Pada bulan agustus pasti mulai banyak hiasan-hiasan merah putih mulai dari bendera-bendera, bola-bola di sepanjang jalan, serta merangkai acara perlombaan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat mulai dari anak-anak sampai pada orang dewasa dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Indonesia yang tepat pada tanggal 17 Agustus, tahun 2018 ini adalah tahun ke-73.

Tentu dalam hal ini berarti Indonesia merdeka dari penjajahan, tapi apa kamu bener-bener yakin semua aspek dalam kehidupanmu semuanya sudah merdeka? Percintaan? Keluarga? Dan hubungan pertemanan? Apa semuanya bebas dari penjajah? Atau mungkin kita adalah si "penjajah"?

1. Percintaanmu sudah merdeka belum?

MerdekaAsmaramu

MerdekaAsmaramu via https://www.google.co.id

Kemerdekaan dalam percintaan itu yang gimana sih?

Hmmm gini deh, kamu yang sedang berjuang melepaskan diri, move on, atau bahkan melepaskan diri dari kesepian tapi sebenernya itu karena dorongan omongan orang lain yang sering banget kamu denger seperti "Kamu sama siapa sekarang?" "Masih jomblo?" "Move on dong!" dsb, kamu jadi terburu-buru membuktikan kalo kamu bisa dan akhirnya terpaksa jadian dan jalani hubungan asmara dengan orang yang tidak kamu suka.

Advertisement

Itu tandanya kamu belum merdeka dalam pilihan hidupmu, kehidupan percintaanmu karena arti kemerdekaan itu sendiri adalah suatu posisi di mana kamu bebas mengejar, mengusahaan apa yang menjadi keinginan dan tujuan termasuk masalah percintaanmu bukan memilih atas dasar keterpaksaan.

2. Kamu masih memilih sesuatu bukan karena pilihan mu tapi yang menjadi pilihan banyak orang karena takut dinyinyirin? Ya! Kamu bisa disebut belum merdeka

Ini sering terjadi di kehidupan seseorang yang memutuskan untuk memilih bekerja independen dan sesuai dengan passion tapi masih terhalang dengan nyinyiran netizen, "Capek- capek kuliah kerjanya gitu doang?" " Kuliah jurusan apa kerjanya apa." "Ah, kerja di situ mah karirnya nggak jelas." Setelah mendengan nyinyiran begitu pasti kalian akan goyah, ya kan? Terus jadi nggak merdeka deh karena terjebak dengan kata-kata yang tidak membangun.

Ayok kita merdekakan diri kita dengan cara memiliki independen thinking dan menghargai pendapat sendiri jangan melulu mendengarkan pendapat orang lain apalagi yang tidak membangun…

Advertisement

Mari sesama manusia kita saling mendukung jangan sampai kalian membuat orang lain jadi tidak merdeka loh, yuk kita bangun hubungan pertemanan yang saling mendukung!

3. Kita dijajah teknologi? Masa sih?

MediaSosial

MediaSosial via https://www.google.co.id

Berkat perkembangan teknologi dan berkembangnya internet banyak sekali smartphone canggih memiliki fiture super keren yang selalu kita gunakan kapan pun dimanapun ditambah lagi dengan media sosial yang kita miliki, dalam media sosial kita diberi kebebasan untuk posting apapun dan berkomentar semaunya. tanpa kita sadari kita menghabiskan 12/24 bahkan lebih waktu kita untuk menggunakan media sosial.

Banyak sekali dampak yang diakibatkan karena terlalu lama menggunakan smartphone yaitu jadi malas beraktivitas, malas membaca buku, malas berkomunikasi langsung karena apapun kita bicarakan lewat telfon, dan lebih parahnya berdampak pada kesehatan kita juga loh seperti efek radiasi.

Mari kita bebaskan dari penjajahan teknologi dengan memanfaatkan teknologi tanpa memberikan efek negatif untuk diri kita dengan cara menggunakannya seperlunya dan jangan sampai melupakan aktivitas utama!

4. Makhluk hidup disekitar kita ternyata sangat terjajah. Yaaa, terjajah sampah yang kita gunakan

Merdekadarisampah

Merdekadarisampah via https://www.google.co.id

Kalo kamu merasa sudah merasa merdeka coba deh lihat sekeliling kita sudah merdeka belum?

Seperti yang kita ketahui setiap hari dalam kehidupan kita tidak terlepas dari penggunaan plastik untuk belanja, makanan dalam kemasan plastik, minuman botol plastik dan yang paling sering kita gunakan adalah sampah sedotan plastik. Pernah berfikir sejauh ini nggak, sih? Ternyata sampah yang kita gunakan sangat menyiksa makhluk hidup lain, seperti hewan di sekitar kita, mereka tidak bisa hidup dengan tenang karena sangat terganggu dengan sampah- sampah.

jika kita lihat dari data, Indonesia masuk ke dalam 20 besar negara paling tercemar karena plastik. Dalam kehidupan kita tidak bisa lepas dengan alam, kita bernafas segar berkat pohon pohon, air bersih untuk minum dan kebutuhan lain. Jika lingkungan kita tercemar, kita jadi gak bisa bernafas segar dan pada akhirnya kita kembali dijajah dengan sampah plastik.

Apa yang harus dilakukan sebelum kita terjajah lebih jauh? Yuk kita kurangi penggunaan plastik dengan cara:

1. Kokop minumanmu atau gunakan sedotan stainless

2. Membawa kantong belanjamu sendiri

3. Membawa tempat minum mu sendiri

Mari kita rayakan kemerdekaan ini dengan gerakan #Merdekadariplastik #kokopminumanmu #merdeka dari sedotan

5. Merdeka Indonesiaku! Merdeka Hidupku

Indonesia sudah merdeka mari kita merdekakan diri kita dalam segala aspek sehingga tidak ada lagi kata #MerdekasihTapi .

Digahayu Indonesia, semoga semakin jaya, makmur dan sentosa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya