Berhasil atau tidaknya seseorang memang bergantung kepada usaha serta kerja keras yang dilakukan. Tidak ada keberhasilan yang didapatkan dengan cara yang instan tanpa adanya usaha. Sementara usahamu tak selamanya berjalan mulus, ada saatnya terasa terjal, berliku dan penuh belukar.

Ada kalanya juga kamu merasa percaya diri dengan usaha yang dirimu lakukan, tapi ternyata hasil seperti mengkhianati jerih payamu. Lalu siapa yang  salah? Tak ada. Hanya saja kadang kamu dan kita semua melupakan hal-hal yang paling mendasar. Hal-hal yang terasa sepele, tapi ternyata punya andil menentukan hasil dari usahamu. Hal-hal yang kurang lebih seperti di bawah ini.

1. Kamu terlalu sering menunda-nunda pekerjaan, seolah itu mudah dilakukan, padahal membuatmu keteteran

menunda-nunda

menunda-nunda via https://unsplash.com

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan menjadi penyakit yang sepertinya sangat sulit untuk dihilangkan. Terlebih lagi ketika mindset yang kamu tanamkan dalam pikiranmu bahwa hari esok pun pekerjaan tersebut masih bisa dilakukan.

Advertisement

Sebenarnya ketika kamu memiliki kemauan dan ingin mendisiplinkan dirimu, menghilangkan kebiasaan ini tidaklah sulit. Sebab yang terpenting itu adalah niat dari dirimu sendiri. So, mau sampai kapan jadi orang yang suka menunda-nunda pekerjaan?

 

2. Kamu selalu takut untuk mencoba sesuatu yang baru dalam hidupmu

takut mencoba hal baru

takut mencoba hal baru via https://unsplash.com

Jika kamu ingin menjadi orang yang berhasil, berusahalah untuk mencoba hal-hal baru dalam hidupmu. Cobalah untuk bisa keluar dari zona nyaman yang membuat hidupmu tidak berkesan. Sesekali tidak ada salahnya bukan untuk mengeksplore hal yang belum pernah kamu lakukan?

Advertisement

Karena terkadang dengan kamu banyak melakukan hal-hal baru, kamu bisa lebih banyak belajar tentang hidup, punya banyak pengalaman dan bahkan bisa menjadikanmu pribadi yang lebih bijak lagi dalam bertindak atau berfikir. So, udah siap keluar dari zona nyamanmu?  

3. Kamu memiliki sifat yang mudah marah bahkan pada hal-hal kecil sekalipun

sifat mudah marah

sifat mudah marah via https://unsplash.com

Marah adalah ekspresi yang timbul diakibatkan oleh kekecewaan, kekesalan, kegundahan hati, dan akibat-akibat lainnya. Tidak salah memang ketika kamu meluapkan kekesalanmu dengan marah. Namun, menjadi pribadi yang sangat mudah marah juga tidak lah baik.

Bahkan ketika kemarahanmu itu hanya di sebabkan oleh hal-hal kecil yang sebenarnya bisa diselesaikan. So, mulai sekarang belajar lah untuk menjadi pribadi yang lebih tenang dan lebih bisa mengontrol diri. Agar hidupmu pun bisa jauh lebih baik lagi.

4. Hidupmu lebih banyak kamu habiskan untuk bermalas-malasan dan bersantai

terlalu banyak bersantai

terlalu banyak bersantai via https://unsplash.com

Sesekali bersantai dan bermalas-malasan itu tidak lah mengapa. Karena hidupmu pun mungkin memang butuh rehat dari rutinitasmu yang membosankan.

Namun jangan sampai kamu terlalu banyak menghabiskan waktumu untuk bersantai dan bermalas-malasan. Karena itu juga tidak lah baik untuk hidupmu dan bahkan juga untuk kesehatanmu.

Sebab jika ingin berhasil tetapi kamu terlalu banyak menghabiskan waktumu dengan bersantai, percayalah keberhasilan akan semakin lama kamu raih.

5. Kamu menutup telinga atas masukan atau pendapat yang orang lain berikan

menutup telinga

menutup telinga via https://unsplash.com

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik kita harus siap dan mau menerima setiap masukan, kritik serta saran yang orang lain berikan kepada kita. Ya tentunya yang membangun dan bisa membuat kita menjadi pribadi yang semakin baik.

Namun ketika kamu tidak pernah mau mendengarkan masukan dan pendapat yang orang lain sampaikan kepadamu, percayalah hidupmu tidak akan berkembang dan menjadi lebih baik. Sebab untuk berhasil kamu pun harus siap di kritik.

Hanya tinggal bagaimana kamu menyikapi setiap kritikan atau masukan yang diberikan kepadamu. Apakah akan membuatmu semakin terpacu atau bahkan malah membuatmu menyerah.

Jadi udah tau kan hal yang membuat kamu sulit berhasil? Yuk mulai sekarang perbaiki dirimu menjadi lebih baik lagi agar keberhasilan datang menghampirimu.

Dan jangan lupa juga hilangkan kebiasaan buruk yang selama ini membelenggu dirimu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya