Ada pepatah bijak pernah berkata "menguasai bahasa asing, bagaikan kita telah mengenggam dunia". Yah kurang lebih seperti itu. Memang menguasai bahasa asing sudah merupakan suatu kewajiban. Betapa tidak, menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Arab, Jerman, Perancis, Cina, dan lain-lain, memiliki manfaat. Salah satunya kalau kita ingin menuntut ilmu di negeri orang, bukan hanya kepandaian dalam bidang studi yang kita ampu di sana, namun berinteraksi menggunakan bahasa mereka itu menjadi "barang" yang harus mereka miliki.

Berbagai cara ditempuh oleh orang-orang untuk dapat menguasai bahasa asing tersebut. Selain mereka dapatkan bahasa asing melalui pendidikan formal (sekolah), ada juga yang mengikuti les di tempat bimbel ataupun les privat, tapi hal tersebut pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pernah suatu ketika teman saya memutuskan kursus bahasa Inggris di salah satu tempat bimbel terkemuka di kota saya berdomisili, dia harus membayar setidaknya 1,5 juta per bulan, dan ia mengikuti program TOEFL dengan ia membayar 2 juta-an per bulan. Cukup banyak nggak sob ?

Nah, berikut kami siapkan kepada kalian, cara-cara mahir berbahasa asing, tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun...

1. Cari Buku, Koran, atau Artikel lainnya tentang bahasa Asing yang ingin kamu kuasai

Carilah buku tentang bahasa Asing yang ingin kamu kuasai, yang dianggap bisa memfasilitasi kamu untuk kuasai bahasa Asing. Ndg usah banyak cukup 1 atau 2 buku aja kmudian kamu kembangkan, lebih bagus buku tersebut menyertakan contoh kalimat sederhana dan kamu kembangkan kalimat apa yang kamu ingin gunakan tentunya dengan bantuan kamus sebagai alat bantu mencari kosakata yang ingin kamu masukkan ke kalimat.

Cara yang lain dan juga tidak memakan banyak biaya yakni mencari koran atau artikel yang berbahasa Asing di Internet< cuma bermodalkan laptop/komputer dan modem, kamu akan akan mendapatkan banyak artikel berbahasa asing.. Contoh bahasa Inggris ada http://www.bbc.com/, kemudian berbahasa Arab ada http://www.aljazeera.net/portal, bahasa Jerman http://www.dw.com/de/themen/s-9077, dan masih banyak lagi..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya