Menerima Diri Sendiri: Yuk Kenali Dirimu dengan Metode Journaling!

Menerima diri sendiri adalah kunci utama untuk self-love

Menerima diri sendiri adalah kunci utama untuk self-love. Namun pertanyaannya adalah apakah semua orang sudah menerima diri mereka sendiri? Lantas bagaimana jika kamu masih belum mengenal dirimu dan kesulitan mencintai diri sendiri?

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengenali dan menerima diri sendiri, namun disini hanya akan membahas satu cara yang efektif dan juga menyenangkan, apalagi kalau bukan “journaling”.

Journaling adalah kegiatan untuk merekam kejadian sehari-hari berupa tulisan pada sebuah buku. Buku tersebut dinamakan dengan journal book. Lantas, apa saja sih yang bisa ditulis dalam journal book itu? Pastinya banyak banget, dan berikut ini adalah hal-hal yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi buku jurnal kamu:

Advertisement

1. Kenalan yuk!

Photo by Lukas

Photo by Lukas via https://www.pexels.com

Pada bagian ini, kita bebas menulis apapun tentang diri kita, anggap saja seolah-olah sedang memperkenalkan diri kepada orang lain.

Pelan-pelan hal ini membuat kita mampu menyadari dan mengenali diri kita bahkan dari sisi yang sebelumnya tidak kita dan orang lain sadari.

Advertisement

2. Menerima diri: aku baik dalam atau apa saja yang membuat aku senang

Photo by Miguel Constantin Montes

Photo by Miguel Constantin Montes via https://www.pexels.com

Ketika melakukan ini, jauhkan pikiran bahwa kita adalah orang yang narsis. Cari sebanyak-banyaknya sisi positif yang ada dalam diri kamu lalu tulis dalam bagian ini.

 Menulis kebaikan yang ada dalam diri sendiri bisa membuat kita menyadari serta menggali potensi baik yang bisa dijadikan semangat dan juga pengingat saat suatu hari nanti kita merasakan kurang percaya diri.

3. Tujuanku atau daftar harapanku

Advertisement
Photo by Negative Space

Photo by Negative Space via https://www.pexels.com

Tidak ada salahnya dengan mempunyai mimpi yang tinggi. Dari hal itu akan membuat kita memiliki banyak harapan.

Dengan menulis harapan dan tujuanmu di masa yang akan datang, maka dapat membangkitkan motivasi untuk mencapainya. Jangan lupa centang atau beri tanda ya kalau ada yang sudah tercapai!

4. Pengingat untuk diriku

Photo by Bruce Mars

Photo by Bruce Mars via https://www.pexels.com

Setelah menulis tentang harapan dan tujuan, pasti muncul motivasi yang besar untuk mencapainya. Namun jangan lupa untuk mengingatkan diri sendiri dalam menjalani hidup dengan segala harapan dan tujuan yang akan dicapainya.

Lagi-lagi jangan takut untuk dianggap aneh karena bicara dengan diri sendiri. Justru dengan menulis banyak pengingat untuk diri sendiri dapat menjauhkan kita dari hal yang tidak kita harapkan lho.

5. Menerima diri sendiri : apa yang harus aku perbaiki?

Photo by Min An

Photo by Min An via https://www.pexels.com

Mengenal dan menerima diri sendiri bukan hanya untuk menyadari dan memahami sisi baiknya saja lho! Namun penting juga untuk menyadari apa yang kurang baik dalam diri ini.

Terlepas dari kita hanya manusia sehingga tidak ada yang sempurna, menulis hal yang kurang baik dalam diri sendiri bisa membuat kita sadar dan menerima kekurangan yang ada dalam diri kita.

Selain untuk membuat kita berdamai dengan diri sendiri, hal ini juga dapat membuat kita termotivasi untuk memperbaikinya.

6. Menerima diri sendiri : lembar bersyukur

Photo by Panos Sakalakis

Photo by Panos Sakalakis via https://www.pexels.com

Buatlah halaman dimana kamu bisa menulis segala hal baik yang sudah kamu dapatkan, bukan hanya pencapaian besar, namun semuanya bisa kamu tulis disini.

Hal ini dapat membuat kamu menyadari bahwa akan selalu ada hal baik pada segala yang kamu temui dan lakukan, bahkan pada sesuatu yang kamu pikir buruk sebelumnya.

Dengan membiasakan menulis buku jurnal tentang diri sendiri, maka pelan-pelan akan membantu kamu untuk menerima dan berdamai dengan diri sendiri. Jangan lupa untuk mencoba ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE