Mengenal Crab Mentality, Sifat Iri dan Tak Ingin Melihat Orang Lain Sukses

Karakteristik crab mentality

Kalau kalian pernah melihat video atau melihat secara langsung para penangkap kepiting, pasti kalian bertanya-tanya, kenapa mereka memasukkan kepiting hasil tangkapan ke dalam ember tanpa khawatir kepiting mereka lepas? Ketika ada salah satu kepiting yang berusaha naik untuk ke luar, kepiting lain akan menariknya supaya masuk lagi ke dalam ember.

Nah, ternyata manusia juga punya sifat yang mirip seperti kepiting-kepiting itu. Sifat ini dinamakan crab mentality alias mental kepiting. Crab mentality ini digambarkan dengan sifat seseorang yang merasa iri dengan keberhasilan orang lain, sehingga dia berusaha untuk menarik orang tersebut agar semakin jauh dari kesuksesannya.

Berikut ini ciri-ciri orang dengan crab mentality supaya kalian bisa waspada dengan keberadaan mereka.

Advertisement

1. Tidak suka mendapat kritik

 Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels via https://www.pexels.com

Tanda kalau seseorang punya crab mentality adalah ketika ia sulit menerima kritikan yang ditujukan untuk dirinya. Dia merasa lebih tahu segala hal lebih baik dibandingkan orang lain. Perasaan paling benarnya selalu mendominasi sehingga menganggap orang lain tidak lebih mengerti dari dirinya.

2. Membicarakan keburukan orang lain

Foto oleh Keira Burton dari Pexels

Foto oleh Keira Burton dari Pexels via https://www.pexels.com

Crab mentality akan senang membicarakan keburukan dan kesalahan orang lain daripada harus memuji mereka. Bagi mereka tidak ada orang yang lebih baik dari dirinya. Dengan membicarakan keburukan orang lain, mereka semakin merasa dirinya yang terbaik.

Advertisement

3. Melimpahkan kesalahan kepada orang lain

 Photo by Alex Green from Pexels

Photo by Alex Green from Pexels via https://www.pexels.com

Bagi orang yang memiliki crab mentality mereka tidak ingin terlihat salah sehingga mereka melimpahkan kesalahan kepada orang lain.

4. Merasa dirinya paling baik

 Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Orang dengan crab mentality memandang dirinya yang paling hebat dalam segala hal. Sehingga jika ada orang lain yang dapat melakukan hal yang lebih baik, mereka akan merasa iri.

5. Tidak menyukai kerja sama

 Photo by Ivan Samkov from Pexels

Photo by Ivan Samkov from Pexels via https://www.pexels.com

Orang yang memiliki crab mentality melihat orang lain sebagai musuh, sehingga mereka lebih menyukai mengerjakan suatu pekerjaan sendiri daripada harus berbagi pengetahuan dengan orang lain. Kalau kamu bertemu dengan orang seperti ini sebaiknya hati-hati, karena sifat iri mereka akan mendorong mereka untuk menarik kamu berada satu level dengan mereka.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Afifah Iftah merupakan sarjana psikologi yang juga menyukai membaca berbagai genre buku dan saat ini sedang mempelajari content writing.

CLOSE