Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang mempunyai banyak destinasi wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Sepakung adalah nama sebuah desa kecil di atas bukit yang terletak di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Ya, sebuah desa kecil di lembah gunung telomoyo yang membuat saya bersyukur tanpa henti ketika menikmati keindahannya. Perkenalkan, Desa Sepakung surga tersembunyi yang wajib kamu kunjungi...

Lakukan perjalanan. Jadilah terasing. Tersesatlah tanpa takut. Selami laut. Daki gunung. Negeri ini indah. Kau hanya perlu memulai. -Fiersa Besari

1. Wisata Kali Kulon

Ibarat pintu selamat datang dari surga tersembunyi, Kali Kulon merupakan objek wisata yang akan terlebih dahulu kamu temui ketika berkunjung ke Desa Sepakung. Pemandangan pedesaan yang asri serta hamparan sawah akan kamu temui disana, serta menikmati sejuknya udara sambil bersantai di rumah pohon. Kamu akan jatuh cinta dengan keindahan alam di wisata satu ini, ya gimana ya abisnya gokil gilaaaaak!!!

2. Wahana sky bike

Wahana sky bike

Wahana sky bike via https://www.instagram.com

Sky bike merupakan wahana hits di Kali Kulon, wahana sky bike akan mengajak kamu menikmati keindahan alam Sepakung sambil gowes–gowes parno, nggak kalah dengan wisata hits kekinian lainnya, kan??? Makanya kamu harus coba wahana yang satu ini karena di samping menguji adrenalin sky bike juga bakal bikin kamu ketagihan karena sensasi nervous nagih liat pemandangan disekitarnya yang ajib abis.

3. Bukit marep mungkur

Bukit Marep Mungkur

Bukit Marep Mungkur via https://www.instagram.com

Advertisement

Tak jauh dari Kali Kulon terdapat wisata yang tak kalah indah yaitu bukit Marep Mungkur. Perjalanan menuju bukit Marep Mungkur memang sedikit ekstrim dan terjal namun kamu tidak perlu khawatir karena setelah melewatinya kamu akan disuguhkan mahakarya Tuhan yang tiada dua.

Jika ingin melihat golden sunrise kamu dapat melakukan perjalanan naik ke bukit Marep Mungkur di pagi hari dan kamu juga bisa ngecamp di Mbalong Camp Ground yang terletak persis di bawah bukit Marep Mungkur agar kamu dapat melakukan perjalanan naik ke bukit Marep Mungkur pada pagi hari.

4. Gumuk Reco

Gumuk Reco adalah destinasi selanjutnya setelah Kali Kulon dan Marep Mungkur. Pesona Gumuk Reco yang tak kalah indah dari mimpimu membuat para wisatawan betah berlama–lama di sana, Gumuk Reco merupakan tempat wisata yang terletak di atas tebing menyuguhkan pemandangan alam yang membuat mata tak ingin berkedip, indaaaaaah bangetttttt . . .

Advertisement

Di sana juga terdapat berbagai spot untuk berfoto yang unik dan instagramable abis. Salah satunya adalah sarang burung raksasa yang sekarang lagi trending banget disana, banyak muda mudi yang rela ngantri demi mengambil gambar di spot kece ini.

5. Wahana ayunan langit

Wahana ayunan langit

Wahana ayunan langit via https://www.instagram.com

Bagi kamu yang hobi uji nyali, tenang aja di sana ada wahana ayunan langit yang bisa kamu coba. Wahana ayunan langit ini masih bagian dari Gumuk Reco, kamu wajib coba wahana satu ini karena di sana kamu bakal ngerasain parno-parno asyik. Eitssss… jangan khawatir wahana ini safety kok, jadi buruan datang dan cobain sensasinya.

6. Cemoro sewu

Destinasi berikutnya adalah Cemoro Sewu. Cemoro Sewu merupakan hamparan hutan cemaran yang mempesona, menyuguhkan ketentraman hijaunya hutan cemara yang akan membuat jatuh cinta para penikmatnya. Cemoro Sewu belum terlalu ramai dikunjungi sehingga cocok bagi kamu yang memuja ketenangan. Di Cemoro Sewu juga terdapat spot favorit yaitu di bibir tebing yang menghadap langsung ke hutan cemara. Waaah keren kan?

Itulah beberapa bagian dari surga tersembunyi di lembah Telomoyo, selain tempatnya yang indah dan menakjubkan, di sana juga terdapat makanan dan minuman khas yang merupakan produksi rumahan oleh Kelompok Wanita Tani Desa Sepakung. Salah satu makanan khasnya adalah kripik daun pegagan dan untuk minuman khasnya ada gula semut yang cara menikmatinya diseduh dengan air hangat. Tidak hanya itu, keramahan penduduk Desa Sepakung juga membuat para wisatawan betah berlama–lama di sana. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kamu tidak mengunjungi desa nan manawan satu ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya