Inggris menjadi rumah bagi jutaan manusia dari berbagai penjuru dunia dengan latar belakang suku,agama dan budaya yang berbeda-beda. Di Inggris populasi Umat Muslim menempati urutan kedua. Inggris ternyata cukup terbuka dengan keberadaan masyarakat,pendatang serta wisatawan Muslim. Salah satu bukti penerimaan Inggris terhadap Muslim adalah dengan suksesnya penyelenggaraan London Modest Fashion Week yang berlangsung tanggal 17-18 Februari 2018 silam.

Empat nama designer asal Indonesia yakni Dian Pelangi, Jenahara, Ria Miranda dan Vivi Zubedi turut menyemarakkan perhelatan fashion muslim terbesar di Britania Raya ini. Selain itu, banyak Masjid yang tersebar di berbagai sudut Inggris, serta berbagai tempat umum yang dilengkapi fasilitas Prayer Room. Ini tentu sangat melegakan bagi para traveler Muslim, sebab traveler Muslim memang memiliki kebutuhan khusus saat berwisata, yakni dalam urusan menjalankan ibadah dan mencari makanan Halal. Yuk, intip geliat kehidupan Muslim di kota-kota besar di Inggris.

1. London, Kiblat Fashion Dunia dan Secercah Cahaya Islam di Tengah Pusat Kotanya

Selain dikenal dengan Big Ben dan Istana Buckingham sebagai landmark wisatanya. London dikenal sebagai salah satu kiblat fashion dunia. Kota metropolitan yang kini dipimpin oleh Walikota Muslim keturunan Pakistan, Sadiq Khan ini ternyata menyimpan geliat kehidupan Muslim dibalik gemerlap kotanya. London memiliki masjid besar bernama London Central Mosque yang juga sering disebut “Regents Park Mosque” karena berlokasi di Taman Regents.

Advertisement

Masjid yang berdiri tahun 1978 diatas tanah milik kerajaan ini, dihadiahkan kepada komunitas Muslim di Inggris sebagai bentuk penghormatan Kerajaan Inggris terhadap pejuang Muslim yang membantu Kerajaan saat Perang Dunia ke II. Kini Masjid ini mampu menampung ribuan jamaah baik penduduk setempat, pendatang maupun wisatawan yang tengah berjalan-jalan di sekitar pusat Kota London.

Di Timur London juga terdapat Masjid Brick Lane Jamme atau Masjid Jami’ London. Masjid ini beralihfungsi tahun 1976,dari yang semula merupakan bangunan Gereja. Di London, menemukan restoran halal ternyata tidak begitu sulit, sebab di pusat kota terdapat berbagai restoran halal khas Asia dan Timur Tengah.

2. Liverpool, Kampung Halaman The Beatles yang Menyimpan Sejarah Islam di Masa Silam

Liverpool tak hanya dikenal dengan klub sepakbola Liverpool F.C saja. Kecintaan masyarakat Liverpool terhadap musik membuat UNESCO menobatkan kampung halaman grup musik The BEATLES ini sebagai “City Of Music” pada tahun 2015. Kota ini juga menyimpan sejarah Islam di masa silam. Pada abad 19, Liverpool menjadi tempat persinggahan para pedagang Muslim dari India dan Timur Tengah.

Advertisement

Sebuah bangunan tua bernama Masjid Ar-Rahmah yang didirikan pada tahun 1887 di kawasan Brougham Terrace, menjadi saksi sejarah masuknya Islam ke Liverpool di masa itu. Masjid pertama di Inggris ini didirikan oleh seorang pengacara Muallaf, William Henry Quilliam. Masjid ini bahkan telah mendapatkan pengakuan dari Ratu Elizabeth karena merupakan salah satu bangunan ibadah bersejarah di Inggris.

Soal kuliner, setidaknya ada belasan restoran halal di Liverpool yang tersebar di pusat Kota. Di area Bold Street misalnya, terdapat berbagai jajanan halal kaki lima dengan menu makanan khas Lebanon dan Turki seperti Kebab, Shawarma, Hummus dan Koftas . Hmmm penyuka kuliner khas timur tengah pasti dimanjakan di sini.

3. Manchester , Kota Sepakbola yang Juga Dikenal dengan Pusat Kuliner Halal bernama "Curry Mile"

Selain Liverpool, Manchester juga dikenal sebagai kota sepak bola. Kota ini dikenal karena 2 klub sepakbola kebanggaannya Manchester City dan Manchester United. Setidaknya ada 64 masjid yang tersebar di Manchester. Diantaranya adalah Manchester Central Mosque dan The Islamic Academy of Manchester. The Islamic Academy Of Manchester merupakan masjid tertua di Manchester yang dulunya merupakan gereja dan sejak tahun 1837 beralihfungsi menjadi masjid.

Urusan mendapatkan makanan halal di Manchester juga tidaklah sulit, tinggal pergi ke area Curry Mile,Wilmslow Road,Manchester Selatan maka kita akan menemukan berbagai restoran halal sepanjang jalan. Rata-rata restoran menawarkan menu masakan kari, makanya area ini disebut “Curry Mile”. Di area ini juga terdapat supermarket khusus yang menjual produk-produk halal, bernama Manchester Super Store. Makanan yang dijual di sini sudah mendapat sertifikasi halal dari The Halal Monitoring Committee Of U.K, atau Lembaga sertifikasi halal di Britania Raya.

4. Birmingham, Kota dengan Populasi Muslim Terbesar di Inggris. Ada Masjid bergaya Gothic disini. Penasaran?

Green Lane Mosque - BIRMINGHAM

Green Lane Mosque – BIRMINGHAM via https://www.wikipedia.org

Jangan ngaku penggemar cokelat kalau belum datang ke Birmingham. Sebab di sini terdapat landmark wisata khusus bagi pecinta cokelat bernama “Cadburry World”. Objek wisata ini dibuka tahun 1990 oleh sebuah Perusahaan cokelat ternama dunia.Tempat ini akan memberikanmu wawasan baru seputar cokelat,mulai dari sejarah hingga pengolahannya.

Tak banyak yang tau bahwa Kota yang menjadi tempat kelahiran grup musik dunia Black Sabbath ini juga merupakan Kota yang memiliki jumlah populasi Muslim terbesar di Inggris. Sekitar 22% dari total penduduk Birmingham adalah Muslim, jadi jangan heran kalau menemukan masjid dan kawasan kuliner halal di kota ini lebih mudah. Coventry Road, adalah kawasan yang sangat populer di Birmingham, di sini terdapat banyak restoran dan jajanan halal.

Di Birmingham ada sebuah Masjid yang terkenal, namanya Masjid Green Lane, dari luar masjid ini memang tidak tampak seperti masjid pada umumnya, sebab bangunan ini merupakan perpustakaan dan tempat pemandian umum yang dibangun pada tahun 1890, yang kemudian dialihfungsikan menjadi Masjid. Bangunan Masjid tua bergaya gothic ini kini dijadikan pusat kajian Islam di Birmingham sekaligus pusat belajar pagi penghafal Al-Quran di Inggris.

5. Oxford, "Jogja-nya Inggris" yang Sangat Ramah Terhadap Pelajar Muslim. Potterhead Wajib ke Sini!

The Great Hall,

The Great Hall, via https://www.wikimedia.org

Banyak pelajar didunia pernah bermimipi bisa kuliah di Universitas Oxford.Tapi kalau mimpi itu tak kesampaian, jangan bersedih kamu tetap bisa kok datang berwisata menjajali keunikan Universitas Tertua di U.K ini. Lokasi wisata yang wajib kamu kunjungi disini adalah Christ Church College yang dijadikan lokasi syuting Harry Potter yaitu “Hogwarts Dining Hall”. Potterhead pasti hafal betul, hampir di setiap serialnya lokasi ini muncul.

Ruang ini adalah tempat untuk para pelajar Hogwarts berkumpul saat makan malam atau ketika ada peristiwa penting. Lokasi ini bertempat di The Great Hall, Christ Church College, Universitas Oxford. Urusan berburu makanan halal dan tempat ibadah tak terlalu sulit di Oxford, sebab di kota ini ribuan pelajar Muslim dari berbagai Negara Islam datang untuk melanjutkan studinya. Di sekitar area Cowley Road, terdapat berbagai restoran dengan sertifikasi halal Internasional. Setidaknya ada 8 masjid di Oxford, belum termasuk prayer room yang tersedia di berbagai fasilitas umum. Masjid yang terkenal adalah Central Oxford Mosque, yang berlokasi di Manzil Way yang berada tak jauh dari Universitas Oxford.

6. Booking Tiketmu Segera, dan Wujudkan Liburan Impianmu ke Inggris Raya!

Kalau kamu sudah tidak sabar ingin segera mewujudkan liburan impian ke Inggris, kebetulan banget! Karena Etihad Airwyays sedang menyelenggarakan Promo tiket PP Jakarta-London mulai dari Rp 12.920.000. Tiket ini bisa kamu pesan online sebelum 18 Februari 2018 untuk keberangkatan tanggal 19 Februari-31 Juli 2018. Kunjungi www.visitbritain.com untuk infromasi lengkap seputar pariwisata U.K dan www.wego.co.id untuk menemukan tiket pesawat dan voucher hotel dengan harga terbaik ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya