, jadi lebih gampang tersebar. tapi jangan sampai kamu bikin orang jadi "Cringe-ing" gara-gara kolom caption kamu penuh sama banyak banget hashtag nggak jelas, apalagi kalo hashtag yang kamu pakai nggak relate ato bahkan malah bikin geli.

Hemat, dan cermat nulis hashtag di kolom caption bisa bikin post kamu terlihat lebih elegan, atau kalo memang kamu butuh dan harus make hashtag, nulis di komen juga tetep bisa di detect kok sama sistem.

3. Pendapat yang Kelewatan

Free speech sih, tapi kok penuh kebencian?

Free speech sih, tapi kok penuh kebencian? via http://freespeechblog.org

Advertisement

Mudahnya informasi tersebar lewat jejaring sosial, dan betapa aktifnya netizen menyebar dan me-repost konten digital, bisa bikin opini kamu jadi viral dalam hitungan jam, dan inget, yang bisa viral itu ada dua, opini kamu Keren, atau opini kamu malu-malui !

Kalo kamu mau mengeluarkan opini melalui jejaring sosial, berusahalah untuk netral, dan gak terlalu memihak, apalagi terlalu vokal. Yang bagus itu, kalo opini kamu adalah argumen yang disertai evidence yang kuat.

4. Pake Bahasa Asing, Tapi Grammarnya Masih Berantakan

Kamu dapet green light buat pake bahasa inggris, kalo kamu ngerti maksud gambar diatas :p

Kamu dapet green light buat pake bahasa inggris, kalo kamu ngerti maksud gambar diatas :p via https://edit911.com

Nulis caption pake bahasa inggris emang keliatan keren dan juga terkesan lebih pinter, itu, atau kamu bakal terlihat aneh dan sok-sokan kalo ternyata kamu nulis pake bahasa inggris yang grammarnya berantakan!

Mengeluarkan opini dengan bahasa indonesia Itu nggak salah dan bisa tetep kelihatan keren kok! Apalagi kalo ternyata tata bahasa kamu bagus, dan itu bisa bikin kamu jauh lebih keren daripada orang yang sok-sokan pake Bahasa Inggris tapi grammarnya berantakan. Atau, ya kamu belajar dulu Bahasa Inggris yang bener, itu baru keren beneran.

5. Ikut Bikin Viral yang Udah Duluan Viral

Ngapain ikut bikin yang udah viral makin viral?

Ngapain ikut bikin yang udah viral makin viral? via https://argadranie04.tumblr.com

Sering banget kita temuin beberapa akun yang ikut-ikutan seru ketika ada suatu topik yang lagi viral diperbincangan, nggak salah sih, tapi bukan berarti kamu harus ikut-ikutan dong?

Bikin konten di sosial media kamu relevant sama diri kamu, jangan keluar dari topik yang biasa kamu perbincangkan, atau kamu bakal keliatan banget sok-sokan ikut seru. Toh, udah viral kan? Giliran kamu dong mestinya bikin sesuatu yang bisa viral?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya