Merasa Hidupmu Sedang Tak Baik-baik Saja? Yuk Coba Atasi dengan Cara Ini

Trik mengatasi rasa sedih

Hidup memang selalu penuh lika-liku. Masalah bisa jadi datang tanpa permisi. Seperti itulah gambaran realita yang kamu jalani saat ini. Tak jarang hal ini membuatmu down dan sedih berkepanjangan. Memang tak mudah menghadapi masalah yang datang bertubi-tubi. Kamu bahkan mulai pesimis, merasa ragu apakah kamu bisa mengatasi semua masalah ini atau tidak.

Teman, cobalah tarik napas panjang sebentar. Ijinkan penulis berbagi sedikit tips untukmu yang sedang merasa hidupmu tak baik-baik saja. Siapa tahu tips ini akan memberimu sedikit kekuatan lagi setelah membacanya.

Advertisement

1. Jangan abai pada rasa sedih dan luapkan saja

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Foto oleh cottonbro dari Pexels via https://www.pexels.com

Manusiawi jika kamu merasa sedih. Hei, kamu sedang menghadapi masalah lho, tidak ada salahnya kamu merasa sedih. Betul kan?

Luapkan saja rasa sedihmu. Biarkan mereka mengalir, layaknya air keruh mengalir setelah mengendap sekian lama. Keluarkan semua uneg-unegmu entah itu lewat tangisan, tulisan, ataupun teriakan. Ekspresikan saja, sebab kamu pantas bersedih atas semua masalah ini. Misalnya dengan tangisan, bukan berarti kamu akan terlihat lemah.

Advertisement

Justru dengan menangis dan mengakui  semua ini melelahkan akan membuatmu kokoh kembali. Maka akan sangat bagus jika kamu jujur pada diri sendiri dan memberikan ruang untuk mengeluarkan semuanya. Dengan begitu, hatimu akan lebih lapang dibandingkan sebelumnya.

2. Ceritakan masalahmu kepada orang yang tepat

Photo by SHVETS production from Pexels

Photo by SHVETS production from Pexels via https://www.pexels.com

Tidak semua orang pandai mendengar tanpa menghakimi. Jika kamu salah satu manusia beruntung yang memiliki kerabat atau teman seperti itu, jangan sungkan untuk berbagi cerita kepada mereka.

Bagus jika kamu memiliki seseorang yang mendengarkanmu tanpa menghakimi. Walaupun mungkin mereka tak bisa memberikan solusi, setidaknya kehadiran mereka sedikit menguatkanmu tanpa merendahkan apalagi balik membandingkan nasib.

Advertisement

3. Rehat sejenak dengan menyenangkan hati

Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels

Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels via https://www.pexels.com

Poin nomor dua tak dapat kamu temukan? Cobalah rehat sejenak dan lakukan hal yang kamu sukai. Misalnya dengan tiduran seharian, makan sepiring lauk favorit, main game atau apapun yang membuatmu senang. Tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, cukup pastikan pikiranmu teralihkan sejenak dari masalah yang ada. Di sini otakmu butuh beristirahat dan kembali tenang.

4. Renungkan saat pikiranmu kembali tenang

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Foto oleh Pixabay dari Pexels via https://www.pexels.com

Merenungkan kejadian kemarin memang bukan perkara mudah. Namun, saat pikiranmu sudah tenang, maka akan lebih mudah mengamati segala sesuatu dibandingkan saat kamu uring-uringan. Emosi yang meledak bisa membuatmu rawan keliru dalam mengambil keputusan. Renungkan apa yang sudah kamu alami. Jika memang hidupmu sempat berantakan kemarin, maka kini saatnya kamu kembali bangkit dengan hati ‘legowo’ dan menjadikannya sebuah pembelajaran. Susun rencana kedepan: Apa yang kamu inginkan, apa yang harus kamu lakukan, target apa yang harus kamu capai.

5. Bangkit dan lakukan yang terbaik versi kamu

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Life must go on. Sudah saatnya kamu bangkit. Tata kembali hidup dan kuatlah. Dewasa ini kamu akan belajar bahwa masalah akan selalu ada sejauh apapun kamu melangkah. Cukup lakukan yang terbaik versi kamu. Jika memungkinkan, hindari lingkungan toxic dan cari mereka yang support kepadamu. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus menata hidup.

Masalah tetaplah masalah. Kamu tidak boleh abai akan rasa sakit yang ada dalam hati. Meski begitu, sedih berkepanjangan juga bukan solusi. Semoga kali ini kamu bangkit dengan semangat juang tinggi. Selamat mencoba dan tetap semangat ya ^^

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE