Jatuh cinta memang kadang terlihat mudah. Hanya dengan saling bertukar pandang kita bisa saja jauh cinta , dan kalau beruntung bisa sampai di keadaan saling memiliki. Tapi kadang cinta tidak sesederhana itu. Cinta yang sering kamu pahami itu butuh yang namanya berbalas, hal ini jauh lebih rumit ketimbang makna jatuh cinta yang bisa di mana, kapan, dan dengan siapa saja.

Sementara saat cinta tak berbalas, kamu pun mempertanyakan keadilan akan hatimu yang akhirnya patah. Kadang pun sedih hingga berlarut-larut. Padahal ketidakadilan yang kamu rasa tak bisa dinilai menurut perasaanmu saja.

Jadi, seharusnya belajarlah mengerti kesedihan, agar bisa sepenuhnya bersyukur atas kebahagiaan yang ada. Coba deh ubah pola pikir negatif saat sedang patah hati, bahwa kamu tetap layak bahagia meski cinta kandas atau tak berbalas. Dan demi menenangkan hatimu yang patah, beberapa hal ini  bisa kamu coba lakukan.

1. Yakinkan hati, kalau diteruskan, bisa saja kita sedang menjaga cinta orang lain

Mencintai CInta Orang Lain

Mencintai CInta Orang Lain via https://unsplash.com

Yakin deh, kalau memang saat mencintai orang lain, dan si dia malah mencintai orang lain lagi. Yakinkan hati, jangan dipaksakan mencintai cinta yang jelas-jelas untuk orang lain, kemungkinan besar cara ini bisa menenangkan hati teman-teman yang sedang patah karena diabaikan.

Advertisement

Jatuh cinta itu mudah, belajar menempatkan jatuh cinta terkadang bisa mudah dan terkadang bisa susah, dan mencoba untuk terlihat normal saat kita jatuh cinta dengan orang yang sudah memiliki cinta itu, sebuah keberanian.

 

 

2. Toh meskipun klise, omongan "jodoh pasti tak akan kemana" ada kalanya nyata terjadi

Belajar Tegar

Belajar Tegar via https://unsplash.com

Advertisement

Cara paling aman, yakinkan, kalau memang berjodoh tidak akan ke mana, pasti ada jalan yang membuat si dia menoleh dan melihat keberadaanmu. Cara ini bisa jadi paling ampuh, merasa keadaan di sekitar akan tetap berjalan sesuai kehendak yang di atas, akan membuat hati kamu tenang dan baik-baik saja sampai menemukan cinta yang sebenarnya.

3. Jangan terlalu berharap, tapi setidaknya biarkan dia tahu perasaanmu kepadanya

Biarkan dia tahu perasaanmu

Biarkan dia tahu perasaanmu via https://unsplash.com

Cara ini terbilang nekat, tapi cukup ampuh untuk membuat hati tenang dan damai, membiarkan si dia tahu bagaimana perasaan kamu, akan membuat hati kamu nyaman. Tapi inget, jangan menuntut lebih ya, dia udah ada yang punya, cukup biarkan dia tau perasaanmu, setelah itu biarkan waktu yang menentukan angin akan mengalir kearah mana. Siapkan hati agar kuat menahan sakit, karena jika pilihanmu baik, dia akan tetap setia dengan pasangannya, hehe.

4. Karena jatuh cinta yang bijak itu, tak mengumbar segala suka atau kecewa terlalu berlebih, dan cukup disimpan sendiri

Simpen aja

Simpen aja via https://unsplash.com

Kalau terbiasa menyimpan semuanya sendiri, sepertinya cara ini tidak salah untuk dilakukan, jika kamu merasa dengan menyatakan perasaanmu juga percuma, lebih baik tetap pendam dan biarkan semua tetap apa adanya. Kadang ini bisa jadi cara terbaik, jika yang kamu sukai itu milik sahabat kamu, tetap menjaga hubungan persahabatan dan membiarkannya tetap erat adalah pilihan yang tidak mudah. Semangat.

5. Ada yang bilang, menulis bisa menjadi terapi menyembuhkan luka di hati

Tulis semua perasaanmu

Tulis semua perasaanmu via https://unsplash.com

Jangan simpan kesendirianmu itu sendiri, bagi dan setidaknya biarkan buku tau, kadang menuliskannya di selembar kertas bisa membuat suasana jauh lebih normal. Pastikan tetap membagi kebahagiaan dengan orang-orang yang ada disekitar, jangan biarkan mereka tahu kesedihanmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya