Masa kanak-kanak adalah masa dimana seorang anak memperoleh informasi tentang lingkungannya, ilmu pengetahuan dan siapa dirinya. Untuk itu banyak sekali cara untuk para orang tua mengenalkan semuanya, salah satunya adalah wisata edukatif. Pada tulisan berikut ini akan diulas beberapa alternatif wisata edukatif yang tidak hanya menambah wawasan anak tetapi juga menyenangkan.

1. Museum Kereta Api Ambarawa

salah satu kereta lama yang ada di musium

salah satu kereta lama yang ada di musium via http://www.semarangplus.com

Yuk mengenalkan sejarah lokomotif yang ada di Indonesia pada anak. Disini anak-anak dapat melihat secara langsung lokomotif tua yang ada di Indonesia, mulai dari kereta uap sampai replika dari stasiun tua yang pernah ada di Indonesia.

Advertisement

Wisata ini beralamatkan di Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Panjang, Ambarawa, Semarang,

2. Candi Gedong Songo

salah satu candi yang ada di kawasan candi gedong songgo

salah satu candi yang ada di kawasan candi gedong songgo via http://www.telusurindonesia.com

Setelah sejarah lokomotif, mari kita kenalkan tentang sejarah peradaban yang ada di Indonesia.

Di tempat ini anak dapat melihat bangunan candi yang megah yang berada di kawasan perbukitan, tapi jika anak kelelahan, anak dapat menaiki kuda untuk melihat candi-candi yang ada di kawasan Candi Gedong Songo yaitu Candi, Bandungan, Semarang.

3. Wisata Apung Kampung Rawa Ambarawa

wahana wisata yang ada di kampung rawa

wahana wisata yang ada di kampung rawa via https://mangkoko.com

Advertisement

Setelah berkeliling kota Semarang, pasti anak sudah lelah dan lapar. Nah…sekarang waktunya makan-makan. Di kawasan wisata apung kampung rawa Ambarawa anak dapat memancing langsung ikan-ikan untuk dijadikan olahan yang enak disantap. Pasti anak akan lahap makannya.

Selain kegiatan memancing, masih ada kegiatan lain yang dapat dicoba oleh anak anda disini, yaitu main becak gowes, naik perahu dan banyak permainan yang disediakan untuk anak disini. Jangan lupa untuk peran orang tua menceritakan dongeng tentang rawa pening, pasti dapat membantu perkembangan bahasa anak.

4. Chimory on The Valley Resto

ngasih makan sapi

ngasih makan sapi via https://travel.detik.com

Chimory yang dulu ada di Bogor sekarang juga sudah hadir di Semarang, tepatnya di daerah Bawen Searang, dengan nama Chimory on The Valley Resto. Disini tidak Cuma restoran saja, tetapi wahana bermain dan kebun binatang mini. Ada beberapa hewan yang ada disini, seperti sapi, kelinci, burung dan lain-lain. Yang menariknya disini, anak dapat memberi makan langsung hewan-hewan, dengan membayar sekitar RP 10.000, anak akan mendapat beberapa potong wortel untuk di makan para hewan. Pasti asyik melihat langsung hewan, mengetahui jenis-jenis hewan serta memberikan makanannya langsung.

5. Simpang Lima Semarang

wisata malam simpang lima Semarang

wisata malam simpang lima Semarang via http://news.detik.com

Wisata terakhir, wisata malam yang menyenangkan untuk anak, yaitu wisata simpang lima semarang. Disini anak dapat mencoba permainan sepeda gowes dengan lampu warna-warni yang menghiasinya sampai sepeda dengan dua sampai tiga kursi yang dapat digunakan bersama-sama untuk anak dan orang tua mengelilingi kawasan simpang lima Semarang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya