Kalau boleh mengumpamakan, cara hidup paling dasar yang dimiliki manusia itu seperti proses pembakaran. Untuk membuat api yang besar menyala, dibutuhkan banyak hal di dalamnya. Misalnya bertumpuk kayu bakar, korek api, dan bahan bakar agar menghasilkan nyala api yang merah padam.

Ketiga hal tersebut kalau dilihat secara lebih dalam hampir sama seperti passion, kemauan diri serta sosok-sosok yang menginspirasi. Bagi saya, ketiga hal ini sama-sama krusialnya. Namun kali ini izinkan saya bercerita bagaimana sosok-sosok yang menginspirasi kehidupan saya bekerja layaknya bahan kabar yang membuat nyala api semakin besar. Dia—atau lebih tepatnya mereka adalah sosok-sosok yang selama ini saya kagumi, selama tahun-tahun lamanya telah membakar passion dan semangat saya. Sampai akhirnya saya bisa berdiri di titik ini.
 

1. Perkenalkan, inilah sosok yang selama ini jadi salah satu inspirasi saya dalam berkarya. Lewat lagu-lagunya, saya bisa merasa lebih kaya!

Inilah yang selama ini jadi inspirasi saya

Inilah yang selama ini jadi inspirasi saya via https://www.instagram.com

Iya, iya. Kamu boleh bilang kalau saya ini tua. Namun masa bodoh lah dengan usia, toh itu hanya soal angka yang terus bertambah tiap tahunnya. Nah dari mereka ini saya bisa belajar banyak hal. Mulai dari belajar bagaimana serunya persahabatan masa muda sampai memaknai perpisahan dengan cara yang sungguh elegan, lapang dada! Dari mereka juga saya selalu gagal move on dari Jogja. Ya gimana lagi, tiap dengar lagu-lagunya, saya jadi teringat tiap sudut kotanya eh sama mantan juga :p

2. Nggak hanya buat saya jadi "kaya" tapi lirik lagunya juga selalu menemani jatuh bangun tiap episode perjalanan cinta saya!

Saya jadi makin "kaya"

Saya jadi makin "kaya" via http://www.pexels.com

Ngomongin anak muda nggak lengkap rasanya kalau nggak bahas soal cinta. Dan sosok-sosok ini berhasil mengiringi perjalanan cinta saya lewat lirik lagu-lagu mereka! Mulai dari "Dan" sampai "Film Favorit" semua selalu saja punya celah untuk mewakili perasaan saya sama mantan, gebetan, atau mantan gebetan yang mundur duluan sebelum berjuang. Sebagai anak rantau, berkat lagu-lagunya yang galau-galau legit gimana gitu, buat saya jadi nggak merasa sendiri, apapun status yang saya sandang hingga kini. Mau punya pacar atau (lagi-lagi) sendiri hajar aja! Toh masih ada sosok-sosok ini sebagai salah satu anugerah terindah yang pernah saya miliki.

3. Dari mereka saya juga belajar bahwa berkarya itu selamanya. Nggak cuma pas lagi di atas aja. Eh giliran di bawah bingung mau melakukan apa?!

Berkarya itu selamanya!

Berkarya itu selamanya! via http://www.pexels.com

Advertisement

Tahun ini umur kebersamaan mereka 22 tahun lamanya. Ya kalau dihitung kasar sih, pas saya ulang tahun yang kedua, anak-anak muda ini udah menelurkan karya. Gila nggak? Berkarya selama 22 tahun (dan semoga masih terus ke depannya) jelas nggak mudah. Gonta-ganti personil memang sempat buat mereka goyah, tapi toh yang namanya hidup selalu ada aja masalah. Berkat kerja keras dan passion sosok-sosok ini, mau zaman oppa-oppa macho sampai cantik memenuhi lini masa, mereka juga pasti tetap punya tempat tersendiri. Di hati para pecinta musik dan seni di negeri ini.

Terima kasih ya sudah menjadi bahan bakar saya berkarya sampai sekarang. Mereka ini jadi bukti kalau anak-anak muda kita adalah bibit unggul yang tahan banting dan punya hati nurani. Paling tidak hal ini saya yakini sampai saat ini.

4. Kamu punya sosok yang menginspirasi juga? Kenapa nggak ditulisin aja?

Yuk ikutan kompetisi menulisnya!

Yuk ikutan kompetisi menulisnya! via https://www.pexels.com

Untuk menyambut hari Sumpah Pemuda, Hipwee Community mengajak kamu semua untuk menuliskan cerita tentang sosok anak-anak muda yang menginspirasi dengan karya-karyanya dalam event menulis #MudaKayaKarya. Ayo bagikan ceritamu bersama Hipwee hingga 11 November 2018!

Advertisement

Daripada dipendam sendirian, lebih baik tulis dan biarkan oranglain turut terinspirasi juga kan?

5. Penasaran gimana caranya? Yuk disimak A-Z aturan mainnya~

Kompetisi Menulis #MudaKaryaKaya

Kompetisi Menulis #MudaKaryaKaya via https://www.hipwee.com

1. Tuliskan sebuah cerita/artikel tentang anak muda yang sosok atau karya-karyanya menginspirasi hidupmumu dalam format listicle atau narasi di Hipwee.com. Sssst, biar makin ciamik, pastikan tulisanmu punya judul yang menarik dan tambahkan #MudaKayaKarya pada judulnya juga ya~

Buat kamu yang belum pernah menulis di Hipwee sebelumnya, silakan klik pranala ini untuk mengetahui A-Z soal teknis menulisnya.

2. Pastikan kamu udah follow akun media sosial Hipwee (@hipwee) dan Hipwee Community (@hipweecommunity) biar nggak ketinggalan info-info terbarunya.

3. Tulisan yang pernah dipublikasikan dalam blog pribadi boleh diikutsertakan. Kamu juga boleh mengumpulkan LEBIH DARI SATU TULISAN. So, tunggu apalagi? Yuk ikutan!

Ada yang mau ditanyakan?

Silakan colek gufran@hipwee.com ya!

Selamat menuliskan sosok-sosok yang menginspirasimu selama ini. Dan biarkan semua orang membaca. Siapa tahu akan lebih banyak orang yang terinspirasi oleh mereka dan karya-karyanya. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya