Tidak bisa dipungkiri bahwa dari masa ke masa kopi memiliki peminat yang setia dan justru semakin berkembang pengelolahan dan pemanfaatannya. Selain sebagai minuman penghilang rasa kantuk kopi juga bisa kita manfaatkan untuk mempercantik kulit kita. Ingin tahu? Simak artikel berikut yaa..

1. Sejarah Kopi

Berdasarkan artikel yang dimuat dalam Jurnal Bumi dengan judul Sejarah Kopi, memuat informasi bahwasanya sejarah kopi di Indonesia dimulai pada tahun 1696 yakni ketika Belanda membawa kopi dari Malabar India ke Jawa mereka membudidayakan tanaman kopi tersebut di Kedawung, sebuh perkebunan yang terletak di Batavia.

Upaya tersebut tidak berhasil karena tanaman kopi rusak oleh banjir dan gempa bumi. Upaya membudidayakan tanaman kopi baru berhasil pada tahun 1699 berlanjut pada tahun 1706 ketika sampel kopi yang dihasilkan dari tanaman kopi di Jawa dikirim ke negeri Belanda untuk kemudian di teliti di Kebun Raya Amsterdam. Hasilnya sukses besar kopi yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik. Dalam perkembangannya kemudian tanaman kopi tidak hanya dibudidayakan di Jawa melainkan menyebar diseluruh propinsi di Nusantara.

Advertisement

Setelah Indonesia tidak lagi berada di bawah jajahan Belanda, Indonesia menjadi lebih leluasa dalam mengatur pembudidayaan tanaman kopi dan urusan distribusi penjualannya. Seiring perkembangannya tersebut kopi menjadi akrab dengan kehidupan masyarakat. Tidak hanya diseduh sebagai minuman untuk pendamping pisang goreng atau penghilang rasa kantuk. Tetapi banyak sekali kemudian olahan makanan dan minuman yang memakai bahan dasar kopi.

2. Konsumsi Kopi

Konsumsi kopi juga tidak lagi terbatas hanya pada orang tua tetapi juga anak muda, bukan hanya laki-laki tapi juga perempuan. Kopi menjadi minuman yang wajib ada di meja kerja sebagai stimulan di pagi hari.

3. Kopi Untuk Kecantikan

Selain itu, kopi juga bisa digunakan untuk mempercantik serta menyehatkan kuliat anda. Umumnya perempuan menggunakan kopi untuk menunjang kecantikannya dengan cara kopi tersebut dijadikan masker atau lulur.

Advertisement

4. Masker Kopi

Masker atau lulur kopi dapat dibuat sendiri dirumah karena memang prosesnya sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Anda bisa memulai mebuat masker atau lulur tersebut dari ampas kopi yang bisa langsung anda aplikasikan pada wajah anda sambil dipijat, sebaiknya anda melakukannya sebelum mandi dan rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Beberapa orang mencampurkan kopi dengan putih telur atau madu. Setelah membiarkannya selama 10-15 menit barulah anda membasuhnya dengan air hangat. Ini akan membantu wajah atau kulit anda menjadi lebih rileks. Lulur dan masker kopi sendiri dipercaya dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk serta membuat kulit tampak lebih cerah.

Mengonsumsi serta mengaplikasikan kopi sebagai masker ataupun lulur dapat memberi antioksida alami pada kulit anda yang bermanfaat untuk melawan penuaan dini, polusi, debu, radikal bebas dan beragam faktor lain yang dapat merusak kulit cantik anda. Sederet manfaat lain dari kopi untuk kecantikan yaitu dapat mencegah dan mengurangi kerutan di kulit, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, menghilangkan bau badan, menghilangkan selulit, menetralkan kulit yang teriritasi juga memberikan banyak nutrisi pada kulit.

5. Kopi Untuk Kecantikan

Kecantikan

Kecantikan via https://www.google.com

Mulailah mempercantik diri anda dari apa-apa yang anda bisa lakukan sendiri dan apa-apa yang akrab dengan keseharian anda. Kopi. Selain itu lengkapi usaha anda tersebut dengan pikiran-pikiran yang positif. Selamat mencoba. Terima kasih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya