Wah kalo ditanya berapa sering barang yang ada di kamar mandi harus diganti, mungkin sebagian orang ada yang mengetahui dan ada juga yang gak lho, kalo buat yang udah tau pasti akan melakukannya secara rutin. Tapi untuk yang gak tau bisa lihat di sini apa aja yang harus diganti dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya. 

1. Kamu harus buang loofah setiap tiga minggu.

Hal pertama yang harus diketahui adalah untuk mengganti loofah, itu tuh serabut yang biasa dipake untuk menggosok ke badan. Dan kamu wajib tau bahwa loofah harus diganti setiap tiga minggu sekali. Sel-sel kulit mati yang menempel di antara serabut-serabut, ditambah dengan kamar mandi yang lembab, akan menciptakan bakteri di loofah. Ketimbang menambah masalah pada kulit, lebih baik membeli loofah setiap tiga minggu sekali.

2. Ganti handuk tangan setiap hari

Banyak orang menggunakan handuk tangan dengan jangka waktu yang sama seperti menggunakan loofah. Padahal, handuk tangan juga bisa penuh dengan sel-sel kulit mati. Tapi, karena bahannya berbeda dengan bahan loofah, maka handuk tangan harus diganti setiap hari.

3. Buang spons makeup setiap enam bulan

make up sponge via https://www.rukamen.com

Advertisement

Seperti spons dapur, spons makeup adalah sarang bakteri. Bersihkan spons setiap setelah digunakan dengan menggunakan air hangat dan diperas sampai warna-warnanya hilang. Gunakan pembersih khusus sampai tidak ada warna lagi pada air saat dibilas, lalu dikeringkan. Jika kamu rajin melakukan ini, maka kamu hanya perlu mengganti spons makeup setiap enam bulan sekali.

4. Ganti sabun batangan setiap tahun

Sabun bukan berarti tidak bisa kadaluarsa, terutama jika sabun tersebut adalah sabun batangan. Jika tidak habis digunakan setelah setahun, buang sabun batangan tersebut agar formula di dalam sabun tersebut tidak ada yang basi.

5. Cuci gorden mandi setiap tiga minggu.

Jika kamu perhatikan, pasti ada sisa-sisa air yang telah kering yang menempel pada gorden mandi. Cuci gorden mandi di mesin cuci setiap tiga minggu sekali, lalu jemur sampai kering.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya