Bagi generasi millenial yang hidup di dua dunia (dunia nyata dan dunia maya), bisa dibilang jumlah followers adalah kadar untuk mengukur kasta seseorang. Yah… bisa dibilang gitu sih. Semakin banyak jumlah followers pada akun media sosialnya, maka semakin di seganilah orang tersebut. Contohnya pada pengguna Instagram, bahkan followers bisa diperjualbelikan. Demi jumlah followers sampai ada yang mau mengeluarkan uang loh!

Kemudian muncul mitos urban pada dunia per-Instagram-an, bahwa mengunci profil dapat menambah jumlah followers kita. Yang bener? Yuk, mari kita simak apakah mitos tersebut benar adanya?

1. Tidak bisa menggaet followers dari seluruh dunia. Serius!

World in Hand

World in Hand via http://momastery.com

Instagram sudah berbaik hati menyediakan fitur explore. Fitur ini akan membagikan foto atau video yang kamu upload kepada calon followersmu sesuai minat mereka. Misal kamu suka follow dan like akun yang sering share foto traveling, maka di menu explore kamu akan banyak melihat foto dan video dengan tema yang sama dari user lain di seluruh dunia. Namun, jika kamu mengunci Instagrammu, kebaikan Instagram tidak berlaku. Ya… ini karena keputusanmu sendiri sih. Foto dan videomu hanya bisa dilihat oleh kamu, followersmu, dan Tuhan. Jadi, sebagus apapun foto dan video yang kamu share, tidak akan sampai ke peminatnya.

Advertisement

Jika kamu masih kekeuh ngelock profil Instagram, itu artinya kamu menolak sia-sia calon followers dari segala penjuru dunia.

2. Meskipun di lock, bisa menarik perhatian calon followers dengan memasang banyak hastags atau tagar. Yakin nih?

Prinsip dari nge-lock profil Instagrammu, sekali lagi, adalah mengunci segala macam konten yang telah kamu bagikan agar tidak dapat dilihat oleh publik. Saat gembok terpampang di profil Instagrammu, itu artinya konten yang kamu bagikan merupakan barang yang eksklusif. Hanya followers yang kamu setujui untuk mem-follow kamu saja yang bisa lihat. Jadi, meskipun kamu memberi hastags sebanyak apapun di caption, tidak akan berpengaruh. Sebab yang bisa melihat kontenmu ya orang itu aja.

Misal kamu menambahkan hastag #love pada fotomu, user lain yang membuka hastag #love juga tidak akan bisa melihat foto kamu. Selain kehilangan kesempatan menggaet followers baru, ternyata dengan ngelock profil kamu juga kehilangan kesempatan mendapat banyak like.

3. Kan, kalau ngelock Instagram bikin yang mau stalking kita mau ngggak mau harus follow dulu. Berarti bener kan mitosnya kalau ngelock bisa bikin followers banyak?

Private Profile Instagram

Private Profile Instagram via https://www.google.co.id

Advertisement

Kalau dipikir-pikir emang iya sih, ada benernya. Tapi seberapa banyakkah orang yang penasaran sama feed Instagram kita? lagian, kita ini siapa? public figure juga bukan. Paling yang terpaksa follow cuma gara-gara penasaran sama Instagram kita bisa dihitung pakai jari.

Kebanyakan orang follow suatu akun karena kepincut sama karya (foto atau video) yang dibagikan, bukan dari tulisan di bio. Jadi, lebih efektif menarik perhatian dengan konten daripada dengan sebuah rasa penasaran.

4. Mengunci profil Instagram sama dengan mengunci pintu rezeki

Lock Wallpaper

Lock Wallpaper via https://wallpaperstock.net

Di dunia yang sudah tanpa batas ruang dan waktu ini, merupakan sebuah kerugian besar jika kamu memutuskan untuk nge-lock Instagrammu. Kamu pasti tahu kan banyak give away bertebaran di akun-akun Instagram olshop? Nah, dengan ikutan give away, kamu bisa dapat berbagai macam hadiah jika beruntung menang. Namun, sekali lagi keberuntungan itu tidak akan berpihak pada penggembok-penggembok Instagram.

Alasannya sederhana saja. Foto kamu tidak akan bisa dilihat oleh owner yang lagi ngadain give away. Ya kali akun olshop harus follow kamu dulu? Jika fotomu saja tidak bisa dilihat oleh pembuat give away, gimana bisa menang?

Lalu, biasanya di akhir akan diumumkan siapa saja yang menang. Nah, inilah kesempatan menarik perhatian calon followers karena username kamu akan dibaca banyak follower olshop tersebut. Tapi sekali lagi, mohon maaf, ini tidak akan terjadi pada user yang akunnya digembok.

5. Buktinya banyak selebgram nge-lock profilnya dan followersnya jutaan

Kendall's Instagram Profile

Kendall's Instagram Profile via https://cdn.brilio.net

Jika kamu masih yakin jika ngelock profil Instagram bisa nambah followers, karena kamu menyontoh selebgram, bisa jadi kamu benar. Jika diperhatikan, cara ini akan efisien menggenjot angka followers jika profile pic kamu menarik banyak orang. Bisa diartikan dengan tampang yang rupawan, pose yang sensual, atau gambar yang antimainstream. Tapi jika diperhatikan, para selebgram ngelock profil mereka dan tetep banyak followersnya, itu karena mereka berhasil menciptakan sesuatu yang viral. Mereka sudah menjadi buah bibir. Sehingga, dengan atau tanpa ngelock profil saja akan banyak user yang tertarik untuk follow mereka.

Sekarang, masih yakin dengan mitos bahwa mengunci profil Instagram bisa menambah banyak followers?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya