Sebelum Menikah, Yuk Belajar Saling Memahami Arti Tanggung Jawab

Menikah itu tanggung jawab bersama

Menikah tanpa ilmu akan menjadi hal sia-sia. Kok bisa? Tujuan menikah itu kan, hidup bersama dalam kebahagiaan dan ketenangan bathin, kalau ribut terus, bagaimana jadinya? itulah pentingnya memiliki ilmu dulu sebelum menikah. Salah satu ilmu yang harus dipahami sebelum menikah adalah tanggung jawab bersama. Apa sih tanggungjawab itu? Yuk simak.

Advertisement

1. Saling Membantu

Hakekat nya, tugas suami mencari nafkah dan istri menjaga rumah. Eitss.. tapi itu gak melulu terjadi. Ada kalanya, istri bekerja dan suami membantu menjaga rumah. Seperti yang kita tau, pulang kerja pasti kondiisi sudah sangat lelah dan istri masih harus segera memasak. Tapi gak salah juga kok, suami bantu masak di dapur. Kan saling membantu itu indah

2. Mengerti Keadaan

couplehug

couplehug via https://www.hippopx.com

Sah – sah saja semisal suami request masakan istri. Tapi bukan berarti harus bisa tersedia sekarang juga. Suami harus bisa melihat kondisi dan keadaan. Siapa tau, istri lagi lelah untuk masak, kan bisa di kemudian hari. Tenang, seorang istri pasti berusaha akan mengabulkan permintaan suaminya. Dilai kondisi, setiap pasangan butuh bahu untuk merebahkan semua letihnya. Yuk pahami pasanganmu di kondisi sedih ataupun senang.

Advertisement

3. Stop Berfikiran Uang Suami Adalah Milik Istri

Ada istilah Uang suami adalah milik istri, uang istri adalah milik istri. Eiittss.. menurut ku gak melulu begitu yaah. Kenapa? Hakekatnya uang suami memang diserahkan semua ke istri, tapi bukan berarti istri menghabiskannya dengan sia-sia. Kalau boleh dibilang, suami tuh sebenarny hanya menitipkan uangnya dan meminta tolong istri untuk kelola.

Begini, istri membeli sayur dengan uang suami, istri membeli kebutuhan sehari-hari dengan uang suami, yang pada akhirnya suami bisa makan juga karena uangnya sendiri dan itupun atas dasar istri yang mengelola. Jadi stop berfikiran uang suami adalah milik istri.

4. Bicarakan Keuangan Bersama

Advertisement
photo by okezone

photo by okezone via https://economy.okezone.com

Menyambung dari point ke 3, pembahasan tentang uang. Ada baiknya, keuangan rumah tangga dikelola bersama, biar gak terjadi kesalahpahaman. Suami memang memberikan seluruh uangnya ke istri, tapi nggak ada salahnya juga, istri membantu perekonomian rumah tangganya.

Komunikasikan masalah keuangan dengan baik. Misal harga bahan baku sedang tinggi, istri boleh loh cerita. Jangan tiba-tiba suami berfikir Loh kok uangnya cepet banget abis.. Duuh jangan sampe deh seperti itu.

5. Saling Memberi Kejutan

kejutan

kejutan via https://bp-guide.id

Walau sudah menikah, gak ada salahnya dong saling memberi kejutan. Jangan cuma zaman pacaran aja sering dikasih bunga, dibeliin cokelat ato diajak jalan-jalan. Ketika sudah menikah, malah jadi suka lupa. Suami atau istri sah-sah saja kok kalau saling memberi kejutan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Es Matcha

CLOSE