Sebelum Mengganti Knalpot Standar Menjadi Knalpot Racing, Hal-Hal Ini Perlu Kamu Pertimbangkan

 

Pas berkendara di jalan, terus ketemu sama pengendara dengan suara knalpot yang bising tuh rasanya pengen marah aja, heuh gak tau apa yaa, gua lagi ngobrol sama yang gua boncengin, haha sabar mas, lagi puasa toh yaa

Nah, buat mas bro yang pengen ganti knalpot standarnya dengan knalpot racing, baca ini dulu deh. Kalaupun pengen beli, beli yang sesuai dB-nya yang gak ngerusak telingamu (knalpot Racing resmi original dan dB-nya standar)

Kalau gak mau dicap “Alay”,. udah gak make helm, knalpot berisik, ngebut dan geber seenaknya

 

 <>1. Knalpot bising bikin boros bensin
knalpot racing

knalpot racing via http://jateng.tribunnews.com

Mau percaya atau gak, ada beda biaya bensin antara motor dengan knalpot standar dengan yang racing. Apalagi kalau racing bikinan sendiri. Sayangnya belum ada penelitian akademis tentang ini nih,. Hai, mahasiswa, lumayan nih buat bakal judul skripsi, hahaha

<>2. Mengganggu pengendara lain dan warga
berisik lu tong

berisik lu tong via http://daerah.sindonews.com

Pada suatu malam yang tenang, keluarga Cak Surat lagi mau menina-bobokan bayi mereka. Ehh, tiba2 ada bocah lewat dengan suara knalpot bising

Cak Surat : “Deuh, anakku yang mau bobok jadi nangis nih gara2 suara bising knalpot”

Istri Cak Surat: “Maklum pak, Anak labil, gak tahu sopan santun”

Cak Surat; “Baru tau rasa kalau tuh bocah dah punya anak bu-ne”

<>3. Knalpot racing mencemari udara lebih banyak dari knalpot biasa
ketahuan knalpot bobokan

ketahuan knalpot bobokan via https://cowboykolot.wordpress.com

Di Indonesia polusi udara belum diminimalisasi secara signifikan, belum lagi polusi suara. Berkaitan polusi suara, terutama dari motor dan mobil berknalpot bising di beberapa daerah sudah dilarang, dan knalpot pabrik dipasang kembali. Hal itu seperti diberitakan koran Pikiran Rakyat, 28-8-2014 (h. 7), khususnya di daerah Bandung. Namun, mengapa di daerah-daerah lain belum ada larangan itu, terutama oleh yang berwenang?

Nih, gua bangga banget kalau jadi Urang Bandung. Mantap Kang Emil

 

<>4. Asap yang keluar dari knalpot akan mengganggu pengguna jalan lainnya
haha, make bambu

haha, make bambu via http://alaycukimai.blogspot.com

Pas berhenti di lampu merah, pernah gak ditonjok sama angin knalpot deuh, bikin erosi jiwa aja. Apa gak kebayang yaa sama dia, seandainya yang dibelakang dia tuh dosen pembimbing atau calon mertua,. mampus dah, wkwk

<>5. Sadar dirilah, belajar Qanaah
safety riding

safety riding via http://www.welovehonda.com

Ini nih, sifat sadar diri, bergaya sesuai dengan kantongnya. Sedih sebenarnya lihat motor bebek atau matic yang knalpotnya bising,. kalau motor sport mah emang knalpotnya racing dengan dB standarnya.

eits, Qanaah? merasa cukup,. yaa kalau bahasa jawanya tuh nerimo ing pandum. Kalem aja, yang penting nyaman pas di jalan 

<>6. Yakin telinggamu akan sehat selalu? Waspada knalpot bising bisa sebabkan Tuli
tuli loh masalahnya

tuli loh masalahnya via http://lifestyle.okezone.com

BAGI Anda pengguna kendaraan berknalpot bising, sebaiknya kembali memikirkan ulang untuk menggunakannya. Sebab penggunaan knalpot bising secara berkala selama bertahun-tahun, bisa mengakibatkan gangguan pendengaran.

"Kalau secara waktu sebetulnya beda-beda ya tiap orang. Hanya secara statistik kalau yang bersangkutan terus-menerus terpapar suara bising itu dampaknya mulai terasa setelah lima tahun," kata Kepala Departemen THT KL Fakultas Kesehatan Universitas Padjadjaran/Rumah Sakit Hasan Sadikin, Dr. dr. Ratna Anggraeni, M.Kes., di Bandung, Selasa (3/3/2015).

Maka berapa sih ambang batas intensitas suara yang aman ditelinga kita?? berikut ukuran kekuatan suara dan lama waktu yang dapat ditolerir telinga kita : (sumber: jawa pos dan dailyclinic) https://anne3ly.wordpress.com/2014/04/03/batasan-normal-tingkat-kebisingan/ 

30 dB : suara lemah berbisik

85 dB : batas aman, sebaiknya gunakan pelindung telinga

90 dB: dapat merusak pendengaran dalam waktu 8 jam

              ex: suara pemotong rumput, suara truck di jalanan macet

100 dB :merusak pendengaran dalam waktu 2 jam

              ex: suara gergaji mesin, suara melalui telephone

105 dB: merusak pendengaran dalam waktu 1 jam

              ex: suara helikopter, suara mesin pemecah batu

115 dB: merusak pendengaran dalam waktu 15 menit

               ex: tangisan bayi, riuh di stadion sepakbola

120 dB: merusak pendengaran dalam waktu 7,5 menit

               ex: suara konser musikk rock

125 dB: ambang rasa nyeri ditelinga bagian dalam

               ex: suara mercon dan sirene

140 dB: membahayakan pendengaran dalam waktu singkat

              ex: suara tembakan dan mesin jet

 

Di satu sisi, ada Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang diteken Menneg LH Rachmat Witoelar pada 6 April 2009. Artinya, lebih dulu dua bulan sebelum UU No 22/2009 tentang LLAJ yang diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 22 Juni 2009.

Dalam Permen LH tersebut disebutkan bahwa batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db). Lalu, tipe 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db.

So, ambang batas telinga kita mampu mentolerir suara kendaraan bermotor itu antara 85dB-90 dB ini tentu dengan lama waktu paparan tertentu. Para simpatisan kan sebenarnya bisa lebih elegan, tertib dan terhormat jika kampanye partainya dapat berkampanye dengan lebih santun tentu akan semakin menarik masyarakat luas agar memilih partai yang santun dalam berkampanye itu nantinya.

Nah sungguh sangat merugikan kan? sudah membuat ketidaknyamanan berkendera, merusak kesehatan dari organ vital kita yaitu telinga juga terancam sanksi berupa pidana kurungan ataupun denda yang tidak murah

 

<>7. Rawan di tilang
gaul sih, tapi rela didenda?

gaul sih, tapi rela didenda? via http://www.kompasiana.com

Performa meningkat, gaya racing sudah didapat nyatanya para rider yang menggunakan knalpot racing ini harus kucing-kucingan dengan para anggota polantas dan tidak luput pula dari umpatan para warga yang mengeluhkan dengan bisingnya suara yang dihasilkan dari knalpot racing ini. 

Apa Pasalnya? Menurut anggota Polri I Gede Nyoman Bratasena , penggunaan Knalpot racing melanggar pasal 285 Undang - undang Nomor 22 Tahun 2009 yang berbunyi :

Pasal 285 (1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Penggunaan Knalpot racing ini dianggap tidak memenuhi persyaratan teknis yang ditentukan Kementrian Perhubungan, ATPM sebagai pemasar produk wajib mendapatkan izin dari Kementrian Perhubungan mengenai Spesifikasi dan Teknis produk motor yang akan dipasarkan.

<>8. Gak bisa masuk ke perumahan

Sebuah usaha yang bagus untuk menjaga kenyamanan penghuni dari ulah beberapa orang yang suka membuat polusi suara. Mereka yang memiliki motor dengan knalpot racing ataupun jenis-jenis knalpot tidak standar memang cenderung untuk memamerkan suara knalpotnya yang berisik.

Kalaupun nanti larangan ini tidak berjalan dengan ketat, setidaknya akan membuat pemilik motor dengan knalpot non-standar menjadi sadar bahwa suara knalpot mereka tidak dikehendaki.

Pas mau ngapel ke rumah pacar yang ada diperumahan, malah gak boleh masuk sama pak satpam, haha #malam minggu kelabu gara-gara knalpot bising

<>9. Pacarmu tidak akan suka
pacarnya serem bro

pacarnya serem bro via http://staticc01.insing.com

Si Sri : “mas Tono, kapan kita nikahnya?”

Tono : Heh? Apa? Kamu ngomong apa?”

Sri : Ihh, kamu gak dengar yaa mas, ok fix aku gak mau nikah sama kamu”

Tono : heh? Apa? Kamu ngomong apa?”

 

Yah, mas Tono jadi budeg kan, udah dibilangin knalpot bobokan-nya bikin rusak telinganya mas

<>10. Dimarahin Pak Polisi dan Bu Polwan
ampun pak,.

ampun pak,. via http://aripitstop.com

apes gak sih ? kalau disuruh dengerin suara knalpot bisingnya sendiri, yang geber pak polisi 

Pak Polisi :"ini ganggu ketenangan warna, dengerin coba"

si Bro : "ampun pak, cicilannya belum lunas"

Pak Polisi :"udah kerja emang?"

si Bro : "belum pak"

Pak Polisi :"walah, masih minta duit ortu buat nyicil ya?"

si Bro: "heem pak"

wah wah wah,. malu dah

<>11. Lebih malu lagi, dimarahin Pak Walikota
Malu masuk berita kayak gini

Malu masuk berita kayak gini via http://www.merdeka.com

Apa gak malu lagi, yang geber pak walikota Bandung

"Gimana nyaman enggak?," tanya Emil kepada Ipul yang telinganya dekat knalpot motor matic miliknya sambil meraungkan motor. Ipul warga Garut ini hanya tersenyum.

bro, bro, bro,..

Bangga gua kalau jadi warga Bandung nih. hihihi 

<>12. Buang-buang duit
dirazia polisi loh

dirazia polisi loh via https://cowboykolot.wordpress.com

Udah bayar mahal-mahal, kena razia, bayar denda, knalpotnya dipotong, beli lagi yang standar,. berapa banyak uang yang dikeluarkan saudara? 

<>13. Alay, kadang disematkan kepadamu yang knalpotnya bising
kalau di cap alay tuh rasanya

kalau di cap alay tuh rasanya via http://maskurmambang.com

Pemotor alay, knalpot bising, ban cacing maupun standar namun sok kencang di keramaian atau kerumunan, umumnya dibenci dan disumpah serapahi. Dan buat para pelaku dimaksud, mohon hati-hati ya, jangan sampai jatuh, terpeleset atau ndosor ketika naik motor.

Bukan apa-apa, siapa sih yang mau celaka, takutnya nggak ada yang menolong. Malah disumpahin: kawus, sukur, rasain, kapokmu kapan, modaro dll….

hahaha,. ada lagi satu kutipan di twitter, keren nih 

"semoga populasi alay yg pake knalpot bising digeber2, yg anginnya nembak ke muka orang yg dibelakangnya, segera punah" @mpo_paoo

<>14. Knalpot bising itu keren atau berisik sih?
alay, gak pake helm, knalpot berisik

alay, gak pake helm, knalpot berisik via https://www.lintas.me

Keren atau berisik? 

(untuk yang motornya memakai knalpot racing jangan tersinggung)

knalpot racing umumnya dipakai oleh orang2 yang suka nge-drag raceatau juga cuma sekadar gaya. Memang sih, dari suaranya terdengar keren, tapi juga ada masalah yang membuat lingkungan terasa ngga nyaman.

Masalah nya berikut ini :

1. Berisik

knalpot racing biasanya dibentuk sedemikian rupa hingga mengeluarkan suara yang tentunya mirip motor besar atau motor balap, dan suara itu akan mengganggu orang yang jantungan dan orang yang sudah lansia

2.Konsentrasi

masih berhubungan dengan pendengaran, knalpot racing suaranya sangat bising sehingga mengganggu para pengendara lain yang ada disekitar lo, karena telinga lebih peka pd siang hari, dan bisa memicu emosi, maka itu kekerasan fisik antar pengendara motor sangat mungkin terjadi gan.

3.Merusak mesin

btw, tampilan motor klo pake knalpot racing lebih keren, juga motor bisa melaju lebih cepat, tapi dengan itu ada akibat yang lebih besar, yaitu usia mesin akan lbih pendek karena mesin dipaksa bekerja lebih keras dengan pembakaran yang besar.

So, agan-agan yang pake knalpot racing harus tau juga gimana lingkungan sekitar juga akibatnya sama motor agan.. yang dipikirin bukan keren atau cepatnya motor agan, tapi pikirin mesin, sama lingkungan sekitar agan. 

mantap postingannya...

http://alkafadsyarief.blogspot.com/2012/07/knalpot-racing-tu-keren-atau-berisik.html

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pemuda yang berasal dari desa, merantau ke kota menuju kehidupan yang lebih baik

13 Comments

  1. Sudarmaji Maji berkata:

    ternyata banyak ruginya pake knalpot racing

  2. Indri berkata:

    mau pesen kenalpot yang pakaian ninja 4tak dong
    berapa harganya ?

  3. Rey berkata:

    makanya pake knalpot racing yang suaranya nge bass. kalo soal mesin rusak itu tergantung rider nya deh kalo suka geber gak jelas cepat rusaklah -_-

  4. Ahmad berkata:

    “mesin dipaksa bekerja lebih keras dengan pembakaran yang besar”

    Haha yg ga tau motor mah diem aja

CLOSE