5 Software Editing Video Buat Para Calon Youtuber. Ssst, Semuanya Gratis!

Selama ada yang gratis, lebih di manfaatkan sebaik mungkin.

Perkembangan media youtube khususnya Indonesia sudah cukup pesat. Setiap hari ada saja orang-orang kreatif yang mengupload karyanya di media tersebut. Seakan-akan, Youtube menjadi media alternatif dalam mencari informasi, hiburan, dan referensi. Hingga akhirnya banyak Youtuber baru bermunculan dalam meramaikan ranah tersebut.

Untuk menjadi seorang Youtuber, minimal anda harus menguasai ilmu di bidang editing video. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan rekomendasi perangkat lunak untuk editing video bagi pembaca setia Hipwee. Rekomendasi yang di berikan ini semuanya gratis. Walaupun gratis, tetapi sudah cukup mumpuni dalam menghasilkan karya yang bagus di Youtube.

1. Lightworks

Screenshot dari Lightworks

Screenshot dari Lightworks via https://www.lwks.com

Advertisement

Lightworks merupakan aplikasi editing video yang di kembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama EditShare. Perangkat lunak ini dapat di jalankan di berbagai platform, baik itu Windows, Linux, dan Mac OS. Fitur-fiturnya antara lain proxy editing, keyframeable effects, titling, color correction, dsb. Sudah lebih dari cukup untuk keperluan editing. Untuk ukuran instalasinya sendiri kurang dari 100 MB.

Sepengalaman penulis menggunakan, cukup ringan walaupun komputer yang di gunakan spesifikasinya cukup rendah (Intel Celeron SU2300@1.2 GHz, 2 GB RAM DDR3L@1066MHz, Windows 10 Pro,

NB : Sangat tidak disarankan untuk melakukan editing di spesifikasi seperti itu).

Advertisement

2. DaVinci Resolve

Screenshot dari DaVinci Resolve

Screenshot dari DaVinci Resolve via https://www.blackmagicdesign.com

DaVinci Resolve merupakan perangkat lunak untuk editing video yang di kembangkan oleh Black Magic Design, sebuah perusahan di Australia. Perangkat lunak ini dapat di gunakan di berbagai platform baik di Windows, Linux dan Mac OS. Salah satu nilai plus dari DaVinci Resolve dalam hal kemampuan untuk koreksi warna. Serta bisa ekspor project editing ke Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro via XML. Untuk ukuran instalasinya sendiri sekitar 800 MB.

3. Kdenlive

Screenshot dari Kdenlive

Screenshot dari Kdenlive via https://kdenlive.org

Kdenlive merupakan salah satu perangkat lunak untuk editing video gratis. Dan juga open-source, artinya kode sumber perangkat lunak ini bisa anda modifikasi, apabila anda seorang programmer handal. Aplikasi ini dapat di jalankan di berbagai platform baik itu di Windows, Linux dan Mac OS. Fitur-fitur yang di tawarkan antara lain : proxy editing, titling, keyframeable effect, serta automatic backup. Ukuran file instalasinya sendiri sekitar 150 MB.

4. HitFilm Express

Screenshot dari HitFilm Express

Screenshot dari HitFilm Express via https://fxhome.com

Salah satu perangkat lunak editing video yang bisa jadi bahan pertimbangan. Aplikasi ini telah di gunakan kurang lebih 2.6 juta pengguna. Dapat di jalankan di Windows dan Mac OS. Fitur yang ditawarkan antara lain : 2D/3D tracking, Color Correction, Footage Repairing, dan sebagainya. Untuk ukuran file instalasinya sendiri kurang lebih sekitar 500 MB.

5. Avid Media Composer First

Screenshot dari Avid Media Composer First

Screenshot dari Avid Media Composer First via http://www.avid.com

Perangkat lunak ini di kembangkan oleh perusahaan Avid. Juga pernah di gunakan untuk post-production film Wonder Woman, Beauty and The Beast dan beberapa film-film hollywood lainnya. Fitur-fitur yang di tawarkan antara lain : Stabilize footage, color correction, titling, dsb.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah seseorang yang memiliki hobi menulis. Dan mulai perlahan-lahan merambah ke dunia fotografi dan videografi. Berusaha mencari inspirasi untuk di berikan kepada banyak orang.

CLOSE