Apa yang pertama kali kamu ingat ketika mendengar nama Britain?

Logat bahasa Britainnya yang khas? United Kingdom? Harry potter?

Pasti beberapa jawaban di atas adalah satu hal yang kerap kali mewakili jawaban kita mengenai Britain.

Britain adalah salah satu bagian dari UK (United Kingdom). kebanyakan orang salah mengira bahwa Britain adalah UK itu sendiri. Padahal kepanjangan sesungguhnya dari UK ialah The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Britain atau Great Britain adalah bagian dari UK yang terdiri dari England, Scotland, dan Wales. Britain ini identik dengan logat bahasa Britainnya yang khas.

Jika ingin ingin tau lebih banyak mengenai logat bahasa Britain, kamu bisa menonton film Harry Potter atau Doctor Who. Apabila kamu membandingkannya dengan film-film garapan Amerika, kamu bisa menemukan perbedaan bahasa Britain dengan cara yang biasa kita gunakan dengan logat Britain.

1. ARSITEKTUR

Buckingham Palace

Buckingham Palace via http://wickipedia.com

Britainia Raya atau Inggris raya merupakan salah satu negara maju yang ada di dunia baik di bidang pariwisata, pendidikan serta ekomoni. Britain juga negara yang kaya akan sejarah dan budaya serta panoramanya yang khas. Jika kamu berkunjung ke Britain, sepanjang jalan kamu akan menemui gedung-gedung nan indah dengan gaya arsitektur kuno bak masa abad pertengahan.

Advertisement

Mulai dari kampus-kampus terkenal, kastil, hingga landmark populer seperti Buckingham Palace yang akan membuat wisatawan jatuh cinta dengan desain bangunannya yang klasik.

2. MUSEUM, PERPUSTAKAAN & GALERI

Ashmolean Museum of Art and Archaeology

Ashmolean Museum of Art and Archaeology via http://tripadventor.com

Di berbagai kota di Britain dapat kamu temui museum-museum bersejarah dan terbesar, perpustakaan dengan referensi dan teknologi yang lengkap, galeri, serta fashion shop dan spot-spot wisata menyenangkan lainnya yang menambah daftar panjang tempat yang harus kamu kunjungi di Britain. Sebut saja Ashmolean Museum of Art and Archaeology yang dibangun sejak tahun 1683 dan menjadi museum tertua di Britain. Perpustakaan Britania di London adalah Perpustakaan Nasional dan juga merupakan salah satu perpustakaan terbesar di dunia.

3. OLAHRAGA

Tim Sepak Bola Inggris

Tim Sepak Bola Inggris via https://unitedismyreligion.wordpress.com

Jika membicarakan tentang Britain, pasti tidak lupa dong dengan dua klub sepak bola raksasa yang menarik banyak fans di seluruh dunia dengan prestasi-prestasinya. Nama kedua klub ini diambil dari dua kota di Inggris yaitu Manchester dan Liverpool. Di dua kota ini, banyak sekali dijual pernak-pernik sepak bola serta stadion olahraga besar tepat klub-klub besar sepak bola bertanding.

Advertisement

Tidak hanya sepak bola, beberapa olahraga yang juga digemari oleh masyarakat Britain antara lain Rugby, tennis, kriket, dan tenis meja.

4. SENI PERTUNJUKAN

Band asal Britain "The Beatles"

Band asal Britain "The Beatles" via http://cashboxmagazine.com

Seni pertunjukan dari Britain pun tak kalah mendunianya dibanding Amerika. Tahun 1960-an, band Rock asal Liverpool bernama The Beatles mampu menginvasi dunia dengan genre musik rock n’ roll dan mencatatkan namanya sebagai band paling berpengaruh yang pernah ada. Selain itu ada banyak lagi fenomena dan genre musik yang berasal ataupun berkaitan dengan Britain, misalnya British Invasion, hard rock, galm rock, heavy metal, mod, britpop, drum and bass, progressive rock, punk rock, indie rock, gothic rock, UK garage trip hop, dan dubstep.

Musisi-musisi lainnya bersama seperti Led Zeppelin, Pink Floyd, Elton John, Queen, Rod Stewart, dan The Rolling Stones juga menjadi musisi Britain dengan penjualan album rekaman tertinggi di dunia. Masyarakat Britain sangat menggemari pertunjukan Theater. Di sana kamu bisa menemukan berbagai pertunjukan tarian, drama, dan musikal. Pertunjukan selalu mengadakan tour keliling kota, dan teater terdapat di berbagai penjuru Inggris.

5. SENI SASTRA DAN FILSAFAT

JK Rowling & Harry Potter the Philosoper's Stone

JK Rowling & Harry Potter the Philosoper's Stone via http://firstpost.com

Seni sastra maupun filsafat di Britain juga tak kalah maju. Fenomena 7 novel series Harry Potter telah mengantarkan J.K Rowling sebagai penulis terkemuka hingga wanita terkaya kedua di dunia. Bahkan selang beberapa tahun setelah ketujuh novel tersebut selesai di filmkan, Harry Potter terus memiliki banyak sekali penggemar. Saat ini novel tersebut masih sering dijumpai di toko buku dan tersebar di perpustakan sekolah maupun kampus-kampus di Indonesia.

Tempat-tempat bekas lokasi syuting Harry Potter yang ada di beberapa daerah di Inggris pun juga tak sepi pengunjung. Hal tersebut membuktikan betapa kuat pengaruh karya sastra Britain terhadap dunia. Novelis-novelis terkemuka Britain lainnya yang saat ini masih terus berkarya antara lain C.S. Lewis, George Orwell, D.H. Laurence, Virginia Woolf, Enid Blyton, Aldous Huxley, Agatha Christie, Terry Pratchet, dan J.R.R. Tolkien.

Kemunculan sastra Britain pencerahan pada periode Modern Awal juga menghasilkan beberapa penyair dan filsuf terkemuka. Salah satunya adalah William Shakespeare, dengan karya-karyanya seperti Hamlet, Romeo and juliet, Macbeth, dan A Midsummer Nights Dream.

6. FESTIVAL NASIONAL INGGRIS

Pearly Kings and Queen Festival

Pearly Kings and Queen Festival via https://qbichotels.com

Masyarakat Britain memiliki beberapa kebudayaan lain seprti perayaan tertentu dan unik yang hanya ada Britain. Salah satunya perayaan Straw bear yang biasa dilakukan pada tanggal 7 Januari. Perayaan ini diadakan sebagai tanda dimulainya masa bertani maupun berladang. Peserta pria baik dewasa ataupun remaja menggunakan kostum jerami hingga menutupi tubuh mereka, lalu mengetuk setiap pintu rumah secara bergantian, dan sang pemilik rumah bisa memberikan upah berupa uang, bir maupun makanan kepada manusia jerami.

Selain itu ada acara amal bernama Pearly Kings and Queen yang dilakukan oleh masyarakat kelas buruh maupun pekerja. Peserta diwajibkan menggunakan pakaian berkilauan dengan kancing mutiara (pearl) yang dibuat pada abat pertengahan. Ada juga tradisi Worm Chramping, yaitu tradisi menangkap cacing tanah dengan wilayah perburuan 3×3 m bagi setiap peserta. Peserta dibolehkan membunyikan musik apapun untuk memancing cacing keluar, tetapi tidak boleh menggunakan bahan/obat-obatan termasuk air.

7. BUDAYA & PERILAKU MASYARAKAT BRITAIN

Euforia masyarakat Inggris

Euforia masyarakat Inggris via http://hipwee.com

Masyarakat Britain terkenal akan keramah tamahannya. Hal itu bukan rahasia lagi dimana orang Britain terbiasa mengucapkan salam saat bertemu orang lain. Mereka cenderung sering mengucapkan kata “sorry” bahkan ketika mereka tidak melakukan kesalahan. Seperti halnya orang Indonesia, orang-orang British sangat suka bercanda, mereka mudah melepaskan candaan maupun menimpalinya.

Apabila berbincang-bincang bahkan pada orang yang tidak dikenal, mereka suka sekali membahas tentang cuaca. Terutama orang yang sudah tua, mereka akan menyapa dengan ramah sekali. Terkadang bahkan terdengar sangat intim dengan menggunakan panggilan sweetheart, love, hingga darling. Misalnya ketika kita sedang menunggu bus, seorang ibu-ibu menyapa dengan ramah “lovely weather today, right darling?”

Salah satu kebudayaan orang-orang britain yang patut kita contoh adalah tingkat kedisiplinan dan rasa persatuannya. Seperti halnya budaya antri yang menjadi nilai dan norma masyarakat. Orang Britain menganggap orang yang tidak mau mengantri adalah orang yang egois. Begitu juga dengan rasa persatuan yang di miliki orang Britain. Hal itu bisa kita lihat ketika pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Seluruh masyarakat Britain ikut bersuka cita dan berpesta di Jalanan.

Semakin kita mengenal Britain, semakin kita menemui ragam budaya, kebiasaan unik, dan panorama klasik yang hanya dimiliki Britain. Keindahan panorama dan ragam budayanya seperti magnet yang membuat kita selalu ingin menetap atau sekedar berkunjung ke sana.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya