Pengingat Sederhana Saat Insecure Datang Tiba-tiba dan Buatmu Merasa Tak Berharga

pengingat saat insecure

Sebuah riset yang dilakukan oleh The Dove Global Beauty and Confidence Report menunjukkan bahwa 89% perempuan selalu merasa insecure dan nggak percaya diri dengan bentuk tubuhnya sendiri. Hal ini dipengaruhi oleh standar kecantikan yang nggak realistis, yang dibentuk oleh iklan-iklan di media sosial dan televisi. 

Jika kamu kerap merasa nggak percaya diri atau selalu merasa insecure, kamu nggak sendirian. Setiap rasa insecure menghampirimu, coba ingat-ingat hal yang telah Riliv rangkum ini!

Advertisement

1. Terkadang, nggak masalah untuk punya rasa insecure. Izinkan dirimu untuk merasakan jenis emosi apapun, termasuk perasaan nggak nyamanmu saat ini. Hal ini jauh lebih baik daripada kamu terus berpura-pura untuk baik-baik saja 

Photo by Olya Kobruseva from Pexels

Photo by Olya Kobruseva from Pexels via https://www.pexels.com

Rasa insecure bisa datang kapan saja. Sama seperti perasaan-perasaanmu yang lainnya, kehadirannya nggak bisa diperkirakan. Bisa saja satu momen kecil yang dianggap sepele, tiba-tiba saja membuatmu jadi merasa insecure

Untuk itu, nggak ada gunanya kalau kamu terus menyangkal dirimu yang memang sedang merasakan insecure.  

Advertisement

Melihat seseorang lebih keren, percaya diri, atau punya progress yang berada lebih jauh dibandingkan posisimu sekarang terkadang bikin kamu jadi berkecil hati. 

Nggak apa-apa, sangat wajar bagimu untuk merasakannya. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalangmu untuk maju menjadi versi dirimu yang lebih baik lagi, ya!

2. Dengan atau tanpa sepengetahuanmu, semua orang pernah merasa insecure. Kamu nggak sendirian!

Advertisement
Photo by Clem Onojeghuo from Pexels

Photo by Clem Onojeghuo from Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu pernah berpikir bahwa nggak ada orang yang nggak pernah merasa percaya diri, maka kamu telah salah menebaknya. Orang-orang yang kelihatannya paling pede pun, pasti punya sesuatu yang ada pada dirinya, yang membuatnya terkadang jadi insecure.

Maka, saat dirimu dipenuhi rasa nggak percaya diri, kamu hanya perlu mengingat-ingat, bahwa apa yang kamu rasakan adalah hal normal yang terjadi. 

Selalu ingatkan dirimu, bahwa kamu layak dan lebih dari cukup. Kamu punya banyak kelebihan yang sangat pantas untuk dikagumi. Lihatlah orang-orang di sekitarmu, yang selalu punya mimpi untuk punya kemampuan seperti yang kamu miliki. 

3. Selalu merasa insecure nggak menghalangimu untuk menjadi orang yang lebih baik. Justru hal ini mampu menantangmu untuk dapat mencoba berbagai hal baru 

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu menganggap bahwa insecure adalah perasaan yang nggak berguna dan perlu dibuang jauh-jauh, mungkin kamu perlu berpikir ulang dan mengubah sudut pandangmu menjadi lebih luas lagi.

Perasaan insecure hadir karena seseorang nggak merasa cukup baik tentang dirinya. Hal ini mungkin memang nggak baik untuk dilakukan, seperti halnya jika menyebabkan seseorang jadi merasa terpuruk dan bersedih secara berlarut-larut.

Namun, berita baiknya, insecurity juga punya manfaat, lho. Saat kamu merasa sulit percaya diri, kamu menyadari beberapa kekurangan yang ada pada dirimu. Yang selanjutnya, hal-hal ini bisa dikembangkan, agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Misalnya, jika kamu berada di sebuah klub bahasa Inggris, maka kamu akan bertemu banyak sekali orang-orang yang fasih banget ngobrol pakai bahasa Inggris. 

Mungkin, saat itu kamu akan merasa kesulitan untuk merasa pede terhadap kemampuan speaking-mu. Jika kamu melihat dengan sudut pandang yang lebih luas, kamu akan punya motivasi yang lebih besar lagi untuk belajar bahasa Inggris secara lebih baik lagi. 

4. Selalu merasa insecure bikin lelah. Terlebih jika kamu terus membandingkan dirimu dengan orang lain

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Semua orang tahu, selalu merasa insecure itu bikin nggak nyaman. Kadang-kadang, capek juga ya terus menerus merasa nggak percaya diri dan meragukan kemampuan diri?

Apa sih penyebab terbesar kita jadi susah buat percaya diri? Apakah karena kemampuan kita yang memang kurang? Apakah penampilan kita yang memang perlu ditingkatkan?

Sebelum pertanyaanmu mengalir terlalu jauh ke arah sana, coba lakukan self-reflection, deh! Dalam sehari, berapa kali sih kamu nge-check media sosial? Dalam kurun waktu tersebut, apa kamu juga ikut membandingkan dirimu bersama orang-orang yang kamu lihat?

Media sosial membukakan banyak sekali pintu yang menunjukkan kita pada berbagai macam kehidupan yang ingin kita ketahui dan lihat. Dalam sehari, mungkin kita akan menemukan ratusan foto, yang bercerita mengenai kehidupan seseorang. Tentunya, yang nggak kita ketahui sama sekali latar belakangnya. 

Tanpa atau dengan sepengetahuan kita, banyak sekali foto yang telah melalui proses editing, rekayasa, dan pengaturan yang sedemikian rupa. Jika kamu terus membandingkan kehidupan nyatamu dengan kehidupan maya, apakah ini berarti adil untuk dirimu sendiri?

Jika jawabannya nggak, apakah kini kamu merasa yakin untuk terus mempertahankan perasaanmu yang selalu merasa insecure ini?

5. Kamu mungkin akan merasakan lagi insecurity. Namun, kamu dapat tetap memilih untuk jadi bahagia

Photo by Griffin Wooldridge from Pexels

Photo by Griffin Wooldridge from Pexels via https://www.pexels.com

Dalam media sosial, kita telah menemukan banyak sekali macam kehidupan orang lain yang tampak sangat indah dan bahagia. Hal ini kadang membuat kita jadi sedih, saat kita belum diberi waktu untuk memilikinya. 

Hal ini nggak lantas membuatmu perlu terus merasa berkecil hati, Dear. Sekalipun kamu merasa nggak punya hal-hal seperti yang orang lain miliki di media sosial, coba amati dirimu sekarang. Apakah kamu baik-baik saja?

Kamu berhak bahagia dengan versimu sendiri. Ada banyak sekali hal-hal yang patut kita syukuri saat ini. Kesempatan berkumpul bersama keluarga, kesehatan, dan kesempatan untuk terus belajar merupakan privilege yang nggak bisa dipunyai semua orang.

Saat kamu sedang dilanda perasaan insecure, ingatlah bahwa memang mungkin kamu akan terus merasakannya terkadang. Namun, yakinlah, meskipun insecurity ini selalu mengikutimu kemanapun, kamu berhak merasa bahagia dengan hal-hal yang telah kamu punya sekarang!

6. Kamu mampu. Kamu lebih dari cukup!

Photo by Maksim Goncharenok from Pexels

Photo by Maksim Goncharenok from Pexels via https://www.pexels.com

Perasaan nggak pede terbesar yang dipunyai seseorang, terkadang nggak cuma berkelut di hal-hal yang tampak, seperti penampilan, kekayaan, atau prestasi. 

Terkadang, perasaan-perasaan ini juga muncul, saat kita merasa nggak berdaya karena kurang bisa bergaul, nggak punya skill public speaking, atau merasa nggak punya hati yang baik disertai tingginya kecerdasan emosional. 

Saat perasaan nggak percaya diri muncul dan hinggap di kepalamu, ingatlah bahwa kamu akan terus merasa nggak cukup jika kamu berpikir demikian. 

Buatlah daftar mengenai hal-hal yang kamu sukai dari dirimu! Hal ini akan menjadi alasan yang kuat, kenapa kamu harus merasa lebih dari cukup!

Jika orang lain memaksamu untuk percaya bahwa kamu nggak bisa melakukan sesuatu, cut them off! Kamu layak mendapatkan orang-orang yang suportif yang mampu membuatmu lebih mencintai dirimu sendiri.

7. Hanya karena kamu merasa nggak pede, bukan berarti kamu harus selalu merasa insecure

Photo by Khoa Võ from Pexels

Photo by Khoa Võ from Pexels via https://www.pexels.com

Meskipun kamu punya rasa nggak percaya diri yang besar, bukan berarti kamu harus terus terkungkung berada di dalamnya.

Kamu punya banyak kelebihan yang siap untuk dikembangkan. Mereka menunggumu di depan sana, mimpi dan cita-cita menanti dirimu untuk meraihnya!

Kamu nggak harus selalu merasa insecure. Rasa insecure hanya boleh dirasakan jika kamu membutuhkan motivasi untuk bisa jadi orang yang lebih baik. 

Buktikan pada dirimu sendiri bahwa kamu mampu! Kamu punya segudang kelebihan, yang jika dikembangkan akan sangat menginspirasi orang lain!

Referensi: 

  1. https://www.bustle.com/articles/110340-11-things-to-tell-yourself-when-youre-feeling-insecure

Ditulis oleh Safira Adnin Karlina dari Riliv.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE