Mungkin kamu adalah salah satu orang yang ditanya “Kapan nikah?” jawabnya, “Nanti masih nabung,”. Nah, asal kamu tahu ya girls, pernikahan bukan hanya soal uang lho. Ada beberapa hal yang mungkin tidak kita perhatikan yang sebenarnya sangat penting untuk dipersiapkan jika kita akan menikah.

Nah, lima hal di bawah ini harus kamu perhatikan ya agar kamu tidak menyesal setelah menikah nanti.

1. Menerima masa lalu pasanganmu

Masa lalu pasangan

Masa lalu pasangan via https://www.scarymommy.com

Setiap orang pasti memiliki masa lalu, entah masa lalu yang baik atau pun masa lalu yang buruk. Sayangnya, kita memang anti untuk mengenang masa lalu yang buruk. Lalu, bagaimana jika pasangan memiliki masa lalu yang buruk? Oleh karena itu, sebelum menikah tidak ada salahnya untuk saling jujur satu sama lain.

Advertisement

Jika kamu dan pasanganmu sudah sepakat untuk saling menerima dan siap untuk melanjutkan hubungan pernikahan maka tidak ada salahnya segera menggelar pesta pernikahan. Tidak ada penghakiman atas kesalahan yang pernah dibuatnya, buatlah dia nyaman untuk menatap masa depan yang lebih bahagia bersama kamu.

2. Mengetahui sifat baik dan sifat buruk pasangan dan menerimanya

Happily Married Couples

Happily Married Couples via https://parfaitlingerie.com

Ada orang yang mengatakan sebelum menikah kita harus tahu benar sifat pasangan kita. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan. Ketika memutuskan untuk menikah, kamu sudah harus siap menerima sifat dia yang baik dan yang buruk. Apakah dia susah bangun tidur? Ataukah dia sering kentut sembarangan?

Pilah dulu saja sifat buruk yang bisa kalian terima. Jika ada sifat buruk yang fatal dan sulit diubah sebelum menikah kamu bisa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan pasanganmu. Bisa saja kan setelah menikah denganmu dia meninggalkan sifat buruknya?

3. Menyiapkan visi dan misi setelah menikah itu penting lho

Happy in a marriage

Happy in a marriage via https://www.authorlove.com

Advertisement

Menikah memang tujuan setiap orang yang sedang menjalin hubungan. Tapi, ada hal lain yang juga harus diperhatikan yakni visi dan misi setelah menikah. Tentunya kamu tidak ingin kan membangun rumah tangga yang flat dan standar saja kan?

Kamu dan pasangan harus mempersiapkan dimana akan tinggal, bagaimana akan menjalani kehidupan rumah tangga, bagaimana mengelola keuangan, dan juga rencana kapan akan melakukan program kehamilan.

4. Jujur dan terbuka mengenai keuangan

Rencana keuangan pasangan baru

Rencana keuangan pasangan baru via https://www.moneycrashers.com

Sebelum menikah hendaklah kamu jujur mengenai finansial kepada pasanganmu. Tidak ada salahnya untuk jujur berapa gaji kamu dan gaji pasanganmu. Setelah tahu, tentunya kalian bisa merumuskan bagaimana mengelola keuangan kalian ketika sudah menikah nanti. Termasuk kalian bisa membicarakan bagaimana pembagian keuangan untuk resepsi nanti.

Ingat yah, ini sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai pasanganmu tidak tahu mengenai gaji yang kamu dapatkan setelah kamu menikah nanti. Dengan tahu gaji masing-masing, kamu akan lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran dan pendapatan kamu, kan? Jangan bohong ya!

5. Mengenali keluarga pasanganmu dan menerimanya dalam kehidupanmu

Memperkenalkan pasangan kepada orangtua

Memperkenalkan pasangan kepada orangtua via https://www.girlschase.com

Setiap pasangan yang hendak menikah tentunya tidak hanya menyatukan dua manusia, tetapi dua keluarga besar yang awalnya adalah orang asing lalu menyatu dan menjadi sebuah keluarga. Kamu harus menerima keluarga pasanganmu, begitu pun sebaliknya. Hal ini sangat penting lho, karena keluargalah yang nantinya akan disibukkan oleh kamu ketika hari pernikahan tiba.

Nah, oleh karena itu, tidak ada salahnya sebelum menikah kamu sering mengunjungi keluarga pasanganmu, tentunya tetap tunjukan sikap yang baik yah agar kamu juga diterima oleh keluarga pasanganmu. Ingat ya, orangtua pasanganmu nantinya akan menjadi orangtuamu juga ketika kamu sudah menikah.

Nah, sudah tahu kan menyiapkan pernikahan bukan hanya soal mengumpulkan uang untuk resepsi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya