Saat Impianmu Belum Banyak yang Terwujud, Coba Tanyakan 5 Pertanyaan Ini ke Dirimu

Rasanya akhir tahun sudah semakin dekat, tapi nyatanya masih banyak yang belum ku dapat. Apa ada yang salah?

Apa kabar dengan resolusimu? Flashback yuk ke awal tahun. Selain menyambut awal tahun dengan perayaan kembang api dan bersenang-senang dengan teman atau keluarga, tahun baru identik dengan “membuat resolusi”.

Coba ingat, apa resolusimu untuk 1 tahun ini yang kamu tulis di awal tahun? Kamu yang tahun ini kuliah semester akhir, “LULUS” mungkin menjadi salah satu resolusimu. Tak hanya lulus, kamu mungkin juga ingin mewujudkan impianmu yang lain, mulai dari bekerja di perusahaan idaman, membeli Hp baru dengan gaji pertama, membeli laptop, mobil, DP rumah, jalan-jalan ke luar negeri dan lainnya. Dari beberapa list yang kamu tulis, sudah berapa persen yang terwujud?

Selamat ya, untuk kamu yang sudah berhasil mewujudkannya. Walaupun belum semua, tapi setidaknya ada 1% bahkan lebih yang sudah terwujud. Tapi, ternyata ada juga lho yang merasa bahwa mendekati akhir tahun, resolusi yang dibuat rasanya belum terwujud. Kenapa? Apa yang salah?

Jika kamu salah satu yang merasa demikian, coba tanyakan 5 pertanyaan berikut ini ke dirimu sendiri.

Advertisement

1. Apa Resolusiku?

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via http://pixabay.com

Sekarang, tanyakan masing-masing pada diri kita sendiri “Apa Resolusiku?”. Tuliskan kembali resolusimu. Jika dulu di awal tahun, kamu pernah menuliskannya dalam sebuah buku diary, tidak ada salahhnya menuliskannya kembali. Ini bisa membangkitkan semangat juang untuk mewujudkannya.

2. Sudahkah Aku Menetapkan Waktunya dengan Jelas?

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Jujur, apakah resolusi yang kamu tuliskan dilengkapi dengan jangka waktunya? Kapan hal tersebut harus kamu wujudkan? Misalnya, bagi mahasiswa semester akhir menuliskan “selesai skripsi bulan September 2020”. Highlight waktu tersebut, sehingga akan membuatmu lebih fokus untuk mewujudkannya. 

Advertisement

Nah, jika dalam resolusi yang kamu tuliskan belum menyertakan waktu yang jelas, abaikan dulu. Jika kamu sudah menuliskan resolusi lengkap dengan waktunya, kamu keren!!! Sekarang, semuanya lanjut ke pertanyaan yang ketiga ya…

3. Yakin Belum Terwujud?

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via http://pixabay.com

Setelah kamu menulis ulang resolusimu, checklist resolusimu yang sudah berhasil terwujud. Kamu akan tahu perbandingannya, sudah banyak yang terwujud atau belum. Terkadang kita terlalu fokus pada resolusi besar yang belum terwujud, sampai tidak menyadari bahwa resolusi kecil sudah banyak yang berhasil kita wujudkan. 

Jika masih ada yang belum terwujud, kamu bisa lanjutkan untuk mewujudkannya. Masih ada waktu beberapa bulan lagi kok, semangat. Hmm… tenang untuk kamu yang merasa ternyata masih banyak resolusi yang belum terwujud (karena belum dicoba atau gagal diwujudkan), jangan khawatir, kamu masih punya waktu untuk membuatnya menjadi nyata atau setidaknya mencoba mewujudkannya. 

Advertisement

4. Apa yang Paling Mungkin Diwujudkan dalam Waktu Dekat?

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Okey, jika masih banyak impian yang belum terwujud, coba lihat kembali dari beberapa list yang kamu tuliskan, kira-kira mana yang paling mungkin diwujudkan. Setidaknya kamu sudah memiliki modal untuk mewujudkannya. 

Oh ya, kamu juga bisa menambahkan impian baru yang memang ingin kamu wujudkan tahun ini dan kamu sudah siap. Gak perlu besar, bahkan hal sederhana pun bisa kamu lakukan. Misalnya, “Publish tulisan di platform menulis”. Beberapa orang ingin berbagi tulisan di platform atau media online, tapi merasa tidak percaya diri. Sekarang sudah saatnya membuat keinginanmu menjadi nyata, dengan mengirimkan tulisan di media online. Banyak kok, platform digital gratis yang menyediakan wadah untuk menyalurkan tulisan berhargamu. 

5. Bagaimana dengan Impianku yang Belum Terwujud?

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Periksa ulang impianmu tersebut satu per satu yang sudah kamu tuliskan di awal. Apa alasan resolusimu belum menjadi nyata. Apakah karena kamu terlalu menganggap remeh, apakah kamu belum menuliskan waktunya dengan jelas sehingga kurang fokus, atau karena faktor alam (seperti bencana atau pandemi), atau belum cukup modal untuk mewujudkannya?

Jika kita telah menemukan alasan-alasannya mengapa resolusi tersebut belum terwujud, kita bisa mencari solusi, menyiapkan modal, atau memberikan waktu yang jelas untuk mewujudkannya. Tidak masalah jika belum terwujud di tahun ini, dan kita bisa fokus mewujudkannya tahun depan. 

Semoga 5 pertanyaan di atas, membantumu menjadi lebih fokus membuat resolusimu menjadi nyata. Kurangi membandingkan dirimu dengan teman sebayamu yang terlihat lebih sukses karena telah berhasil mewujudkan sebagian besar impiannya. Mari kita fokus pada impian kita masing-masing, selamat berjuang….

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang full-freelancer penulis artikel website. Introvert. Pecinta drama Korea. Punya cara balikin mood dengan minum kopi hangat.

CLOSE