Semua yang pernah muda, pasti pernah mengalami patah hati. Alasannya beragam, entah karena cinta yang bertepuk sebelah tangan, ditikung teman, diputusin sepihak, sampai diselingkuhi pacar! Eh, tapi gak semua orang bisa sukses melewati fase ini, lho.

1. Bayangkan hal-hal buruk dari doi, jangan ingat kenangan indahnya terus

mengatasi rasa takut

mengatasi rasa takut via http://intisari.grid.id

Jangan salah, bukan berarti kamu harus membencinya. Tapi, temukan banyak alasan kenapa dia nggak layak kamu tangisi, apalagi jadi pacarmu. Seperti misalnya sikap yang kasar, jorok, cemburuan, temperamental, kebiasaan meremehkan orang.

Kamu nggak mau kan hidup dengan orang seperti ini? Ingatlah sisi buruk doi, sehingga kamu nggak perlu merasa rugi banyak berpisah darinya. Kalau doi sekelas Ji Chang Wook sih, nangis bombay juga silakan.

2. 3. Jangan berdiam sambil dengar lagu galau seolah kamu model video klip isi lagu tersebut

music is alive

music is alive via http://theodysseyonline.com

Advertisement


Lho, kenapa? Kan terserah aku.


Gini dears, terkadang kita suka mengasihani diri sendiri dan berlarut-larut dalam kesedihan. Udah tahu diputusin, malah dengar lagu Asal Kau Bahagia, Pamit, dan sejenisnya. Memang mewakili perasaanmu, tapi nggak membawa perubahan baik. Lain cerita kalau kamu dengerin lagunya Kelly Clarkson yang What doesn’t Kill You Make You Stronger, Skyscraper dari Demi Lovato, atau Tombo Ati-nya Opick.

3. Ayo olahraga! Bukan hanya hatimu yang harus move on, tubuhmu juga perlu

Males nge-gym atau sekadar lari keliling kompleks? Yaudah, download aja aplikasi daily workout, terus kamu olahraga deh tuh di rumah. Olahraga mampu memacu kerja jantung dan memompa darah ke seluruh tubuh. Peredaran darah lancar, pikiran kita pun jadi lebih jernih. Mungkin kamu akan segera sadar waktumu terbuang sia-sia dipakai ngulet di kasur dan stalking medsos mantan, atau nyinyirin pacar barunya.

4. Lakukan kegiatan favoritmu: sendiri atau bareng teman, yang penting happy!

Advertisement

Kalau suka nyanyi, boleh tuh ke tempat karaoke. Kamu bisa menyalurkan kesedihanmu lewat lagu-lagu, teriak aja sampai suara serak, dijamin lega. Atau kamu yang hobi baca, bisa ke toko buku dan beli buku bacaan baru. Shopping, melakukan perawatan spa dan salon, belajar memasak, wisata kuliner, atau naik gunung. Sesuaikan saja dengan hobimu dan habiskan waktu untuk itu!

5. Memperbaiki diri sendiri adalah balas dendam terbaik

be better

be better via http://tumblr.com

Nah, ini yang paling penting. Balaslah sakit hatimu dengan cara yang positif. Buatlah mantan, gebetan, atau temanmu menyesal nyakitin kamu. Gimana caranya? Coba tulis dulu di selembar kertas apa aja kekurangan dalam dirimu yang mau kamu benahi. Tulis juga hal-hal yang ingin kamu capai, atau kelebihan yang mesti kamu upgrade. Kayak, wajahku kusam, aku perlu rajin maskeran supaya kinclong. Semester berikutnya IPK-ku harus 3,99! Kemampuan presentasiku udah bagus, tinggal latihan ngomong pake bahasa Inggris, dan masih banyaaak lagi.

Paling penting adalah, jangan mengkerdilkan dirimu sendiri dengan mindset kamu nggak cukup berharga sehingga doi ninggalin kamu. Kamu kalah cantik sama pacar barunya, kamu bukan horang kayah dan sebagainya. Buang jauh-jauh ya! Dalam kondisi patah hati, teruslah mengkonsumsi hal-hal yang positif supaya kamu segera bangkit lagi. Salam muda perjuangan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya