Beberapa hari ini media sosial diramaikan oleh celotehan pelajar SMA. Pasalnya, pada hari Selasa (10/4/2018) para pelajar ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mata pelajaran Matematika. Kabarnya, ujian tersebut sangat tidak masuk akal hingga Instagram Kemdikbud pun banjir komentar yang berisi keluhan para pelajar tersebut.

Uniknya, ribuan komentar yang penuh sarkasme itu mampu membuat netizen terbahak membacanya. Buat kamu yang sudah tidak sekolah, mungkin bisa mengintip 20 cuitan ini dan bayangkan sendiri kesulitannya. Dan kamu yang masih sekolah, tetap semangat ya, kalian tidak sendirian!

1. Terkadang, hal-hal sederhana menjadi ribet dalam perhitungan matematika

salah satu model soalnya nih

salah satu model soalnya nih via https://www.instagram.com

Kalau setiap anak diharuskan menghitung begini tiap kali bermain layangan, mungkin mereka sudah keburu pingsan.

2. Namanya juga matematika ya!

buset dah buset:(

buset dah buset:( via https://www.instagram.com

Dari kalimat siswa yang berkomentar di atas, kebayang nggak sih betapa sulitnya soal yang harus mereka kerjakan?

3. Dilan pasti senang jadi anak SMA tahun 1990, gak perlu merasakan UNBK

cuitan lainnya

cuitan lainnya via https://www.instagram.com

Advertisement

Ternyata, ada yang lebih berat dari rindu.

4. Mohon diperhatikan ya, bapak-bapak pembuat soal

Soal UN jadi semacam pelampiasan ya?

Soal UN jadi semacam pelampiasan ya? via https://www.instagram.com

Bisa aja nih, soal UN matematika dianggap jadi pelampiasan pembuat soal setelah berantem dengan istrinya.Makanya bikin kacau para pelajar, hihihi.

5. Datang, Kerjakan, Lupakan

Prinsip beberapa pelajar semasa sekolah: kita datang, kita kerjakan, dan mari kita lupakan. Terkadang usai melaksanakan ujian, beberapa anak sibuk membahas soal yang baru saja dikerjakan. Kalau kayak gini, apanya yang mau dibahas ya? Wong yang diingat cuma username dan password.

6. Efek samping sulitnya UNBK matematika, pelajar jadi mudah baper!

Duh jadi baper nih

Duh jadi baper nih via https://www.instagram.com

Advertisement

Barangkali si adek ini lagi sayang-sayangnya dengan nasib pendidikannya. Udah memperjuangkan UNBK mati-matian, eh soal-soalnya malah ngajak ribut bercanda :)

7. Efek samping lainnya, trauma mendalam

sampai trauma..

sampai trauma.. via https://www.instagram.com

Duh seram banget ya kalau beneran sampai nggak bisa menghitung uang kembalian. Barangkali setelah jajan di warung dia harus menghitung pakai rumus-rumus matematika terlebih dahulu

8. Pertanyaan yang perlu dipertanyakan kembali

Kelamaan ya diitung dulu

Kelamaan ya diitung dulu via https://www.instagram.com

Logikanya sih, memang begitu. Terlebih, gimana cara menghitung jarak semut dan lalat di toples ya? Lalat kan berterbangan terus sementara semut tetap membumi~ Ah namanya juga matematika!

9. Ada yang bisa menebak siapa namanya?

contoh soal lainnya

contoh soal lainnya via https://www.instagram.com

Ini sih bagian dari misteri kehidupan, nggak bisa diprediksi. Hihihi.

10. Soal perbandingan yang nggak pernah ada matinya dari masa ke masa

Untuk kamu yang sudah tidak duduk di bangku sekolah, barangkali malas lahir batin melihat soal model begini ya?

11. Paling tidak, lewat ujian ini pelajar menjadi semakin lebih dekat dengan Ilahi

Alhamdulillah..

Alhamdulillah.. via https://www.instagram.com

Barangkali di sepanjang waktu mengerjakan soal, adek ini banyak membaca Ayat Kursi di dalam hatinya.

12. Ujian ini juga mengajarkan kita untuk lebih introspeksi diri, jangan-jangan ini adalah hukuman

jadi mengintrospeksi diri

jadi mengintrospeksi diri via https://www.instagram.com

Permasalahan hidup yang kita alami memang dapat berarti dua hal; ujian atau hukuman. Kalau ujian nasional model begini, lebih tepat masuk kategori mana ya? Hihi.

13. Produk tupperware bakal makin merajalela nih kalau semua pelajar sekolah jadi begini

ada-ada aja ya!

ada-ada aja ya! via https://www.instagram.com

Banyak juga loh cuitan pelajar yang pengen langsung nikah aja daripada menempuh ujian nasional yang kayak begini. Ada-ada aja ya!

14. Kalau dulu hitung kancing atau lempar pensil, sekarang bebas klik sesuka hati

Serasa main game

Serasa main game via https://www.instagram.com

Nah, berapa besar peluang jawaban benar yang dipilih adek ini secara asal-asalan? Coba dihitung!

15. Pahitnya soal ujian matematika tahun ini rupanya mengalahkan pahitnya kenangan mantan

Habis luka terbit lagi luka

Habis luka terbit lagi luka via https://www.instagram.com

Setidaknya bayang-bayang mantan tidak semenghantui soal-soal UNBK matematika 2018.

16. Mengeluh realita tidak semudah ekspektasi, sampai minta diadakan giveaway nilai UN

request giveaway nilai

request giveaway nilai via https://www.instagram.com

Sepanjang hidup kita, pasti ada satu momen di mana ketika kamu sudah belajar mati-matian tapi soal yang kamu 'perjuangkan' tidak keluar saat pelaksanaan ujian. Hidup memang perih.

17. Soal yang dirasa nggak realistis, mengocok dadu sampai 600 kali

tulang keluar hahaha

tulang keluar hahaha via https://www.instagram.com

Hayooo, kalau topik soalnya dadu, biasanya berarti perhitungan tentang apa?? Benar juga sih, masa iya ada orang mengocok dadu sampai 600 kali. Ada-ada aja nih pembuat soalnya.

18. Bagi para pembuat soal, boleh dicoba ikut audisi Inonesian Idol seperti usulan pelajar ini

Boleh dicoba

Boleh dicoba via https://www.instagram.com

Sebuah saran halus dari pelajar yang nampaknya sudah tidak kuasa untuk mengomel-ngomel. Terlalu lelah dan memilih pasrah.

19. Wah, sampai bawa-bawa ayat nih. Ada-ada saja ya!

singkat, padat, dan jelas

singkat, padat, dan jelas via https://www.instagram.com

Hanya bisa menambahkan emoticon tersenyum, padahal dalam hati menangis bombay.

20. Saking susahnya soal yang diberikan, seorang Limbad aja bisa teriak histeris

pengen liat Limbad teriak

pengen liat Limbad teriak via https://www.instagram.com

Ini adalah gambaran sederhana betapa sulitnya soal-soal yang diberikan, sampai sosok Limbad saja pasti teriak histeris bila disuruh mengerjakan

21. Curcol dari seorang pelajar, pasti banyak juga yang merasakan hal serupa.

sebuah tekanan

sebuah tekanan via https://www.instagram.com

Seiring perkembangan zaman, sistem pendidikan terus berinovasi dengan harapan memaksimalkan dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Sebut saja mulai dari perubahan kurikulum, sistem full day school, sampai ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Tentu saja kesemuanya ini menuai banyak pro dan kontra, tak sedikit juga pelajar yang merasa dirugikan karena harus memforsir hampir seluruh waktu dan tenaganya untuk belajar dan belajar. Untuk kamu yang memiliki sanak saudara yang masih duduk di bangku sekolah, yuk semangati mereka dan jangan memberikan tekanan lebih banyak.

Jadilah pendukungnya dan tegur mereka bila memang salah. Tentunya dengan cara yang baik ya!

Teruntuk kamu para pelajar Indonesia, sesalah atau seburuk apapun sistemnya, paling tidak jadilah pribadi yang tangguh agar kamu tidak mudah menyerah dalam keadaan apapun. Tetaplah semangat berusaha dan banyak berdoa. Seperti kata Mahatma Ghandi berikut ini.


Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Berusaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya