Hai para Ladies, lain dari artikelku yang biasanya. Kali ini aku ingin berbagi tahap perawatan wajah untuk menjadikan wajahmu lebih mulus, sehat, kenyal, dan berseri, seperti kulit bayi.

Jujur saja, sejak SMP aku sudah mulai mencintai perawatan, khususnya perawatan wajah. Dan itu terus berkembang hingga akhirnya menjadi satu ritual menyenangkan buat diriku sendiri. Saat melakukan perawatan wajah, ada perasaan nyaman, senang, dan kepuasan tersendiri bagiku. Merawat rajah juga membuatku merasa percaya diri. Aku bisa jalan dengan santai tanpa makeup, tapi jalan dengan wajah kusam yang kotor rasanya sangat tidak nyaman.

Jadi, kali ini aku ingin buka-bukaan soal perawatan wajahku. Memang, waktu yang diperlukan cukup lama untuk ritual ini. Tapi hasilnya sangat setimpal dengan waktu yang dikeluarkan. Banyak orang yang bilang kalau aku terlalu berlebihan soal perawatan, tapi buatku perawatan itu bagian dari rasa syukurku untuk Tuhan yang telah menciptakanku. Dan yang lebih meyakinkan, sekarang banyak orang memanggilku ‘Baby Sandra‘, karena katanya kulit wajahku seperti kulit bayi. Hahahaha!

Baiklah, ini dia ritual perawatan kecantikan ala Baby Sandra.

1. Pre-Cleanser

Wardah Miscellar Water

Wardah Miscellar Water via http://google.com

Pre-cleansing adalah tahap awal yang bertujuan untuk menghapus debu, sisa krim perawatan, atau makeup pada wajah. Untuk tahap ini aku pilih produk Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water. Produk ini cocok untuk kulit wajah sensitif. Bahannya ringan, tidak menimbulkan efek perih atau panas, lembut di wajah. Cara pakai, tuangkan secukupnya di kapas wajah dan usapkan di wajah secara perlahan. Hindari mengusap secara terburu-buru untuk menghindari noda kotoran tertinggal atau iritasi ringan.

2. Cleanser

Wardah Milk Cleanser

Wardah Milk Cleanser via http://google.com

Advertisement

Tahap berikutnya aku lanjutkan dengan cleanser. Tahap ini bertujuan untuk mengangkat total sisa makeup, debu, kotoran yang tidak tersapu maksimal oleh miscellar water. Untuk produknya, aku pilih Wardah Milk Cleanser. Aku mulai pakai produk ini sejak empat tahun lalu dan aku sangat cocok dengan produk ini. Bahannya ringan di wajah dan lembut.

Cara pakai, tuangkan secukupnya di telapak tangan, aplikasikan milk cleanser di wajah dengan jari, sapu merata di seluruh area wajah, dan lakukan pijatan ringan dan perlahan selama satu menit. Proses pemijatan ini bergunna untuk mendorong keluar kotoran yang mungkin menyumbat pori wajah, memberi efek tenang pada kulit wajah. Setelah itu bersihkan dengan tisu wajah, dan bukan kapas.

3. Face Wash

Wardah Aloe Facial Wash

Wardah Aloe Facial Wash via http://google.com

Tahap cuci wajah adalah tahap penutup dari proses face cleanser. Mencuci wajah bertujuan untuk membersihkan secara total baik sisa kotoran juga sisa krim pembersih wajah. Untuk tahap mencuci wajah, aku pilih produk Wardah Aloe Facial Wash. Bahannya nyaman di kulit, aromanya hampir tidak ada, dan busanya tidak berlebihan.

Advertisement

Saat membersihkan wajah lakukan kembali pemijatan secara oval dengan jari dan telapak tangan, untuk membuat wajah semakin maksimal dalam menerima produk perawatan tahap selanjutnya. Setelah dicuci, keringkan wajah dengan handuk khusus wajah atau tisu. Hindari mengusap wajah secara kasar dengan handuk atau tisu, karena dapat membuat pori wajar memelar. Sebaiknya tekan lembut handuk/tisu di wajah untuk menyerap air.

4. Toner

Wardah Face Toner

Wardah Face Toner via http://google.com

Setelah itu kita lanjutkan dengan toner. Toner membuat wajah lebih siap untuk menyerap produk skincare selanjutnya. Untuk toner aku pilih Wardah Face Toner. Bisa dibilang semua produk skincare Wardah ringan untuk kulit, meski sedikit lambat namun memberi hasi yang pasti. Toner dari Wardah ini memberi efek sejuk, tidak lengket, cepat menyerap, dan aromanya tidak menyengat.

Cara pemakaian, bisa diteteskan pada kapas dan diusap lembut ke seluruh area wajah dan leher; bisa juga dengan menuangkan secukupnya di telapak tangan dan menepuk pelan di seluruh area wajah dan leher. Aku sendiri lebih suka mengaplikasikannya dengan cara kedua.

5. Essense

Wardah White Secret Essense

Wardah White Secret Essense via http://google.com

Ritual perawatan selanjutnya adalah penggunaan essense. Essense membantu hidrasi kulit, penyembuhan dan pertukaran sel sehingga kulit dapat menghasilkan sel kulit baru secara rutin. Untuk essense aku pilih produk Wardah White Secret Essense. Jangan kaget kalau kamu mencium aroma agak anyir, karena produk ini tidak menggunakan parfum. Tapi itu yang membuat aku suka dengan Wardah Essense. Selain itu produknya cepat menyerap di kulit wajah, dan ada sensasi dingin yang menenangkan di kulit. Cara pakainya, bisa langsung diteteskan secukupnya di telapak tangan dan tepuk lembut di area wajah dan leher.

6. Serum

Wardah White Secret Serum

Wardah White Secret Serum via http://google.com

Serum sendiri sebenarnya adalah essense dengan konsentrat tinggi yang dapat mengatasi masalah kulit, seperti anti aging dan kulit berjerawat. Kamu harus teliti saat memlilih serum. Pilihlah serum yang memang sesuai untuk jenis kulit wajah kamu. Untuk serum, aku pilih Wardah White Secret Serum. Serum ini lebih kental dari serum umumnya, cepat menyerap ke kulit, aromanya juga sejuk. Aku suka wadahnya yang elegan, tampak mewah.

7. Moisturizer

Nature Republik Aloe Vera 92%

Nature Republik Aloe Vera 92% via http://google.com

Selanjutnya kita ke tahap moisturizer. Penggunaan moisturizer sangat membantu untuk melembabkan dan membuat kulit tampak lebih sehat. Untuk pelembabnya, aku pilih Nature Republik Aloe Vera 92%. Aku suka dan merasa cocok dengan produk import asal Korea Selatan ini. Gel lidah buayanya sejuk di kulit dan menurutku gel lidah buaya ini menolong produk ritual sebelumnya menyerap lebih baik ke dalam wajah. Menjadikan wajah terlihat lebih kenyal, sehat, lembab, dan berseri.

Jika kamu sedikit kesulitan mendapatkan produk ini, kamu dapat menggantinya dengan produk merek lain seperti Wardah Aloe Vera Gel, dll.

8. Lightening Cream

Wardah Lightening Cream

Wardah Lightening Cream via http://google.com

Ritual perawatan wajah tahap akhir adalah lightening cream atau krim pencerah wajah. Untuk menyempurnakan tahap-tahap perawatan, kamu mungkin butuh krim pencerah wajah. Krim ini akan bekerja lebih baik karena dukungan dari tahap-tahap sebelumnya. Krim pencerah membantu serum untuk menyamarkan dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Untuk krim pencerah, saya pilih Wardah Lightening Day Cream, untuk pagi hari. Wardah Lightening Night Cream untuk malam hari. Saya telah menggunakan krim pencerah ini sejak masa kuliah hingga sekarang. Hasilnya belum pernah mengecewakan.

9. Perawatan Pendukung

Perawatan Pendukung

Perawatan Pendukung via http://google.com

Nah, itu tadi ritual perawatan rutin yang kujalani hampir setiap hari. Kamu mungkin butuh waktu satu jam atau lebih untuk melakukan seluruh rangkaian perawatan tersebut, namun hasilnya akan setimpal dengan waktu yang dihabiskan. Karena proses tidak pernah mengkhianati hasil, kan. Dan untuk lebih menjaga kesehatan kulit, kamu juga butuh perawatan pendudukung.

  • "Masker alami atau masker kecantikan." Gunakan masker alami atau masker dari produk kecantikan dua kali dalam seminggu. Aku lebih suka masker alami, seperti masker lidah buaya, tomat, lemon dan madu, dll.
  • "Makanan sehat, mengandung serat, protein." Konsumsi makanan juga sangat berpengaruh untuk kesehatan kulit kita. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi gula dan makanan berkarbohidrat. Perbanyak mengkonsumsi buah, sayur, ikan, dan daging secukupnya..
  • "Tidur yang cukup." Istirahat yang berkualitas juga sangat mendukung proses regenerasi sel-sel kulit. Hindari tidur larut malam, dan jauhi bangun kesiangan.
  • "Olahraga teratur." Selalu sediakan waktu untuk olahraga setiap pagi. Telah banyak artikel kesehatan yang menyajikan berbagai jenis olahraga yang dapat kita lakukan di luar atau di dalam rumah, bahkan juga ada olahraga yang dapat dilakukan di tempat tidur. Olahraga sangat menolong kita menjaga kesehatan tubuh.

Ladies, itu tadi ritual perawatan kulit wajah yang dapat aku bagikan ke kamu. Semoga bermanfaat ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya