Hati-hati, Overthinking Bisa Membunuh Kebahagiaanmu. Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Terbebas darinya!

cara terbebas dari overthinking

Pernah nggak sih kamu melihat orang yang sering berpikir panjang, lama, dan terlalu berlebihan? Padahal yang dipikirkan itu adalah hal-hal yang sebenarnya belum tentu akan terjadi sekarang, di masa depan atau mungkin hal tersebut pernah terjadi di masa lalu dan masih dicemaskan hingga saat ini ?

Pernah? Atau mungkin kamu juga sedang merasakannya?

Sebagai individu yang sehat secara mental dan fisik tentunya sangat wajar ya guys bila kamu menghadapi beberapa hal-hal yang membuat dirimu diharuskan untuk berpikir. Ada banyak hal yang mengharuskan seseorang untuk berpikir. Misalnya, berpikir bagaimana cara cepat untuk menyelesaikan tugas dosen atau guru, berpikir apa yang akan kamu lakukan untuk meraih mimpimu, berpikir tentang masa depan, bahkan mungkin berpikir tentang jodoh yang tak kunjung datang, hehe.

Namun, penting untuk kita ketahui bersama, bahwa tidak semua hal perlu dan harus untuk dipikirkan ya guys! Memangnya gak capek ya mikir terus? Padahal solusi dari suatu permasalahan akan lebih mudah untuk didapat dengan kepala dingin, lho. Ingat aja kalau semua hal itu telah terbentuk dengan porsi penyelesaiannya masing-masing. 

Proses berpikir secara berlebihan atau yang lebih sering kita sebut dengan overthinking tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan psikismu lho!

Overthinking atau memikirkan sesuatu secara berlebihan sangat sering kita jumpai di kalangan masyarakat. Tak hanya tentang pertemanan, keluarga, dan pendidikan, overthinking juga dapat terjadi di berbagai hal, termasuk percintaan. Overthinking dapat disebabkan oleh dua, yang pertama adalah pemikiran tentang masa lalu, karena ada penyesalan yang mungkin belum diselesaikan, yang menyebabkan kamu seperti susah untuk move on dari hal tersebut. Penyebab yang kedua adalah kecemasan tentang hal yang terjadi di masa depan.

Dampak dari terlalu banyak berpikir ada berbagai macam, salah satunya adalah gangguan kecemasan atau anxiety, susah tidur, depresi, dan bahkan juga dapat menghilangkan kegembiraan dalam hidup. Seperti bunyi dari satu kalimat ini, “OVERTHINKING KILL YOUR HAPPINESS”.

Gambarannya seperti ini guys, misalnya kamu baru saja melakukan sesuatu hal di kampus atau di rumah yang bikin hati kamu gak enakan atau timbul perasaan tidak nyaman, setelah kejadian itu, kamu masih aja mikirin hal tersebut, sampai-sampai tidak dapat tidur, karena kamu nggak tidur semalaman, otomatis pekerjaan yang kamu lakukan keesokan harinya menjadi tidak memuaskan, dan hari-harimu menjadi kurang bahagia. Eiiitsss, jangan khawatir guys, berikut 5 tips jitu yang dapat kamu coba untuk menghilangkan overthinking!

Advertisement

1. Tulislah list masalah-masalah yang sedang kamu hadapi

 Foto oleh picjumbo.com dari Pexels

Foto oleh picjumbo.com dari Pexels via https://www.pexels.com

Nah, tips yang pertama yaitu, tulis dalam bentuk tulisan sebenarnya masalah apa sih yang selama ini sedang bikin kamu overthinking? Sebenarnya hal apa sih yang sedang memenuhi pikiranmu? Kamu bisa bikin list nya dan jangan lupa untuk jujur dengan perasaan sendiri ya guys. Ini akan membantu kamu untuk mengefektifkan dan membuat pikiranmu jadi lebih santai dalam menghadapi masalah-masalah tersebut.

2. Yuk, santaikan dirimu dengan menghindari pikiran negatif

 Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels

Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels via http://www.pexels.com

Untuk menghilangkan overthinking, kamu harus tau cara untuk membahagiakan diri sendiri terlebih dahulu ya. Dapat dimulai dengan menghindari berpikiran negatif, dan kamu juga bisa bahagia, bahkan dapat dilakukan dengan hal yang sederhana sekalipun, karena tidak harus mewah untuk menjadi bahagia guys. Misalnya dengan berpergian untuk liburan, meditasi, atau hang out bersama teman-teman dan kamu juga dapat melakukan olahraga dengan rutin.

Advertisement

3. Luangkan waktu untuk duduk dan bertukar pendapat bersama orang lain

 Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via http://www.pexels.com

Nah guys, ternyata duduk dan bertukar pikiran dan pendapat dengan orang lain juga dapat meminimalisir overthinking-mu, lho. Terkadang overthinking yang kita alami itu bisa diakibatkan karena terlalu sering memendam sendiri perasaan dan pikiran. Tidak hanya itu, saling bertukar pikiran dengan teman juga dapat membuatmu menemukan solusi dari penyebab overthinkingmu, lho.

4. Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru ya

 Foto oleh Fallon Michael dari Pexels

Foto oleh Fallon Michael dari Pexels via http://www.pexels.com

Overthinking dapat membuatmu takut untuk mencoba hal-hal baru yang sebenarnya ingin kamu lakukan. Padahal mungkin saja hal itu dapat menambah pengetahuan dan softskill kamu. Seperti hal nya dengan melukis. Nah, mulai sekarang jangan takut untuk memulai.

5. Kamu dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk menyelesaikan masalahmu

Advertisement
 Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Foto oleh Christina Morillo dari Pexels via http://www.pexels.com

Tips yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah fokus pada solusi dari masalah, bukan malah memikirkan hal-hal yang di luar dari kendalimu. Salah satu alternatifnya adalah kamu dapat meminta bantuan dari psikolog. Nah, berkonsultasi dengan psikolog bukan berarti kamu mengalami gangguan mental. Namun, dengan berkonsultasi kamu akan menemukan solusi dari permasalahan yang sedang kamu hadapi, gimana?

Nah, gimana nih guys? Sudah siap belum untuk mencoba 5 tips yang sudah kita bahas diatas untuk menghilangkan overthinking? Terlihat sepele, tetapi dapat berdampak besar bagi kamu, lho! Selamat mencoba, kamu pasti bisa, ayo semangat lagi guys!!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE