Hampir disemua penelitian menyebutkan jika sarapan adalah bagian terpenting yang harus diusahakan di setiap pagi demi dapat beraktivitas secara maksimal. Namun alih-alih memenuhi kewajiban tersebut kita sering kali memilih menu sarapan yang tidak seimbang karena mengandung karbohidrat tinggi namun minum protein, serat dan vitamin. Menurut laman Go Dok menu yang sarapan yang tidak sesuai dengan kesehatan akan bedampak buruk karena akan menyebabkan obesitas dan gangguan medis. Jadi, sebelum terlambat ada baiknya kita cari tahu jumlah kalori dan kandungan gizi dari macam-macam menu sarapan orang indonesia, berikut!

1. Nasi Kuning, menu sarapan yang super yummy!

Nasi kuning oh Nasi Kuning

Nasi kuning oh Nasi Kuning via https://www.google.co.id

Tempe orek, irisan telur, teri dan bihun adalah beberapa lauk pelengkap yang pada nasi kuning. Dari banyaknya lauk, ternyata sepiring nasi kuning (105gr) mengandung 110 kkal (21,9 gr karbohidrat, 0.19 gr lemak dan 1,98 gr protein). Yakin mau sarapan ini setiap hari?

2. Nasi Uduk, menu sarapan jawara dari tahun ke tahun

Nggak susah buat nemuin penjual nasi uduk di sekitar kok. Nah, penjualnya sendiri biasanya dipanggil mpok-mpok tanda si ibuk berdarah betawi. Biar nggak sering-sering sarapan nasi uduk ternyata seporsi nasi uduk ukuran +/- 160gr mengandung 260kkal dengan 32,84 gr karbohidrat, 12,5 gr lemak, dan 4,07 gr protein. Hati-hati gemuk ya!

3. Lontong Sayur! Kuahnya itu lho!

makan pake kerupuk sih lebih endess!

makan pake kerupuk sih lebih endess! via https://www.google.co.id

Advertisement

Hati-hati! Khusus bagi Anda yang sedang menjalani program diet, punya riwayat sakit jantung, atau mempunyai masalah dengan penyempitan pembuluh darah jangan sering-sering sarapan dengan menu ini ya! Karena dalam semangkuk lontong sayur mengandung 357 kkal dengan 59,1 gr karbohidrat, 8,39 gr lemak, dan 11,11 gr protein, untuk satu porsinya sebanyak 400 gr.

4. Nasi Pecel! Ngiler

Meski pun mengandung banyak sayuran namun kalori dari sepiring nasi pecel cukup buat geleng-geleng kepala; 38,09 gr karbohidrat, 11,2 gr lemak, dan 7,9 gr protein. luar biasa kan?

5. Bubur + Sate + Kerupuk = Mantaps

Selain nasi uduk, bubur ayam merupakan salh satu meenu favoritnya orang Indonesia dan mungkin termasuk kamu. Ini dia kalori dan kandungan gizi dari semangkok bubur adalah 372 kkal dengan 36,12 gr karbohidrat, 12,39 gr lemak, dan 27,55 gr protein.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya