Resolusi di tahun 2017? Sepertinya kita selalu memikirkan dan mengharapkan sesuatu yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Mungkin saja di tahun baru ini kita berharap sudah mendapatkan pekerjaan atau bahkan jodoh? Tahun baru identik dengan sesuatu yang baru. Harapan baru dan semangat baru. Namun sejatinya perubahan tahun itu hanya sebuah klise angka, yang terpenting itu ialah,

“Pergantian dan perubahan atas diri; trus memperbaiki dan memantaskan diri”

Di tahun sebelumnya acapkali kita menggantungkan banyak harapan dan doa, namun hanya beberapa yang dapat terealisasikan. Untuk itulah dibutuhkan tekad dan keyakinan yang kuat agar semua doa dan harapan untuk tahun baru menjadi kenyataan.

Menyambut tahun baru tentunya banyak yang bersuka cita. Dimana pada tahun ini kita masih diberikan kesempatan untuk bernafas dan melakukan banyak hal yang bermanfaat lagi. Tapi, apakah kita sudah berterima kasih atas waktu yang diberikan sejauh ini? Jika belum, tentunya masih belum terlambat.

1. Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang

pribadi yang bermanfaat via https://berbagi.kampoenggroups.com

Mungkin setahun kemarin kita sibuk belajar atau bekerja, sehingga terkadang lupa bahwa banyak orang disekeliling yang membutuhkan kita. Maka dari itu ditahun baru ini, tidak ada salahnya kita meluangkan sedikit waktu dari porsi 24 jam kita untuk bisa lebih dekat dengan banyak orang, mendengarkan curhatan mereka atau sekedar bercengkrama. Tidakkah yang dibutuhkan manusia ialah sebuah perhatian ?

2. Menjadi pribadi yang lebih taat dalam beribadah

pribadi yang taat via http://hidayatullah.com

Kalau di tahun – tahun sebelumnya, mungkin kita masih sering lalai atau mengerjakan sesuatu setengah-setengah, sudah seharusnya di tahun baru kita bangkit dan merenungkan semua perbuatan yang kita lakukan. Berserah diri dan meminta keridhoan-Nya. Alih – alih dengan beribadah wajib tepat waktu ditambah ibadah – ibadah sunnah lainnya.

3. Menjalin networking dengan orang – orang baru

Advertisement

menjalin networking via https://stocksnap.io

Jika kamu adalah pribadi yang merasa baik – baik saja di zona nyaman, sudah seharusnya di tahun baru ini kamu membuka hati kamu untuk menjalin silaturahim dengan banyak orang. Ehm maksudnya menjalin networking untuk relasi bisnis atau organisasi sosial. Karena bisa jadi, saat kamu mulai berinteraksi dengan orang – orang baru, bersilaturahim dan terus keep in touch, tidak menutup kemungkinan, salah satunya bakal jadi jodoh kamu :p hehehe

4. Terus maju dan pantang menyerah; semua usaha yang dilakukan akan menuai hasil, karena seyogyanya hasil tak pernah mengkhianati usaha

terus maju dan pantang menyerah via https://stocksnap.io

Jika pada tahun – tahun sebelumnya kamu merasa setiap usaha yang dilakukan gagal atau keinginan dan harapan mu belum terwujud, maka di tahun 2017 ini adalah saat yang tepat untuk kamu memperbaiki semuanya. Tak ada kata terlambat untuk maju. Gali dan pelajari lebih dalam lagi setiap kesalahan yang telah kamu lakukan di tahun lalu, berdiskusi dengan orang – orang berpengalaman dan mencoba hal – hal baru yang belum pernah kamu lakukan. Karena kita tak pernah tahu, mana dari usaha kita yang akan diijabah-Nya, bukan ?

5. Mulai buat target dan rencana kedepan

buat target dan rencana via http://startupstockphotos.com

Dua belas bulan bukanlah hal yang singkat. Banyak yang bisa kita lakukan agar menuai keberhasilan. Mulai dari awal tahun ini, cobalah untuk membuat target – target yang akan kita lakukan pada bulan – bulan berikutnya. Bisa saja, apa yang kita tulis nantinya adalah doa – doa yang kita dan orang lain Aminkan. Merencanakan sesuatu tidaklah salah, karena sejatinya manusia hanya dapat berencana, tapi Tuhan jua yang mengkhendaki. Yang terpenting rencana dan usaha berbanding lurus, bukan rencana yang hanya menjadi senyumanan belaka. Apalagi jika di tahun ini buat kamu yang ingin menyegerakan pergantian status, boleh banget dimasukin kedalam daftar targetmu, sudah sejauh apa usahamu untuk mendapatkannya…? :’)

6. Bukan masalah pertambahan umur. Menjadi tua itu pasti, namun menjadi dewasa adalah pilihan

menjadi tua pasti, menjadi dewasa pilihan via https://www.splitshire.com

Memasuki tahun baru, tentunya umurmu akan semakin bertambah. Kamu bukan lagi remaja belia yang menyederhanakan hal seperti,”besok aku mau pakai baju apa?”atau “besok nongkrong disini, yuk.” Terkadang hal – hal sederhana tersebut perlu dipikirkan berulang kali karena umur yang sudah bertambah dewasa. Boleh saja hal tersebut tetap menjadi kebiasaan tapi bukan berarti prioritas. Karena di tahun baru, prioritas utama ialah tentang masa depan. Masa depan yang seperti apa itu adalah hakmu; memilih dan merangkainya. Umur yang semakin bertambah ini tentunya akan mengajarkanmu banyak hal. Banyak permasalahan yang datang. Itu pasti. Namun cara menyikapinya ialah ujian. Untuk itu, di tahun yang baru ini alangkah baiknya kita bersama berbenah diri agar bukan saja badan yang bertambah namun juga pemikiran yang berubah. Karena menjadi tua itu pasti, tapi menjadi dewasa itu pilihan.

Tentunya pergantian tahun ini adalah momentum yang tepat untuk kita memulai semuanya dari nol lagi. Tiada manusia yang sempurna. Pun bayi saja membutuhkan proses dan perjuangan agar bisa merangkak, berdiri hingga berjalan. Begitulah seharusnya, yuk sama – sama belajar dan berproses. Karena menghargai proses itu lebih indah daripada fokus pada nilai yang didapat. Jika hari ini masih belum bisa, mungkin besok atau besoknya lagi. Karena hakikatnya manusia itu makhluk belajar. Tak ada hasil yang didapat secara instan. Semua butuh perjuangan, dan didalam perjuangan pun ada pengorbanan. Tak ada kesuksesan sejati tanpa adanya perjuangan dan pengorbanan.

Yang terpenting bukanlah perubahan pada tahunnya tapi, perubahan apa yang sudah ada pada dirimu. Mau jadi dan seperti apa kita, ya kita sendiri yang menentukan. Nah, apa saja rencanamu di tahun baru ini ?