Bukan perkara yang mudah, hidup dengan orang lain sampai tua nanti. Berbagi hidup dan tempat bersama. Menjalin hubungan dengan latar belakang hidup yang berbeda. Menyatukan dua buah pikiran yang berbeda. Meredam ego satu sama lain. Ada perihal yang harus diingat sebelum memutuslan bersama.

1. Jangan Membandingkan Pasanganmu

pinterest.com via https://id.pinterest.com

Siapapun punya masa lalu, termasuk kamu. Mungkin mantan kekasihmu lebih tampan atau lebih mapan dari dirinya sekarang. Atau lebih perhatian dan lain-lain. Apa kamu lupa, dia juga punya masa lalu, mungkin ia lebih memilih menyimpannya rapat-rapat agar tak menyinggungmu. Atau kamu sedang membandingkan dia dengan ayah atau ibumu? Dia hanya belum sesempurna orangtuamu yang sekarang . Simpanlah pikiran itu, hanya akan menjadi boomerang bagi hubunganmu. Siapa yang tau dia sedang berusaha mati-matian untuk membahagiakanmu. Positif gengs! Siapapun punya masa lalu, termasuk kamu. Mungkin mantan kekasihmu lebih tampan atau lebih mapan dari dirinya sekarang. Atau lebih perhatian dan lain-lain. Apa kamu lupa, dia juga punya masa lalu, mungkin ia lebih memilih menyimpannya rapat-rapat agar tak menyinggungmu. Atau kamu sedang membandingkan dia dengan ayah atau ibumu? Dia hanya belum sesempurna orangtuamu yang sekarang . Simpanlah pikiran itu, hanya akan menjadi boomerang bagi hubunganmu. Siapa yang tau dia sedang berusaha mati-matian untuk membahagiakanmu. Positif gengs!

2. Cintai Hatinya

pinterest.com via https://id.pinterest.com

Cintai hatinya. Jangan uang atau parasnya. Keduanya bisa habis termakan waktu. Buka matamu untuk melihat hatinya yang lembut. Dia rela mengesampingkan egonya untuk dirimu, karena dia tau nantinya akan hidup bersama orang tersayang sampai tua.

3. Dampingi Pasanganmu dalam Kondisi Apapun

Advertisement

pinterest.com via https://id.pinterest.com

Mungkin bagi dia dirimu adalah dunianya. Dia akan sangat merasa senang jika kamu berada disampingnya, walau hanya sekadar menemani. Melihat senyummu yang manis, sepulang kerja membuat pikirannya sedikit tenang. Ketika nanti dalam keadaan susah sekalipun, kamu masih menggenggam erat tangannya. Bukan masalah yang besar kan ketika sekadar makan pecel lele di pinggir jalan ditemani lalu lalang motor, kalian tetep romantis kok!

4. Berusaha Menerima Satu Sama Lain

pinterest.com via https://id.pinterest.com

Tiap manusia pasti punya kekurangan dan kelebihan. Mungkin yang kamu punya, dia sangat kurang begitupun sebaliknya. Saling melengkapi adalah pilihan yang tepat untuk hubunganmu. Seiring berjalannya waktu nanti pasti satu persatu akan diketahui, entah cara tidurnya yang membuatmu ilfeel atau kamu yang berdandan sangat lama dan dia sangat sabar menunggumu. Bersiaplah, nikmati semua prosesnya.

5. Belajar Memaafkan

pinterest.com via https://id.pinterest.com

Memaafkan, memang bukan hal yang mudah. Tetapi bukankah memaafkan seseorang adalah memperbaiki perasaan dan hubungan. Ingat kembali, dia akan bersamamu sampai nanti. Jika kamu orang yang susah memaafkan dan susah menerima keadaan. Bagaimana keadaan hubunganmu nanti?