Apapun yang kita dengar tentang Britain, pasti terdengar selalu menyita perhatian. Terbukti, ketika kita mendengar kata “Britain” seketika hal yang pertama kali kita bayangkan adalah kemegahan negara tersebut dengan sederet atribut kenegaraannya, seperti berbagai macam istana megah yang tertata di beberapa kota di Britain. Tak heran kenapa negara ini merupakan negara kepulauan yang menerapkan sistem pemerintahan parlementer berbentuk monarki konstitusional di mana sistem pemerintahannya berpusat di kota London dengan dikepalai oleh seorang ratu.

Negara kepulauan ini terletak di benua Eropa. Secara astronomis, Britania terletak diantara 49º LU – 59,5º LU dan 11º BB - 2º BT. Letak negara ini begitu strategis yaitu berada di antara benua Eropa dan Amerika. Hal ini yang menjadikan Britania merupakan daerah pelayaran yang paling ramai di dunia.

Kemegahan negara ini didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat itu terlihat di berbagai sektor perekonomian yang bersumber dari pertanian, peternakan, pertambangan, perindustrian, dan pariwisata. Dengan kemajuan perekomian di Britania ini mampu membuat pertumbuhan perkapita di negara ini menduduki peringkat ke-18 dunia menurut Wikipedia.

Perekonomian yang tumbuh sangat pesat di Britain membuat kita ingin mengetahui bagaimana keadaan sumber daya alam serta sumber daya manusia yang tersedia di sana. Rasa penasaran muncul tentang bagaimana pemerintah di sana mengelola sumber daya alam dan sumber daya manusia sehingga mampu berjalan seimbang dan beriringan.

Dibalik suksesnya perekonomian Britania, kemegahan tetap menjadi ikon yang mengiringi kemajuan perekonomiannya. Bahkan terdapat diantaranya beberapa sektor perekonomian yang mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesana seperti Thanet Earth pada sektor pertanian, Boydells Dairy Farm yang bergerak pada sektor peternakan, Bridgewater Canal yang merupakan jalur pertambangan, British Museum yang menyajikan sejarah Britania, dan Black Country yang merupakan pusat perindustrian di Britania.

1. Pertanian – Thanet Earth

Thanet Earth

Thanet Earth via http://KentRuralPLC.com

Keadaan alam di Britania mendukung kemajuan perekonomian khususnya di bidang pertanian. Bagian timur dan selatan Britania merupakan dataran tinggi yang sangat subur. Kesuburan tanah di Britania mendukung tumbuh dan berkembangnya beberapa komoditi seperti kentang, gandum, barley, dan gula bit.

Dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Britania, masyarakat setempat bersama pemerintah mengembangkan pertanian dengan cara hidroponik melalui greenhouse. Salah satu greenhouse terbesar di Britania adalah Thanet Earth yang berlokasikan di Kent. Thanet Earth rampung pada tahun 2010 dengan luas 91 hektar yang terdiri dari tujuh site greenhouse, satu tempat pengemasan, dan dua area waduk.

2. Peternakan – Boydells Dairy Farm

Peternakan – Boydells Dairy Farm

Peternakan – Boydells Dairy Farm via http://boydellsdairyfarm.uk.id

Advertisement

Britania memiliki area padang rumput yang sangat luas sehingga memudahkan bagi pemerintah untuk mengembangkan peternakan secara intensif. Pada umumnya, hewan yang diternakan di Britania adalah unggas, lembu, biri-biri, dan babi.

Salah satu peternakan yang terkenal di Britania adalah Boydells Dairy Farm. BoydellsDairy Farm berlokasikan di Wethersfield. Peternakan ini terbuka untuk umum dan cocok bagi pelajar yang ingin mengembangkan ilmu peternakan khususnya dalam pemeliharan domba dan produksi susu domba.

3. Pertambangan – Bridgewater Canal

Pertambangan - Bridgewater Canal

Pertambangan – Bridgewater Canal via http://wikipedia.com

Kemegahan yang disuguhkan oleh Britania memberi kesan elegan yang tak terhingga di segala penjuru negara hingga lokasi pertambangannya. Lokasi transportasi pertambangan yang terkenal di Britania salah satunya ialah Bridgewater Canal. Bridgewater Canal ini sekaligus menjadi kanal pertama yang didirikan di Britania.

Advertisement

Bridgewater kanal memiliki jalur pelayaran melalui kota Runcorn, Manchester, dan Leigh yang didirikan oleh Francis Egerton. Awalnya, kanal ini dibangun untuk keperluan pribadi sebagai area pengangkutan batu bara ke area pertambangannya. Namun, pada tahun 1975, kanal ini resmi dibuka untuk umum dan merupakan salah satu objek wisata di kota Manchester.

4. Pariwisata – British Museum

Pariwisata – British Museum

Pariwisata – British Museum via http://wikipedia.com

Tentunya tidak asing lagi ketika mendengar kata“British Museum”. Ya, British museum merupakan museum budaya terbesar yang terletak di London. British Museum didirikan oleh seorang ilmuwan yang bernama Sir Hans Sloane. Pada mulanya, museum ini berisikan koleksi pribadi sang ilmuwan.

Museum ini resmi dibuka untuk umum pada tahun 1759.Ketika berada di dalam museum, kita akan menemukan jutaan koleksi benda-benda bersejarah dari seluruh penjuru dunia. Ada beberapa diantaranya seperti Pahatan mesir, relief istana Nimrud dan Niniwe, Makam Merehi dan Vas Yunani, Townley Caryatid, dan masih banyak lagi.

Tentunya, untuk situs bersejarah seperti ini sangat cocok diperuntukkan bagi kita yang ingin mengenal budaya negara yang ada di dunia. Tidak perlu khawatir untuk biaya administrasi ketika memasuki museum ini karena biaya akan dikenakan ketika peminjaman benda bersejarah.

5. Perindustrian – Black Country

Perindustrian – Black Country

Perindustrian – Black Country via http://wikipedia.com

Tak asing dan bukan rahasia lagi bagi kita bahwa Britania merupakan negara perindustrian terkemuka dan termaju di dunia. Perindustrian negara ini berpusat di kota Birmingham dan Sheffield yang dijuluki dengan Black Country. Ada alasan kenapa dua kota industry ini dinamakan demikian karena identik dengan asap yang selalu mengepul di seluruh kedua penjuru kota ini yang disebabkan oleh aktivitas kota ini. Perindustrian ini biasanya menghasilkan berbagai jenis mesin, lokomotif, pesawat terbang, hingga perkakas rumah tangga.

Britania memang tak pernah melepaskan pesonanya melalui kemegahannya. Meskipun terbilang sebagai negara yang sibuk, Britania selalu menebarkan pesonanya dan kesan luar biasa yang terlihat dari segala aspek kenegaraannya. Terbukti, pada sektor perekonomian pun negara ini masih menyuguhkan nilai budaya dan ciri khas negaranya. Hal ini tentunya membuat kita makin penasaran, bukan? Sudahkah menyiapkan daftar tempat yang akan dikunjungi ketika berada di negara ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya