#RamadandiKampungku-7 Kudapan Berbuka Khas dari Kota Gandrung

Isun tunggu nang Banyuwangi

Bulan suci ramadan telah tiba. Bulan dengan penuh keberkahan dan ampunan. Bulan yang bisa kita temui hanya satu tahun sekali. Sungguh bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia. Perihal ramadan tak lepas dari segala serba-serbinya, mulai ibadah (teraweh dan tadarus) hingga ke kulinernya.

Serba serbi ramadan juga telah menyisir hingga ke Banyuwangi. Kota paling timur di Jawa Timur ini memiliki kemeriahan yang tak kalah dengan Surabaya saat Bulan Ramadan datang. Lapak-lapak kuliner berjejeran di sekitar trotoar dan bahkan beberapa wilayah dibuatkan tempat khusus atau disini menyebutnya Pasar Takjil Ramadan. Ada banyak makanan yang dijual, dari sekedar hidangan ringan sampai ke berat. Di Pasar Takjil Ramadan juga kita bisa menemui kudapan berbuka khas Banyuwangi yang cuma ada di Bulan Ramadan. Seperti apakah tampaknya? Berikut ini deskripsinya.

Advertisement

1. Petulo

Kudapan yang satu ini tergolong langka ketika mencarinya bukan di Bulan Ramadan. Ciri khas petulo persis seperti mie, memiliki tiga warna (merah muda, hijau, dan putih), dan cara makannya yaitu dengan menyiram air juruh santan (santan rasa gula merah).

2. Kopyor Roti

Advertisement

Mungkin kudapan ini di beberapa wilayah juga ada, meskipun begitu saat Bulan Ramadan seperti sekarang ini kopyor roti tetap menjadi kudapan berbuka yang ditunggu. Bentukan kopyor roti adalah perpaduan antara roti, suun dan atau mutiara yang disiram air santan lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aku adalah Perempuan Kecil yang Gampang Diombang-Ambingkan Angin

Editor

CLOSE