Bagi Anda yang mempunyai hobby melancong rasanya tak lengkap bila tak sekaligus berwisata kuliner saat tengah menjelajahi sebuah obyek wisata  di Nusa Tenggara Timur (NTT). Tak hanya populer dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan, NTT ternyata juga menyimpan kekayaan kuliner dengan citarasa yang luar biasa lezat.

Anda penasaran? Berikut ulasannya.

1. Moke

Minuman tradisional sejenis tuak ini cukup mudah ditemukan di Flores. Ada dua jenis moke yaitu hitam dan putih serta keduanya mempunyai citarasa yang berbeda pula. Moke putih lebih manis dibandingkan moke hitam, sementara moke hitam rasanya lebih kurang sama dengan fermentasi dari moke putih. Karena rasanya yang manis moke putih juga sering diolah menjadi gula merah, sementara moke hitam adalah minuman yang tak boleh terlewatkan saat diselenggarakan pesta adat.

2. Berbagai jenis hidangan laut

www.joyfulljourney.net

www.joyfulljourney.net via https://www.joyfulljourney.net

Advertisement

Karena merupakan daerah yang didominasi pesisir, hidangan khas masyarakat NTT tentu mayoritas adalah seafood atau makanan laut. Di hampir semua warung makan tepi pantai Anda dapat menemukan hidangan laut mulai dari ikan bakar, goreng kepiting, tumis rajungan atau cumi, dan lain-lain.

3. Kolo

Cara memasak hidangan ini sangat unik karena menggunakan buluh bambu yang masih berbentuk silinder panjang. Pertama, beras dinanak hingga matang dan menjadi nasi kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu khas tradisional kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang bagian dalamnya sudah diberi pelapis daun pisang. Bambu sepanjang 30 cm tersebut kemudian dibakar hingga kolo matang sempurna.

4. Kerang Masak Semboko

resepkoki.co

resepkoki.co via https://www.pinterest.com

Bahan utama dari makanan ini adalah kerang hijau. Manfaatnya membantu tubuh kembali fit karena kerang hijau seperti yang kita ketahui memiliki protein yang besar dan juga berguna untuk menambah daya tahan tubuh.

5. Kue Cucur NTT

Advertisement

Kue cucur NTT merupakan hidangan khas pulau Aesao yang juga masih merupakan bagian dari wilayah tersebut. Bahan baku kue ini adalah tepung beras, gula merah atau gula lempeng, dan daun pandan. Selain disantap sebagai makanan ringan teman minum teh di sore hari, kue cucur NTT juga kerap menjadi buah tangan karena cukup tahan lama, asalkan tak sampai terlalu lama. Ini karena kue tersebut dibuat dengan bahan alami dan tanpa campuran bahan pengawet.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya