Buat yang sering atau selalu pakai WhatsApp (WA) untuk berkomunikasi setiap hari, pasti nggak bisa lepas dari aplikasi pesan instan yang satu ini. Semakin hari, jumlah penggunanya pun semakin banyak. Buktinya, dalam laporan Mark Zuckerberg di pertengahan tahun lalu saja, setidaknya ada 1 miliar pengguna WA dari seluruh dunia. Apalagi sekarang?

Belum lagi dengan hadirnya fitur-fitur baru yang ditambahkan saat ada update, membuat pengalaman menggunakan WA terasa makin seru dan menyenangkan. Tidak hanya berkirim pesan personal, WA juga terkenal dengan fasilitas WA Group (WAG), dan layanan panggilan telepon maupun video melalui jaringan internet.

Beberapa bulan lalu, sudah ada artikel di Hipwee yang membahas tentang fitur terbaru WA saat itu. Yakni:

  • Tersedianya filter, sticker, dan tulisan untuk foto yang akan dikirim,
  • Berbagi lokasi saat ini,
  • Menghapus pesan yang telanjur terkirim, dan
  • “Wewenang” administrator grup untuk membatasi anggotanya dalam forum.

Nah, baru-baru ini ada sejumlah fitur yang ditambahkan. Hanya saja operasionalnya akan berbeda, tergantung platform gadget yang digunakan (ada yang berfungsi di Android, ada pula yang hanya bisa di iOS). Beberapa fitur baru WA dalam artikel ini, diketahui dan didokumentasikan oleh tim Bhinneka sendiri. Kebetulan ketemu.

1. Admin Grup Bisa "Dilengserkan"

Admin bisa "digulingkan"

Admin bisa "digulingkan" via http://img.timesnownews.com

Ya! Sesuai namanya, anggota grup bisa menghilangkan wewenang admin grup. Fitur ini ditandai dengan menu bernama “Dismiss As Admin” dan mengubah seseorang admin menjadi anggota biasa. Saat ini, fitur “Dismiss As Admin” baru tersedia pada WA versi beta, yang artinya masih dalam proses percobaan dan hanya bisa diakses oleh pengguna tertentu saja.

2. Bikin Animasi GIF Sendiri

Jadi makin kreatif!

Jadi makin kreatif! via https://fscl01.fonpit.de

Kalau biasanya pengguna hanya bisa mengirim berkas video dalam bentuk format asal, saat ini kita bisa memotong video yang akan dikirim dan secara otomatis menjadikannya animasi berformat GIF.

Advertisement

Hal ini dapat dipahami lantaran animasi GIF memiliki ukuran berkas yang lebih kecil dibanding video. Di sisi lain, warganet zaman now tampaknya juga lebih menyukai animasi pendek berulang seperti itu, dibanding video yang panjang dan harus diunduh terlebih dahulu.

3. Menggeser untuk Menjawab Langsung

Tinggal geser, langsung dibalas.

Tinggal geser, langsung dibalas. via https://dragonohalim.com

Ketika ingin membalas pesan tertentu dalam sebuah percakapan, atau ingin menanggapi seseorang dalam grup WA, kita cukup menekan kolom pesan yang diinginkan lalu digeser ke arah kanan. Kemudian keyboard dan kolom jawaban akan langsung muncul, siap untuk kita ketik.

Praktis banget, tidak perlu banyak tekan. Pastikan sampai muncul tanda panah ke arah kanan ya (seperti dalam gambar animasi).

4. Intip Pesan, Dibaca Tanpa Ketahuan

Sekarang gak perlu khawatir lagi dianggap sombong.

Sekarang gak perlu khawatir lagi dianggap sombong. via https://dragonohalim.com

Advertisement

Fitur pengaturan privasi sudah ada sebelumnya, ketika kita bisa mengaktifkan/menonaktifkan dua centang biru sebagai tanda bahwa pesan tersebut sudah dibaca. Apabila fitur ini dimatikan, baik pengirim maupun penerima sama-sama tidak akan mengetahui kapan pesan tersebut dibuka dan dibaca.

Kini, telah ada satu metode lain yang bisa kita pilih untuk tetap mengetahui isi pesan yang dikirimkan, tanpa harus membuka halaman percakapan. Sehingga tanda dua centang biru tidak muncul di layar ponsel pengirim.

Caranya, cukup tekan halus halaman percakapan, sampai membuatnya seperti ter-highlight dan mengaburkan yang lainnya. Setelah itu, halaman chat pun akan langsung muncul, menampilkan deretan pesan terakhir. Jangan ditekan terlampau kuat, sebab malah akan membuka halaman percakapannya seperti biasa. Boleh dilatih dulu, biar lancar.

5. Langsung Nonton YouTube di Halaman Percakapan

Bisa langsung nonton deh!

Bisa langsung nonton deh! via https://pbs.twimg.com

Dulu, ketika ada link YouTube yang dikirim melalui WA, pengguna akan diarahkan untuk menontonnya di halaman browser atau ke layar aplikasi YouTube bawaan.

Kini, aplikasi WA versi terakhir sudah memungkinkan pengguna untuk menontonnya langsung di halaman percakapan. Fitur ini sangat berguna, terutama untuk video-video berdurasi pendek. Sehingga tidak harus kerepotan berpindah halaman. Menariknya lagi, layar YouTube yang muncul bisa digeser (atas-bawah), sehingga pengguna bisa tetap membaca pesan yang ada di belakangnya, dan mengirimkan balasan.

Selain lima fitur baru ini, sebenarnya ada beberapa kemudahan lain saat menggunakan WA. Seperti pengaturan untuk mengubah format tulisan (cetak tebal, cetak miring, garis bawah, dan berjarak tunggal atau monospace), atau juga pengaturan untuk menghemat kuota dan ruang penyimpanan memori, serta lain sebagainya. Pastinya, semua fitur itu untuk mempermudah kita sebagai pengguna.

Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya