Menurut Peneliti, Ini 6 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Sebelum Tidur

Pernahkah tubuh dan pikiranmu menolak untuk terlelap?

Pernahkah tubuh dan pikiranmu menolak untuk terlelap? Seakan-akan pikiranmu terus bekerja membayangkan sesuatu, entah itu masalah yang sedang kamu hadapi atau sekedar angan-angan semata. Ya, mungkin kamu mengalami serangan insomnia.

Menurut American Academy of Sleep Medicine, ada sekitar 30 hingga 35 persen orang di AS mengalami gejala insomnia jangka pendek, sekitar 20 persen selama sekitar tiga bulan, dan sekitar 10 persen berjuang dengan insomnia secara kronis. Pada dasarnya, ada beberapa dari kita yang membutuhkan sedikit tips dan trik untuk mengatur jadwal tidur kita. Di bawah ini, beberapa ahli menyarankan kamu untuk melakukan hal-hal ini.

1. Minum segelas air putih sebelum dan ketika bangun tidur

Minum air putih

Minum air putih via https://www.google.com

Menurut Drs. Kirti Salwe Carter dan Rob Carter III, penulis buku The Morning Mind, otak manusia memiliki massa yang lebih kecil di pagi hari, karena distribusi cairan di seluruh tubuh dan jangka waktu yang lama tanpa mendapatkan asupan hidrasi ketika tidur.

Advertisement

Otak yang lebih besar dan terhidrasi berarti meningkatkan aliran darah, lebih banyak oksigen, dan ketersediaan nutrisi memungkinkan peningkatan tingkat konsentrasi, peningkatan suasana hati, dan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Posisi tidur yang tepat

Posisi tidur

Posisi tidur via https://www.google.com

Posisi yang salah dapat mengganggu pola tidur seseorang, seperti yang dikatakan Drs. Carter.

Menurut ahli, ketika tidur telentang sebaiknya leher dan kepala harus sejajar dengan tubuh. Hindari bantal yang terlalu tebal dan tinggi, karena jika bantal terlalu tinggi dan besar maka akan mendorong kepala ke depan, menekuk tulang belakang secara gak wajar dan menyebabkan ketidakseimbangan fisik.

3. Matikan lampu utama

Matikan lampu

Matikan lampu via https://www.google.com

Advertisement

Matikan lampu utama yang terlalu terang dan matikan komputer atau gadget jika kamu ingin mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

“Produksi hormon melatonin sangat penting untuk mengatur pola tidur, dan diperlukan kegelapan untuk memproduksinya,” ungkap Drs. Carter. “Jadi pada jam-jam sebelum tidur, sangat bermanfaat untuk membatasi paparan cahaya.”

4. Bersihkan kamar sebelum tidur

Memberishkan kamar

Memberishkan kamar via https://www.google.com

Terutama jika ruangan kamarmu berantakan, kamu perlu membersihkannya sebelum tidur. Menurut survei pada tahun 2017 yang dilakukan oleh Ketchum Global Research and Analytics, bertanya kepada lebih dari 1.000 orang dewasa AS berusia 18 tahun ke atas tentang kebiasaan mereka membersihkan kamar sebelum tidur, 37 persen mengatakan bahwa mereka merasa bisa lebih relax ketika ruang kamar mereka dirapikan.

Setidaknya ruang kamar yang bersih akan membantu kamu merasa sedikit lebih nyaman.

5. Buat ritual sebelum tidur

Membaca buku sebelum tidur

Membaca buku sebelum tidur via https://www.google.com

Ritual di sini bukan ritual yang aneh-aneh ya! Kamu bisa melakukan sedikit aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan instrumen yang lembut, atau melakukan apapun ritual ringan yang setidaknya membuat kamu terlelap.

Seperti yang dikatakan Dr. David Volpi, pendiri EOS Sleep Centers, “Buat ritual pengantar tidur yang santai, seperti mandi air hangat atau membaca majalah. Penting untuk bersantai sebelum tidur.”

6. Tidur tepat waktu

tidur tepat waktu

tidur tepat waktu via https://www.google.com

Dengan menjaga pola jam tidurmu secara baik, kamu akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Nggak cuma itu, kamu pun bisa bangun dengan tubuh yang segar.

Coba terapkan 6 cara diatas agar kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak, nggak ada salahnya dong untuk menghindari insomnia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

CLOSE