Buat kamu yang sedang merantau entah itu kuliah atau kerja, tentunya kebanyakan di antara kamu memilih untuk tinggal di kos-kosan atau seringnya jadi anak kos. Seperti Jakarta dan kota besar lainnya, banyak kos-kosan tersedia dengan penghuninya yang berasal berbagai daerah di Indonesia. Nah, kamu yang pernah atau lagi kos pasti pernah rasain suka duka selama menjadi anak kosan. Apa aja sih emangnya?

1. Bebas

Kamu gak bisa memungkiri kalo kebebasan emang salah satu keuntungan yang didapat sebagai anak kosan. Kamu bisa bebas pergi kemanapun dan pulang ke kos jam berapa, atau malahan gak pulang sama sekali. Apalagi kalau kos yang kamu tempati tidak menerapkan jam malam atau mengunci pintu depan. Biasanya kamu yang anak rumahan pasti langsung merasa seperti burung yang keluar dari sangkar. Bisa kesana kemari tanpa takut ditanya pulang jam berapa. Tapi ingat ya, bebas di sini maksudnya adalah dari segi waktu dan hal positif lainnya. Jangan kamu artikan ke hal negatif pastinya hehehe

2. Belajar Mandiri

Hidup mandiri itu penting via https://www.amarbank.co.id

Maksudnya adalah kamu bisa meluangkan waktu untuk mendorong dirimu menjadi lebih mandiri. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Gak ada lagi orang tua atau orang rumah yang menyuruhmu ini itu. Jadi di sini kamu bisa artikan kalo kamu sendiri yang harus menyuruh dirimu sendiri untuk terus bergerak maju. Kamu harus mau keluar cari makan kalo lapar atau masak kalo perlu. Butuh apapun ya kamu harus siap bergerak sendiri. Kamu gak mau kan sepulang dari perantuan ke kampung halaman, kamu gak ada perubahan positif?

3. Teman dan Keluarga Baru

Teman bahkan keluarga kecil via http://agungjeans.blogspot.co.id

Advertisement

Sebagai anak kos yang jauh dari keluarga tentunya kamu harus berusaha menemukan teman yang nantinya akan menjadi keluarga kamu selama di sana. Hal yang paling simpel adalah teman kos di mana merekalah yang akan menjadi keluarga buatmu selama menjadi anak kos. Di sini kamu bisa saling bantu dengan mereka buat urusan apapun. Apalagi kalau mereka ternyata tinggal lebih dulu dibandingkan kamu, kamu bakal banyak dapat bantuan dari mereka tentunya.

4. Siap Menyambut Teman yang Berkunjung

Menyambut teman sebagai tamumu via http://manajemen.trunojoyo.ac.id

Di sini tentunya kamu juga akan berinteraksi dengan temanmu sedaerah atau teman kuliah dulu yang mampir ke kosmu untuk urusan tertentu. Kamu harus tempatkan dirimu sebagai seorang tuan rumah yang baik dan perlakukan tamu yaitu temanmu dengan baik juga. Minimal mereka ‘numpang‘ tidur di tempatmu, bahkan kalo kamu pas lagi ada waktu atau libur, kamu bisa ajak temanmu buat pergi ke suatu acara atau berkumpul dengan temanmu yang lain. Menjalin silaturahmi sekaligus menambah relasi yang bisa jadi nanti berguna. Terdengar asyik bukan?

5. Jadi Duta buat Daerahmu

Memperkenalkan daerah asalmu via https://hiddenjogja.wordpress.com

Jadi anak kos berarti kamu harus siap hidup dengan orang dari berbagai daerah. Di sini kamu bisa ngenalin daerahmu ke mereka terutama tentang wisata, makanan dan lainnya. Bahkan kamu juga bisa belajar banyak tentang daerah orang lain yang mungkin selama ini kamu gak tau. Senangkan rasanya secara gak langsung kamu jadi duta buat daerahmu?

6. Harus Siap Kalau Sakit

Siap kalau kamu jatuh sakit via https://www.youtube.com

Advertisement

Inilah salah satu duka yang harus dirasakan anak kosan. Waktu sakit biasanya kamu akan dikelilingi keluarga tercinta yang akan merawatmu bahkan mengantarmu ke dokter. Tapi begitu jadi anak kos, kamu harus siap melalui itu semua sendiri atau paling gak kamu minta bantuan ke teman kos. Walaupun bukan berarti mengandalkan teman kos, kamu tetap harus berjuang sendiri. Minum obat sambil beristirahat di kamar kos mungkin jadi hal yang membosankan. Bahkan ada ungkapan yang bilang kalo anak kos itu dilarang sakit Hehehe. Tapi intinya kamu pastinya bisa dong lewati itu semua?

7. Atur Keuangan Pribadi

Keuangan jadi hal pokok yang harus kamu perhatikan baik-baik di sini. Kamu sudah lepas dari orang tua terutama dalam hal finansial yang artinya kamu harus mengatur semua pengeluaranmu dengan teratur. Kamu gak bisa asal beli ini itu dan nongkrong ke sana ke mari apalagi kalau penghasilanmu belum bisa dibilang cukup besar. Intinya di sini adalah pastikan kalo pengeluaranmu bulan itu lebih kecil dari pendapatanmu. Jangan sampai besar pasak daripada tiang dong? Abis itu kamu pastinya jangan lupa buat menabung ya. Kamu gak mau kan hutang teman buat bayar kos atau buat makan di warteg?

Sebenarnya ada masih banyak lagi suka duka jadi anak kos. Tapi hal di atas itu cukup jadi gambaran menarik dan pastinya kalian setuju sama hal itu. Menjadi anak kos bukan berarti mencari sukanya tapi juga harus siap hadapi dukanya. Buat kamu yang akan merantau dan jadi anak kos, siapin semua ya. Jangan takut, semua pasti bisa dihadapin kok. Percaya aja badai pasti berlalu. Intinya adalah kamu bakal jadi mandiri dan lebih siap hadapi hidup di masa depan nantinya. Trust me, it works! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya