Yuk Olahraga! Ini Dia Rekomendasi 5 Tempat Jogging Terbaik di Jogja!

5 tempat jogging di Jogja.

Jogging merupakan sebuah olahraga alternatif yang mudah dilakukan dan dapat dipraktekkan di mana saja. Bagi sebagian orang, jogging menjadi sebuah hobi yang menyenangkan dan menyehatkan. Tentu banyak dari kita sudah mengetahui mengenai manfaat salah satu olahraga ini yaitu dapat membantu detak jantung, meningkatkan sistem pernapasan, mengurangi efek depresi atau stress, dan lain lain.

Agar olahraga joggingmu dapat berjalan menyenangkan dan menyehatkan tentu ada persiapan yang musti diperhatikan, salah satunya adalah memilih lokasi jogging yang tepat. Kalau anda sedang berada di Jogja, menemukan lokasi jogging tidak akan mengalami kesulitan. Nah di bawah ini terdapat lima lokasi rekomendasi untuk jogging yang ada di kota Jogja.

Advertisement

1. 1. Stadion Maguwoharjo

instagram @_made_in_indonesia

instagram @_made_in_indonesia via https://www.instagram.com

Stadion yang menjadi markas salah satu klub Liga Satu Indonesia, yaitu PSS Sleman ini menjadi salah satu tempat jogging recomended yang ada di Kabupaten Sleman. Hal tersebut karena di area stadion ini memiliki jalan aspal yang memutari bangunan stadion. Disini anda dapat melakukan aktivitas jogging memutari stadion dengan leluasa karena luas jalan aspal yang ada di sana cukup lebar. Selain luas jalan yang lebar, disini juga terdapat fasilitas pendukung, seperti lahan parkir luas, toilet yang berada di masing-masing sisi bangunan stadion, dan terdapat fasilitas barbel dan juga lapangan voli di barat stadion.

Anda bisa menikmati fasilitas tersebut secara gratis jika anda menggunakan sepeda atau hanya berjalan kaki ketika memasuki area Stadion Maguwoharjo. Namun anda akan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Saran bagi anda yang ingin jogging di sini ialah datanglah ketika tidak ada pertandingan sepak bola yang di gelar di Stadion Maguwoharjo. Karena jalanan didalam area stadion akan penuh dengan suporter maupun kendaraan.

Advertisement

2. 2. Embung Tambakboyo

instagram @jogjaseni

instagram @jogjaseni via https://www.instagram.com

Embung Tambakboyo menjadi salah satu rekomendasi tempat jogging untuk kalian yang berada di Jogja. Tempat ini tak jauh dari Stadion Maguwoharjo, hanya 10 menit dari Stadion Maguwoharjo untuk sampai disini. Tempat ini memiliki jalan yang dibuat dari conblok yang memutari embung atau waduk, dengan lebar jalan sekitar 3-4 meter. Embung atau Waduk Tambakboyo menjadi salah satu tempat jogging favorit bagi masyarakat Jogja karena pemandangan dan suasana yang diberikan di sini. Jika beruntung, anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang berada di utara.

Untuk masuk area waduk kalian tidak dipungut biaya, namun akan dikenakan parki sebesar Rp 2.000 bila kalian membawa sepeda motor, dan Rp 3.000 untuk mobil.

3. 3. Jogja Expo Center

Advertisement
instagram @_made_in_indonesia

instagram @_made_in_indonesia via https://www.instagram.com

Jogja Expo Center atau sering disingkat JEC ini merupakan sebuah bangunan serbaguna untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan atau acara. Di JEC kalian dapat memanfaatkan area di luar bangunan utamanya untuk jogging. Dengan tipe jalan yang terbuat dari aspal, membuat jogging kalian menjadi nyaman. Selain itu, disini juga memiliki fasilitas toilet dan mushola. Pepohonan di JEC cukup banyak, sehingga akan membuat nyaman kalian yang sedang jogging di sini.

Lokasi JEC sendiri berada di Jalan Raya Janti, tepatnya sebelah barat Perpustakaan Grhatama Pustaka. Jika anda datang dihari Senin-Sabtu, anda tidak dipungut biaya parkir, namun jika anda datang pada hari Minggu anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

4. Graha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada Residence

Universitas Gadjah Mada Residence via https://residence.ugm.ac.id

Graha Sabha Pramana atau sering disebut GSP, merupakan gedung pertemuan serbaguna milik Universitas Gadjah Mada. Gedung ini berfungsi sebagai sentra akademik, seperti wisuda, seminar atau workshop, pernikahan, dan sebagainya. Lokasi ini sering digunakan berolahraga para mahasiswa UGM, namun juga terbuka untuk umum dan gratis.

Tempat ini memiliki wilayah dan jalanan yang luas sehingga dapat digunakan sebagai lokasi jogging maupun olahraga lainnya. Banyak pepohonan di area GSP ini, sehingga para pengguna GSP dapat dengan nyaman menikmati suasana di sana.

5. Alun-alun Kidul Yogyakarta

instgram @otuhostel

instgram @otuhostel via https://www.instagram.com

Alun-alun Kidul Yogyakarta merupakan Alun-alun yang dimiliki Kesultanan Yogyakarta dan letaknya ada di selatan Keraton Yogyakarta. Tempat ini sering dikunjungi oleh banyak orang, mulai untuk berwisata, tempat nongkrong, dan juga berolahraga. Alun-alun Kidul memilik area yang luas, sehingga cocok digunakan sebagai tempat jogging. Bagi kalian yang menggunakan kendaraan bermotor, bisa kalian titipkan di tempat parkir yang tersedia di pinggir jalan.

Itu tadi rekomendasi lima tempat jogging di Jogja yang bisa kalian manfaatkan sebagai sarana kalian jogging maupun olahraga lainnya. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan area tempat kalian berolahraga agar kegiatan jogging maupun olahraga kalian dapat berjalan maksimal.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE