Pesona Objek Wisata Desa Seboro, Lakukan Banyak Hal Sekaligus

Bila membicarakan tentang wisata, Indonesia tentunya memiliki banyak sekali destinasi yang menarik dan terkenal untuk dikunjungi. Apalagi ditambah dengan adanya industri digital terutama di media sosial sehingga menjadikan banyak munculnya destinasi-destinasi wisata baru yang belum kita ketahui sebelumnya. Seperti salah satunya yang ada di desa ini.

Desa ini bernama Seboro letaknya berada di Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Desa ini mungkin terdengar asing atau masih baru bagi sebagian orang, tapi desa ini ternyata sudah sangat terkenal di kalangan geologi di Tanah Air dan Mancanegara. Hal ini dikarenakan batuan yang ada di desa ini diketahui berasal dari dasar samudera pada kala Eosen 80 Juta tahun lalu. Dikenal oleh para ahli geologi, desa ini pun memiliki julukan sebagai Negeri dari dasar Samudera.

Desa ini memiliki bentang alam perbukitan dan persawahan yang luas, yang tentunya juga memiliki beragam potensi di dalamnya, salah satunya adalah pariwisata. Sebagai desa wisata, Seboro memiliki potensi yang sangat banyak, misalnya wisata alam, UMKM, kerajinan, dan tradisi.

Nah, berikut ini tempat-tempat wisata yang bisa dinikmati ketika berwisata ke desa ini:

Advertisement

1. Watu Kelir

Watu Kelir

Watu Kelir via https://i.imgur.com

Bila melihat dari situs desa, penamaan Watu Kelir ini dikarenakan terdapat formasi batuan yang bentuknya menyerupai kenong dan gong (alat musik Jawa) yang menurut warga sekitar pernah terdengar musik yang berasal dari tempat ini sehingga terdapat kepercayaan mistis oleh warga pada tempat ini. Namun, bila dilihat secara geologis batuan setinggi puluhan meter di tempat ini merupakan batuan lava beku yang saling menumpuk sehingga membentuk menyerupai alat musik.

Selain terdapat batuan lava beku, di tempat ini juga terdapat batu besar berwarna kehijauan yang merupakan batuan purba ketika terangkat ke permukaan bumi akibat aktivitas proses subduksi selama jutaan tahun. Batu ini merupakan batu ultrabasa dari hasil pembekuan magma pada kerak samudra, di mana formasinya berubah saat bersentuhan dengan air laut dan mengalami perubahan lagi ketika memasuki zona tunjaman dan terangkat ke permukaan.

Advertisement

Lokasi tempat wisata ini terletak di dusun Getan, situs wisata ini sejalur bila ingin mengunjungi tempat wisata Selo Asri dan Watu Goa.

2. Embung Selo Asri

Embung Selo Asri

Embung Selo Asri via https://i.imgur.com

Terletak di Dusun Getan, lokasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan sebuah waduk kecil atau embung yang berada di ketinggian yang fungsinya adalah sebagai sumber pengairan untuk pertanian di sekitarnya. Destinasi wisata ini juga memiliki wahana yang dapat dicoba seperti flying fox dan berjalan di atas tali. Di tempat ini juga tersedia area yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai sembari menikmati pemandangan desa Seboro dari ketinggian.

Dari lokasi ini pengunjung dapat melihat pemandangan bagian desa, sungai, area persawahan masyarakat yang dipadu dengan hamparan perbukitan di kejauhan. Pada tempat ini terdapat pemandangan yang menarik ketika datang di pagi hari, di mana terdapat pemandangan kabut yang menarik untuk disaksikan. Bagi yang membawa keluarga, di tempat ini juga tersedia perpustakaan desa yang dapat dikunjungi yang letaknya tidak jauh dari lokasi embung.

Advertisement

3. Watu Goa

Watu Goa

Watu Goa via https://i.imgur.com

Lokasi wisata yang satu ini terletak di Dusun Jombret, dalam penamaannya oleh masyarakat sekitar disebut Watu Goa dikarenakan batu ini memiliki celah atau lorong yang dulunya digunakan sebagai tempat untuk bertapa atau meditasi. Namun, dalam pandangan peneliti geologi batu ini juga merupakan hasil dari fenomena subduksi lempeng tektonik yang terjadi 80 juta tahun lalu.

Kawasan Watu Goa ini termasuk ke dalam konservasi geopark nasional dari Karang Sambung dan Karang Bolong seperti halnya Watu Kelir. Bagi pengunjung yang ingin ke tempat ini harus siap-siap stamina karena sedikit sulit untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan pengunjung harus menyusuri lereng hutan pinus selama 15 menit. Namun, di situlah letak keseruannya, apalagi bila sudah sampai di atas, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Selain itu bagi yang suka dengan alam perjalanan ke tempat ini akan terasa menarik karena ditemani keindahan dan rindangnya hutan pinus di sepanjang jalan.

4. Kerajinan Tenun Jojogan

Kerajinan Tenun Jojogan

Kerajinan Tenun Jojogan via https://i.imgur.com

Selain bisa berwisata alam di desa Seboro juga terdapat wisata kerajinan tenun. Pada tempat ini pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan kain tenun, selain itu di sini pengunjung juga bisa membeli langsung hasil kain tenun yang sudah dibuat. Kerajinan tenun desa Seboro ini mulai berdiri sejak 2019, yang sudah menghasilkan beberapa produk berupa kain baju, sarung dan selendang. Hasil produksinya pun sudah di dipasarkan hingga ke Tegal, Bali, Jakarta hingga Timur Tengah. Bagi pengunjung yang tertarik dapat menghampiri lokasi pengrajin tenun ini yang berada di dusun Jojogan.

5. Kuliner UMKM Kacang Umpet

Kuliner UMKM “Kacang Umpet”

Kuliner UMKM “Kacang Umpet” via https://i.imgur.com

Tidak jauh dari lokasi kerajinan tenun Jojogan, pengunjung dapat mendatangi salah satu tempat UMKM yang memproduksi camilan Kacang Umpet yang ada di desa ini. Pada tempat ini pengunjung dapat melihat langsung proses produksi dan juga bisa mencoba langsung rasa dari produk Kacang Umpet yang manis dan gurih. Ketika berada di sini pengunjung juga bisa membeli langsung produk Kacang Umpet sebagai buah tangan atau oleh-oleh ketika berkunjung dari desa Seboro.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Ilmu Komunikasi disalah satu universitas di Yogyakarta. Memiliki hobi dengan mendengarkan musik dan bermain Game.

CLOSE