5 Pelajaran yang Bisa Kamu Ambil dari Pengalaman Patah Hati

Pelajaran hidup dari patah hati

Setiap orang pasti pernah mengalami patah hati terberat dalam hidupnya. Rasa sakit setelah dikecewakan  dan dikhianati memang tidak mudah untuk dilalui. Perasaan patah hati yang kamu rasakan adalah resiko yang harus ditanggung ketika kamu memutuskan untuk membuka hati dan jatuh cinta kembali. Namun, perlu diketahui bahwa tak selamanya patah hati itu merupakan hal yang buruk.

Kamu bisa mengambil pelajaran atau hikmah dari pengalaman patah hati yang pernah kamu rasakan. Pelajaran inilah yang nantinya akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa ketika kamu sudah siap untuk jatuh cinta lagi di masa depan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui pelajaran apa saja yang bisa kamu ambil dari pengalaman patah hati. Yuk simak dibawah ini!

Advertisement

1. Kamu belajar untuk lebih menyayangi diri sendiri

photo by Juliet Huillcacuri Ormachea

photo by Juliet Huillcacuri Ormachea via https://www.pinterest.es

Mengalami patah hati tentu membuatmu merasakan kesedihan yang begitu dalam. Namun ketika kamu merasa sedih, kamu tidak bisa terus menerus larut dalam kekecewaan itu. Ada saatnya kamu harus bangkit dan menjalani kehidupan yang baru. Saat kamu tidak lagi menjalin hubungan dengan dia yang sudah menyakitimu, tentu saja kamu akan mempunyai lebih banyak waktu untuk mencintai diri sendiri. Pelajaran yang bisa diambil dari patah hati adalah kamu bisa lebih menyayangi dan merawat diri sendiri sampai kamu siap untuk membuka hati lagi nantinya. 

2. Belajar untuk merelakan

photo by Anthony Tran

photo by Anthony Tran via https://unsplash.com

Saat mengalami patah hati, pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa sekeras apapun kamu berusaha jika memang dia tidak ditakdirkan untukmu maka memang dia bukan untukmu. Melepaskan orang yang pernah singgah di hatimu memang tidak mudah. Namun, kamu juga harus yakin bahwa kamu akan mendapatkan yang lebih baik kedepannya jika kamu mau merelakan semuanya. Jadi tidak ada salahnya untuk belajar mengikhlaskan, agar kamu juga bisa dengan tenang menjalani kehidupan yang baru.

3. Kamu bisa menciptakan kebahagiaanmu sendiri

photo by Allef Vinicius

photo by Allef Vinicius via https://unsplash.com

Saat kamu menjalin hubungan dengan si dia, tentu saja akan selalu ada kenangan bahagia yang tidak bisa terlupakan. Lalu, ketika hubunganmu telah usai hal itu seketika hanya menjadi kenangan yang tidak bisa diulang kembali. Ketika saat itu terjadi, tidak apa-apa untuk bersedih sementara. Namun, yang perlu diingat adalah bahwa kamu juga bisa menciptakan kebahagiaanmu sendiri dan tidak bergantung pada orang lain untuk kedepannya. Kamu bisa memanjakan dirimu sendiri dengan pergi solo traveling ataupun menikmati waktu dengan teman-teman dekatmu. 

4. Lebih bisa bebas dan produktif

photo by Fernando Brasil

photo by Fernando Brasil via https://unsplash.com

Hal positif yang bisa kamu ambil dari pengalaman patah hati adalah kamu bisa lebih bebas dan memanfaatkan waktu dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa lebih hemat pengeluaranmu. Jika sebelumnya kamu banyak menghabiskan waktu dan biaya dengan nya, maka saat inilah waktu yang tepat untuk bisa menabung dan memulai hidup yang produktif. Sebab, hidup memang harus terus berjalan dan kamu juga berhak hidup bahagia.

5. Membentuk diri sendiri menjadi pribadi yang lebih kuat lagi

Advertisement
photo by Candice Picard

photo by Candice Picard via https://unsplash.com

Merasakan patah hati memang tidak mudah untuk dijalani. Namun, dari pengalaman patah hati tersebut bisa menjadikanmu pribadi yang lebih kuat lagi untuk kedepannya. Nantinya, kamu akan lebih berhati-hati lagi dalam membuat pilihan dan tentunya kamu sudah akan jauh lebih kuat menghadapi tantangan hidup lainnya. 

Nah itulah 5 pelajaran yang bisa kamu ambil dari pengalaman patah hati. Jika kamu sedang mengalaminya, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran untuk bisa bangkit kembali. Semoga bermanfaat ya!

 

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE