Masa muda adalah masa dimana seseorang membiarkan dirinya mencoba berbagai hal baru. Kegagalan, himpitan, tekanan, makian, persoalan, tuntutan tak jarang menemani setiap langkah orang muda. Oleh karena itu, berikut ini beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui agar kamu menjadi pemuda tangguh yang tidak kenal kata menyerah - karena kegagalan, himpitan, tekanan, makian, persoalan dan tuntutan - tidak bisa dijadikan alasan untuk menyerah, kawan.

1. Memiliki mental yang tangguh

Kekuatan fisik, otot, kebugaran, tidak berarti seorang pemuda memiliki mental yang kuat pula. Faktanya, begitu banyak pemuda yang sering membanggakan otot kuat yang mereka punya tapi tak memiliki mental yang kuat. Pemuda dengan mental yang kuat adalah pemuda yang tidak membiarkan dirinya terpuruk karena segala macam kegagalan dan tekanan, melainkan yang sanggup selalu bangkit dari kegagalan tersebut dan terus mencoba sampai mendapatkan apa yang diinginkan.

2. Percaya diri

Semua orang dikaruniai kekurangan dan kelebihan, itu sebabnya sering kali banyak orang yang merasa minder atau kurang percaya diri terhadap kekurangan dirinya, mereka lupa bahwa sebenarnya kekurangan dan kelebihan berada di satu garis yang sama. Oleh karena itu, pemuda, carilah apa yang menjadi kelebihan dirimu dan pacu untuk terus maju serta terus mau belajar untuk memperbaiki kekurangan diri sendiri.

3. Jadi diri sendiri

Advertisement

Be yourself via http://Adigraphs.com

Zaman maju sekarang ini, pemuda disuguhkan dengan banyak hiburan dan tontonan yang bisa dijangkau kapan saja. Hiburan dan tontonan tersebut bisa membawa dampak yang baik bila kamu bijak memilahnya. Jangan mengikuti arus dengan mengikuti hal-hal yang tidak baik melainkan jadilah dirimu sendiri tanpa terengaruh. Mengambil yang positif untuk dilakukan dan membuang jauh-jauh yang negatif.

4. Berada dalam kumpulan orang-orang yang positif

Hindari pergaulan yang negatif. Pergaulan yang negatif akan membawamu pada pemikiran yang negatif pula. Saat kamu membiarkan dirimu berpikiran negatif, maka kamu akan dengan mudah memandang segala sesuatu dengan negatif. Sebaliknya, beradalah dalam pergaulan yang positif karena hal positif akan membangun mental yang positif pula dan otomatis kamu tidak akan mudah menyerah bila kegagalan menghampirimu

5. Mengakui kelemahan

Strength and weakness via http://KennedyPearce.com

Pemuda tangguh bukanlah pemuda yang selalu benar, namun, pemuda yang mengetahui kelemahan dan mau memperbaikinya. Saat kamu dengan jelas mengetahui kelemahanmu maka kamu akan lebih siap untuk memperbaikinya. Kelemahan diri juga sering menjadi penyebab seseorang mudah menyerah karena terlalu terpuruk dan terfokus pada kelemahan itu sendiri. Jangan terfokus pada kelemahan, tapi akuilah kelemahanmu dan fokus pada perbaikan diri sendiri.