United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau yang kita kenal sebagai United Kingdom secara umum kita kenal dengan sebutan Britania Raya/Inggris Raya, yakni negara kepulauan berdaulat yang berada di Eropa. Uniknya, sebagaimana Tiongkok yang memiliki wilayah administrasi khusus yakni Hong Kong dan Makau, di United Kingdom terdapat juga 3 (tiga) wilayah khusus yang termasuk dalam Dependensi Kerajaan Britania.

Depedensi Kerajaan, apa itu? Jadi, ketiga wilayah ini diberikan yurisdiksi independen sehingga memiliki kedaulatan dan pemerintahan tersendiri serta kekuatan untuk mengesahkan undang-undang. Wilayah ini tidak merupakan bagian Britania Raya ataupun Uni Eropa namun tetap dimiliki oleh Kerajaan Britania Raya dan tetap menjadi anggota Dewan Britania-Irlandia. Menarik, bukan?

Saya sendiri baru mengetahui keberadaan 3 wilayah ini saat berkenalan dengan salah seorang postcrosser atau pegiat kartu pos yang bernama James Parrish yang tinggal di Isle Of Man, salah satu wilayah yang termasuk dalam Depedensi Kerajaan Britania.

Yuk, saya ajak untuk mengenal lebih dekat ketiga wilayah Dependensi Kerajaan Britania itu.

1. Kaki Tiga di Pulau Man

Keindahan Road of The Gull

Keindahan Road of The Gull via https://www.visitisleofman.com

Saat pertama kali melihat flag of Mann atau bendera Pulau Man yang dalam bahasa setempat disebut dengan brattagh vannin, saya tertawa geli mengingat gambar yang ada di bendera tersebut menggunakan simbol triskelion yang memperlihatkan tiga lapis baja kaki dengan taji emas berlatar belakang warna merah. Lambang ini telah resmi digunakan sejak tahun 1931 didasari lambang Manx kuno bernama ny tree cassyn atau the three legs. Hmm, mirip dengan lambang salah satu merek produk larutan penyegar, ya!

Nah, pulau sekecil itu ternyata menyimpan sejarah yang panjang.

Advertisement

Lantas, objek wisata apa saja yang ada di wilayah seluas 572 km2 ini? Beberapa objek wisata terkenalnya antara lain Laxey Wheel yakni kincir air besar yang dikenal dengan nama Lady Isabella yang dibangun pada tahun 1854 di lereng bukit Desa Laxey di Pulau Man.

Bangunan-bangunan tua dan bersejarah juga dengan mudah ditemukan di sana. Misalnya saja Milner’s Tower yakni menara setinggi 116 meter yang berada di tepi tebing. Lalu, ada pula The Parish Church of St. Jhon The Baptist, Gereja Victoria indah yang memiliki peran ganda sebagai Gereja Paroki dan Gereja Nasional. Lalu ada juga Rushen Abbey yang merupakan biara yang letaknya tak jauh dari Kastil Rushen dan Sungai Silver Burn.

Beberapa museum keren juga terdapat di Pulau Man ini. Misalnya saja Manx Aviaton & Military Museum, atau juga The National Folk Museum yang memiliki berbagai macam koleksi benda yang menggambarkan sejarah Isle of Man secara keseluruhan.

Advertisement

Lalu, bagaimana dengan alamnya? Tentu saja Pulau Man punya beberapa yang jadi andalan wisata. Misalnya saja Pantai Marina, Taman Mooragh yang memiliki sebuah danau besar dan yang tak ketinggalan adalah Road of The Gull, jalur lintas alam yang memiliki panorama yang sangat indah. Keindahan pulau ini memang sudah diakui dan bahkan dijadikan lokasi syuting beberapa film, termasuklah film Harry Potter and The Chamber of Secrets.

2. Postcard from Isle of Man

Isle of Man atau Ellan Vannin ini merupakan pulau yang telah dihuni sebelum 6500 SM. Sebagai salah satu dari enam wilayah Celtic, maka pengaruh budaya Celtic cukup kental dan sudah ada sejak abad ke-5 masehi dengan adanya Bahasa Manx yang merupakan pengembangan dati Bahasa Gaelic. Pulau Man juga merupakan pos terluar kerajaan Viking dari tahun 700 hingga 900.

3. Superman dari Jersey

Kemegahan Mont Orgueil Castle

Kemegahan Mont Orgueil Castle via http://www.vibrantjersey.je

Dua wilayah lain dari Dependensi Kerajaan Britania berada di Kepulauan Channel yang berbatasan dengan Perancis. Salah satunya yakni Jersey yang secara resmi bernama Bailiwick of Jersey yang dulunya pernah diduduki oleh Nazi Jerman semasa Perang Dunia II.

Jersey juga menyimpan banyak sekali objek wisata yang menarik. Bagi pengunjung yang suka sejarah maka sangat cocok mendatangi Jersey Way Tunnels, yakni terowongan yang dijadikan tempat persembunyian dan penyimpanan amunisi selama pendudukan Nazi. Museum lain yang tak kalah menarik adalah Maritime Museum & Occupation Tapestry Galerry dan juga Jersey Museum.

Sebagai pecinta kasil, rasanya tak lengkap jika belum berkunjung ke Mont Orgueil Castle yang selama 600 tahun melindungi Jersey dari serbuan Perancis. Ada lagi Baterry Lothringen yang dulu digunakan sebagai baterai artileri pesisir Perang Dunia II.

Jersey juga memiliki beberapa pantai yang jadi incaran wisatawan. Misalnya saja Pantai Beauport, St.Brelade’s Bay Beach, Plemont Bay dan masih banyak lagi. Lantas, apa hubungan sub-judul superman di tulisan ini? Yakni karena Henry Cavill si pemeran Superman ternyata dilahirkan di Jersey.

4. Postcard from Bailiwick of Jersey

Kartu pos dari Jersey yang diterima salah seorang teman saya.

Kartu pos dari Jersey yang diterima salah seorang teman saya. via http://yanitadc.blogspot.co.id

Bayangin kalau kamu bisa ke sini bareng teman-temanmu, pasti seru.

5. Guernsey si Pulau Tanduk

Salah satu sudut ruangan di rumah Victor Hugo

Salah satu sudut ruangan di rumah Victor Hugo via http://museums.gov.gg

Ini wilayah Dependensi Kerajaan Britania yang terakhir, yakni Bailiwick of Guernsey yang juga berada di Kepuluan Channel. Guernsey mencakup lebih dari sepuluh paroki termasuk pulau-pulau kecil seperti Pulau Herm, Jethou dan Lihou.

Guernsey dan Jersey berasal dari Bahasa Norse kuno. Kedua nama tersebut memiliki elemen “-ey” di belakangnya yang berarti “pulau”. Sedangkan, “guern” sendiri berasal dari Bahasa Spanyol “Cuerno” yang berarti “tanduk”. Jadi, Guernsey dapat diartikan Pulau Tanduk yang memang jika dilihat dari atas bentuknya seperti tanduk.

The Guernsey Tapestry, Fort Gret & Shipwreck dan La Vallette Underground Military adalah beberapa nama museum terkenal yang ada di sana. Masing-masing memiliki koleksi tematik yang beragam. Guernsey Tapestry misalnya, museum yang terdiri dari sepuluh panel yang dijahit oleh penduduk setempat ini menjelaskan kejadian yang berlangsung di masa lampau. Keren!

Sebagaimana Pulau Man dan Jersey, pantai juga jadi pemikat wisatawan yang datang ke Guernsey. Beberapa pantai yang terkenal akan keindahannya seperti Shell Beach, Vazon Bay, Belvoir Bay Beach dan Petit Bot Bay Beach.

Sebagai pengemar bangunan tua, di Guernsey hal itu juga dengan mudah ditemukan. Salah satu yang menarik adalah Hauteville House, yakni rumah yang ditempati oleh penulis terkenal Victo Hugo yang telah menelurkan karya luar biasa seperti Les Miserables atau salah satu kisah yang menemani masa kecil saya dulu yakni The Hunchback of Notre-Dame. Bangunan bersejarah lain yang ada di Guernsey misalnya Sausmarez Manor dan Kastil Cornet.

6. Postcard from Bailiwick of Guernsey

Kartu pos Guernsey yang saya terima. Sayang prangkonya hilang.

Kartu pos Guernsey yang saya terima. Sayang prangkonya hilang. via http://omnduut.blogspot.co.id

Jadi, Inggris Raya itu tidak hanya sebatas London. Masih banyak sekali tempat-tempat menarik yang dapat dijadikan sebagai tempat destinasi wisata tujuan. Termasuklah ketiga wilayah Dependensi Kerajaan Britania ini. Gimana, yakin nggak mau mendatangi tempat-tempat indah itu? #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya