Jerawatan. Hal ini udah jadi hal yang paling dihindari buat cowok maupun cewek. Udah bikin nggak percaya diri, bikin nggak nyaman, bahkan ada yang bilang kalau jerawat adalah pengganggu penampilan. Padahal jerawat muncul karena berbagai faktor diantaranya salah pakai produk, malas membersihkan wajah, salah makan, hingga hormon.

Sudah coba cari obat kesana kemari tapi jerawat tetep aja nangkring manis di wajah? Tenang, nggak apa-apa guys, kalian punya banyak teman yang merasakan hal yang sama kok. Tapi, jangan pasrah gitu aja ya sama jerawat, kulit tetap harus dirawat supaya terlihat bersih dan sehat.

1. Udah nggak bisa ditawar, membersihkan wajah adalah kewajiban!

Bersih-bersih wajah itu wajib! via https://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Salah satu pemicu munculnya jerawat adalah kondisi wajah yang kotor karena jarang dibersihkan secara teratur. Padahal setiap harinya kebanyakan kalian on the way berpapasan dengan asap dan debu. Nah, coba bayangkan kalau asap dan debu itu terus menerus mengenai wajah dan menumpuk sampai masuk ke pori-pori, tentu saja wajah akan “protes” dengan mengeluarkan jerawat. Maka dari itu, membersihkan wajah secara teratur, baik dengan cleanser atau sabun cuci wajah adalah hal yang wajib, bahkan nggak bisa ditawar lagi supaya jerawat nggak lama-lama nangkring di wajah manismu.

2. Ringkas pori-pori pakai toner

Ringkas pori pakai toner via https://3.bp.blogspot.com

Lagi booming nih, toner jadi salah satu rangkaian ritual bersih-bersih wajah. Kebanyakan orang mendapatkan hasil yang signifikan dari pemakaian toner secara rutin, salah satunya adalah pori-pori wajah yang besar menjadi teringkas alias mengecil. Terus aku harus pakai toner yang kaya gimana nih? Tenang, cuka apel + air atau air infus bisa juga loh dijadikan pilihan toner bagi kalian yang berjerawat. 2 produk murah meriah ini dikenal bersahabat untuk mengempeskan jerawat, bahkan sebekas-bekasnya!

3. Sinar matahari itu jahat, pakai pelembab sebagai tameng adalah pilihan yang tepat

Advertisement

Hayo, pelembabmu ber-SPF nggak? via http://divertone.amayaperdanakreasindo.com

Kalau kalian ngira mantan yang ninggalin kalian itu jahat. Eits, salah. Ada kok yang lebih jahat. Yaps sinar matahari. Untuk kulit berjerawat, sinar matahari bisa membuat kulit lebih kering dan kondisi kulit akan semakin parah. Tapi tenang, jadikan pertemuan kalian dengan matahari jadi nggak semengerikan itu dengan pakai pelembab yang mengandung SPF atau Sun Protection Factor. Pandai-pandailah memilih pelembab ber-SPF supaya bisa kalian jadikan tameng saat harus berjumpa dengan matahari.

4. Kempes dan keringkan jerawat pakai obat

Obat yang tepat bisa kempeskan jerawat via https://cdn.sindonews.net

Salah satu cara supaya jerawat kempes adalah dengan mengobatinya dengan obat. Obat jerawat yang dipakai pun harus cocok dengan kondisi kulit, baik herbal maupun medis. Ada yang mengempeskan jerawat pakai pasta gigi bisa berhasil, namun nggak sedikit malah bikin iritasi. Namun ada pula yang malah nggak cocok pakai obat jerawat malah cocok pakai daun papaya. Nah, kalian bisa coba cari kira-kira obat dalam jenis apa yang bisa dipakai untuk mengempeskan jerawat, sesuai dengan kondisi kulit kalian.

5. Pakai masker, sekalian relaksasi diri

Cowok juga boleh maskeran loh via http://image-serve.hipwee.com

Udah stress banget jerawat nggak kunjung sembuh, belum lagi kerjaan atau tugas numpuk? Coba pakai masker deh. Banyak banget masker yang beredar di pasaran dengan klaim bisa mengurangi kemerahan atau bahkan mengeringkan jerawat. Nilai plusnya? Kalian bisa sekalian relaksasi untuk menenangkan pikiran.

6. Air putih dan buah nggak boleh terlewat

Minimal 8 liter air dan 1 macam buah per hari via http://media.nationalgeographic.co.id

Ini nih yang sering diabaikan sama banyak penderita jerawat. Kebanyakan pasti kepengen hasil yang instan supaya jerawat cepet hilang. Makanya air putih dan buah kadang nggak dikonsumsi karena hasil yang ditampakkan nggak kunjung kelihatan. Padahal, justru air putih dan buah bisa membantu mengeluarkan toksin hingga membantu regenerasi kulit sehingga penyembuhan jerawat pun terbantu. Tapi semuanya nggak instan ya, butuh proses dan konsistensi supaya hasilnya bisa kelihatan.

7. Senyum, karena cantik dan ganteng sejati berasal dari hati

Senyum, senyum, senyum!! via https://www.energyinst.org

And the last! Jangan lupa tersenyum. Bagaimanapun kondisi wajahmu, tetaplah percaya diri dan tebarkan senyum kepada orang-orang sekelilingmu.


Karena cantik dan ganteng sejati berasal dari hati.